Treatment batu bacan agar cepat mengkristal | Seputar Info Menarik

Treatment batu bacan agar cepat mengkristal

By

Treatment batu bacan agar cepat mengkristal

Batu akik Bacan Doko dan Batu akik Bacan Palamea adalah salah satu jenis batu mulia yang sudah sangat di kenal oleh kalangan pecinta batu di Indonesia.  Keunikan Batu akik Bacan yang bisa bermetamorfosis menjadi lebih indah, membuat batu ini banyak di buru oleh para kolektor batu akik. Harga Batu akik Bacan Doko maupun Palamea yang bagus dan kristal secara natural bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Dikarenakan harga yang mahal itulah, masyarakat khususnya pecinta batu akik yang kantongnya pas-pasan membeli batu Bacan dengan harga murah, dan biasanya batu Bacan Doko atau Palamea yang masih berwarna hitam dan berkapur. Tentunya batu Bacan yang yang masih seperti itu di perlukan perawatan agar Bacan tersebut bisa bagus dan mengkristal.

Bagi sobat pecinta batu akik yang punya batu Bacan, baik itu Bacan Doko atau Bacan Palamea yang masih berwarna hitam mengandung banyak kapur, bahkan masih berwarna hitam, jangan kuatir dan berkecil hati. Karena anda masih bisa mentreatment batu Bacan milik anda hingga lebih cepat kristal dan bebas kapur. Untuk treatment batu bacan caranya sangatlah mudah, hanya saja butuh kesabaran untuk merawat batu tersebut.

Treatment batu bacan agar cepat mengkristal


Dan berikut adalah cara merawat batu Bacan Doko/Palamea agar cepat kristal :
  • Pertama anda harus menyiapkan air kelapa muda, tisu, serta, toples kaca dengan penutupnya.
  • Kemudian setelah semua sudah di siapkan, jemur batu bacan di terik matahari kurang lebih 2 jam, selanjutnya angkat dan angin anginkan sampai batu bacan menjadi dingin.
  • Setelah itu kita buka kelapa hijau yang sudah kita siapkan tadi dan tuang air ke dalam wadah atau mangkok. Masukan tisu ke dalam air kelapa sampai basah merata.
  • Kemudian batu bacan balut dengan tisu yang sudah di basahi air kelapa tadi.
  • Setelah di balut rapat dengan tisu masukan batu bacan dalam wadah toples kaca kemudian tutup dengan rapat taruh di dalam suhu ruangan
  • Jangan buka toples sampai 1 minggu agar kandungan air kelapa meresap ke dalam batu.
  • Setelah 1 minggu buka toples dan ambil batu bacan anda kemudian buka dari balutan tisyu lalu di jemur kurang lebih 2 jam.
  • Setelah kita jemur maka akan terlihat kapur yang terangkat ke permukaan batu oleh karena itu kita harus gosok baik menggunakan kulit atau amplas halus.
  • Ulangi treatment di atas apa bila batu anda belum kristal sempurna, tetapi untuk yang kedua treatment saya sarankan agar menyimpan lebih lama dalam toples rapat yaitu kurang lebih 1 bulan dan jangan di buka agar udara tidak masuk sehingga air kelapa menyerap ke dalam batu.
Demikianlah cara Treatment batu bacan agar cepat mengkristal,bebas kapur, dan menghilangkan warna hitam. Semoga setelah melakukan treatment di atas batu akik Bacan anda akan menjadi batu yang anda inginkan. Baca juga Cara Treatment Batu Black Opal Kalimaya, untuk menambah wawasan anda tentang batu mulia nusantara.
Selamat mencoba

6 comments:

  1. Anonymous5/08/2015

    This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Anonymous7/07/2015

    treatment ini bisa juga dilakukan untuk jenis batu lainnya juga ya mas,khususnya yng banyak mngandung kapur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/29/2015

      bisa juga untuk jenis batu chalcedony gan,,

      Delete
  3. selain bikin kristal bacan..apa bisa treatment ini bikin bacan tembus senter?
    soalnya bahan sy belum tembus tapi body udah semi glass

    ReplyDelete
  4. treatment ini bisa bikin tembus senter? /plong?....thanx bro sueb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/29/2015

      kalo tembus plong belum bos,,,tp kl cm tembus bayang bisa

      Delete