Treatment Black opal dengan minyak | Seputar Info Menarik

Treatment Black opal dengan minyak

By

Treatment Black opal dengan minyak

Berbagai cara dilakukan untuk mentreatment batu black opal agar mengelurkan warna jarong atau lapisan sirkon agar muncul ke permukaan batu. Dan salah satunya dengan treatment merendam batu dengan air hujan seperti yang telah saya ulas pada artikel Treatment Lanjutan Batu Black opalAkan tetapi ada cara lain untuk melakukan tretment pada batu black opal anda selain menggunakan air hujan. Cara ini bisa lakukan apabila anda kesulitan mendapatkan air hujan apalagi di saat musim kemarau.

Treatment Black opal dengan minyak
Black Opal

Salah satu cara lain disaat anda kesulitan mendapatkan air hujan, anda bisa mentreatment batu Black opal dengan minyak.Namun minyak yang akan digunakan untuk mentreatment batu Black opal anda tentunya bukan sembarang jenis minyak.Minyak yang baik atau cocok untuk melakukan treatment batu Black opal anda yaitu minyak zaitun atau olive oil, baby oil, minyak kayu putih dan minyak kelapa. Saya tidak menganjurkan anda memakai minyak selain yang saya sebut di atas.Apa lagi menggunakan minyak yang terasa panas seperti minyak gosok atau sejenis balsem. Dikarenakan apabila menggunakan minyak gosok yang panas atau sejenis balsem akan beresiko mematikan bibit kembang jarong, yang pada akhirnya treatment anda akan menjadi sia-sia.

Sesuai janji saya diartikel Cara treatment Lanjutan Black opal,kali ini saya akan mengulas bagaimana cara treatment dengan minyak.Disini saya anjurkan untuk menggunakan minyak zaitun atau olive oil. Karena berdasarkan hasil treatment, dan juga pengalaman dari para pecinta Black opal, memakai minyak zaitun lebih baik dibandingkan dengan minyak lainya seperti yang saya sebutkan diatas. Hasil treatment menggunakan minyak zaitun kembang warna yang muncul terlihat lebih terang dan bercahaya di bandingkan dengan menggunakan minyak lainya yang cahaya di hasilkan lebih redup.Kemudian dari segi waktu,minyak zaitun juga lebih singkat dalam melakukan treatment dibandingkan menggunakan minyak selain zaitun atau olive oil.

Baik langsung saja,tentunya anda sudah tidak sabar ingin tahu bagaimana proses treatment menggunakan minyak zaitun. Proses dari pada treament dengan menggunakan minyak ini sebenarnya tidak jauh beda dengan cara perendaman dan penjemuran dengan air hujan. Hanya mungkin ada perbedaan sedikit dari proses ini,dan berikut adalah tahap demi tahap treatment menggunakan minyak zaitun:


  • Pertama, anda baca artikel saya yang berjudul Treatment awal batu Black opal,agar tau langkah awal sebelum melakukan  langkah ini.
  • Kedua,jemur batu anda tanpa direndam kurang lebih 3 jam, atau lebih sampai permukaan batu mengering.
  • Ketiga, angkat batu setelah kering kemudian amplas permukaan batu agar kering dan di bersihkan dengan tisyu atau lap agar serbuk sisa amplasan terangkat sehingga batu menjadi bersih.
  • Keempat, siapkan toples dan masukan batu black opal  setelah anda amplas kedalamnya,dan tuangkan minyak zaitun hingga menitupi seluruh badan batu.
  • Kelima, tutup toples dengan rapat agar minyak terserap ke dalam batu dengan sempurna,kemudian taruh di ruang gelap dengan suhu ruangan.
  • Keenam,keesokan harinya jemur batu black opal anda dengan mengelurkan  dari dalam toples, kemudian setelah di jemur kurang lebih 3 jam angkat batu Black opal anda dan masukan kembali dan tutup dengan rapat kemudian simpan kembali di tempat gelap.
  • Ketujuh penjemuran pada batu setiap hari agar batu terkena sinar matahari langsung.Apabila batu terlihat kering pada waktu dijemur, olesi batu dengan minyak menggunakan kuas kecil.Ini dimaksudkan agar batu tidak dehidrasi hingga mengakibatkan batu pecah atau retak.

Lakukan cara Treatment Black opal dengan minyak secara rutin setiap hari  untuk hasil yang maksimal agar batu Black opal anda menjadi batu cincin yang berkilau dengan warna jarongya.Untuk lamanya waktu agar keluar jarong dengan menggunakan treatment ini,bisa membutuhkan waktu 1 sampai 3 bulan untuk mengelurkan titik kembang sinar. Tergantung dari kualitas bahan Black opal anda serta keberuntungan anda.Kuncinya adalah kesabaran dan keuletan anda untuk merawat batu Black opal untuk mengelurkan kembang warna.

Bagi anda yang punya batu Black opal yang sudah di bentuk dan di ikat, tetapi belum mengelurkan kembang jarong anda juga bisa oleskan minyak zaitun dipermukaan batu cincin anda. Cukup celupkan permukaan jari anda ke minyak zaitun kemudian usapkan ke atas permukaan batu, dan jangan berlebihan asal bisa membasahi permukaan batunya saja.Apabila minyak diatas permukaan batu mulai mengering oleskan lagi terus menerus.Tidak ribet bukan..??? Selain cincin anda mengkilap pada waktu dipakai, tp juga sekaligus mentreatmentnya.

Baik sepertinya sudah cukup ulasan saya pada kali ini,semoga apa yang saya share ini bisa bermanfaat bagi anda. Saya ucapkan selamat mencoba tips-tips dari saya tentang merawat batu Black opal.Semoga setelah melakukan cara-cara diatas tidak sampai menunggu hingga tahunan anda bisa mendapatkan hasil yang anda inginkan.

Dan jangan lupa buat gemslover untuk mengikuti topik saya selanjutnya, dimana kita akan kupas secara tuntas tentang batu Black opal dengan judul Mengupas Tentang Blak Opal Kalimaya BantenDisitu  akan kami jelaskan secara luas tentang jenis-jenis Black opal, karakteristik dari Black opal, kemudian jenis kembang pada Black opal dan lain sebagainya semuat tetang Black opal.

270 comments:

  1. Gan, numpang tanya, lebih cepet mana antara rendem dengan air hujan dan minyak zaitun? Thx

    ReplyDelete
  2. Anonymous5/05/2015

    Kalau untuk cepatnya pake minyak zaitun gan...air hujan lebih agak lama gan, tp kembangnya akan lebih keluar kalau pake air hujan

    ReplyDelete
    Replies
    1. permisi Gan
      air rendaman berapa lama baru di ganti ? baik yg menggunakan air hujan atau minyak zaitun ,, mohon pencerahan nya gan,,, terima kasih

      Delete
    2. Anonymous5/20/2015

      Untuk air rendaman tidak perlu sering diganti gan bams, boleh ganti kalau air sudah sangat keruh,,,,kalau menggunakan air hujan akan relatif lama agak keluar jarong dibandingkan dengan minyak zaitun gan, tapi warna jarong yang direndam dengan air hujan lebih terang dibandingkan dengan rendaman minyak zaitun. semua tergantung keberuntungan masing2 gan..makasih dah mampir

      Delete
  3. Toples y harus dr kaca y? Kl dr plastik gmn?

    ReplyDelete
  4. Waktu direndem mlm nya dan dijemur siang y perlu diamplas lg ga? Thx

    ReplyDelete
  5. Kl yg pake minyak Direndem mlmnya trs dijemur siang nya perlu diamplas lg ga?dan diamplas nya waktu mw jemur apa sesudah jemur? Maf banyak tanya, karna sya jg lg treatment black opal. Sebelum kenal black opal sya ga suka batu.

    ReplyDelete
  6. Anonymous5/08/2015

    Untuk tempat bisa dari kaca bisa dari plastik gan, yang penting ditutup rapat..trus untuk pengamplasan gak perlu tiap hari, cukup satu minggu sekali.untuk pengamplasanya, angkat batu dr rendaman minyak/air hujan kemudian keringkan dengan lap atau tisu gan ..selesai amplas bersihkan dengan lap kemudian masukan lagi ke minyak/air hujan. Ok gak apa banyak tanya, dulu saya uga banyak tanya gan sama senior batu..hehe

    ReplyDelete
  7. Anonymous5/08/2015

    Untuk tempat bisa dari kaca bisa dari plastik gan, yang penting ditutup rapat..trus untuk pengamplasan gak perlu tiap hari, cukup satu minggu sekali.untuk pengamplasanya, angkat batu dr rendaman minyak/air hujan kemudian keringkan dengan lap atau tisu gan ..selesai amplas bersihkan dengan lap kemudian masukan lagi ke minyak/air hujan. Ok gak apa banyak tanya, dulu saya uga banyak tanya gan sama senior batu..hehe

    ReplyDelete
  8. 1-3 bln itu jarong sempurna atau cm spot2 doank gan,trus bagusnya di treatment dl baru dibentuk atau sebaliknya? Kyknya mmg minyak zaitun lbh cpt dibanding yg lain.Makasih gan bwt jawabannya...maklum msh nubie,baru belajar ttg black opal...

    ReplyDelete
  9. Oya satu lg gan,putih2 di black opal itu kapur bukan gan...kalau kapur gmn cara menghilangkannya?

    ReplyDelete
  10. Anonymous5/12/2015

    Untuk bagusnya jadiin bahan dulu gan, karna kita gak tau kembang akan muncul dari sebelah mana,,,setelah kembang muncul baru di bentuk gan, agar kembang bs nampak di atas. minyak zaitun memeang lebih cepat gan, tp kembanmgnya kurang menyala...putih yang ada di badan batu bukan kapur, tapi jeli yang nantinya bakal keluar titik kembang jarong gan...sebenarnya gak ada jaminan cepat tidaknya keluar jarong, kalau beruntung dengan melakukan treatmen bisa1 bulan sudah keluar, namun kalau lagi gak beruntung bs tahunan..rata2 1- 3 bulan baru keluar titik, belum full jarong gan...

    ReplyDelete
  11. Anonymous5/20/2015

    Slahkan lanjutkan tretment sampai benar2 keluar full jarong kang hendra..

    ReplyDelete
  12. Gan kalau batu b.o saya pake air kelapa dicampur balsem bisa gak ?

    ReplyDelete
  13. Kalau saya pake air kelapa dicampur balsem bisa gak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/28/2015

      pake cara di atas aja gan,,,itu yg sudah terbukti

      Delete
  14. Anonymous5/22/2015

    Kl saya anjurkan pakai air kelapa aja gan, jn dikasih balsem...karna balsem sifatnya panas. Biar hangat taruh di atas ternit atau bawah genteng

    ReplyDelete
  15. Anonymous5/22/2015

    Kl saya anjurkan pakai air kelapa aja gan, jn dikasih balsem...karna balsem sifatnya panas. Biar hangat taruh di atas ternit atau bawah genteng

    ReplyDelete
  16. kl pke baby oil dicampur minyak kayu putih gimana gan....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous5/26/2015

      bisa juga gan..asal jangan pake minyak yang sifatnya panas seperti minyak gosok atau balsem

      Delete
  17. Gan kalau lumpurnya harus di kupas habis sampai hitam keliatan bahannya ya?
    Dan kalau sisa sedikit gpp gan?
    Trus kalau getah silicanya terpotong waktu kupas kulitnya gmn itu gan?
    Mohon sarannya gan.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous5/27/2015

      Betul gan...kl mau di treatment lumpur dibersihkan dulu. Gak bersih sekali gak papa, yang penting air/minyak treatment bisa masuk ke pori2 badan batu. Kl silika terlanjur kebuang, nanti akan muncul lagi kalo udah di treatmen

      Delete
  18. gan kalo bahannya agak gede harus dibelah2 dulu gak gan?masih baru belajar gan maklum..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous5/27/2015

      untuk bahan yang besarnya lebih dari setengah kilogram baikya di potong-potong aja gan,,ini biar minyak mudah meresap ke pori2 badan batu

      Delete
  19. Gan mau tanya, jelly di bo tuh yg mana y.. krn bhan ane da wrna putihny kyak jelly tebal diatas kulit, da jg wrna putih kebiru2an di bwah kulitny.. mhon pncrahanny gan.. sorry newbi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous5/27/2015

      jelly pada bo biasanya berbentuk titik putih atau garis keputihan pada permukaan batu gan, tergantung jenis bahan sempur atau porselen...kemunkinan yang agan maksud itu adalah jelly yang sudah keluar

      Delete
  20. Kenapa batu bo ane malah mengkristal tandanya apa maaf newbie

    ReplyDelete
  21. Anonymous5/27/2015

    Kemunkinan bahan bo agan itu yang berasal dari getah gan, bukan dari pohon,,,makanya menjadi kristal. tp tetep bs mengeluarkan kembang jarong gan

    ReplyDelete
  22. Gan, mau nanya , di internet banyak yg nyaranin pake minyak ini itulah saya jadi bingung , menurut agan cara apa yg paling bener buat treatment bo makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous5/31/2015

      Betul gan...banyak sekali yang memberikan berbagai cara treatment untui bo termasuk dengan cara extrim seperti menggoreng dan membakar bo...tp kl menurut saya yang paling baik adalah pakai rendaman air hujan atau minyak zaitun dengan dijemur rutin setiap hari. Ini hanya sekedar usaha...tetap keberuntungan pada anda semua. Bisa cepat atau gaknya bo mengeluarkan kembang jarong..dan satu lagi, pilihlah bahan yang berkualitas

      Delete
  23. gan kalo b o nya direndem terus pake minyak kayu putih dan baby oil tanpa di jemur akan mengeluarkan jarong ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous5/31/2015

      Sebetulnya bo tanpa di tretment pun akan mengeluarkan jarong gan, tp kapan keluar jarong gak tau kapan..bs jadi seratus atau bahkan seribu tahun lagi. Treatment adalah cara usaha mempercepat jarong muncul...kalau treatmen tanpa sinar matahari akan lebih lambat gan. Karena fungsi penjuran adalah mengubah silika yang ada dalam bo dengan ultravioletnya

      Delete
    2. Anonymous5/31/2015

      Sebetulnya bo tanpa di tretment pun akan mengeluarkan jarong gan, tp kapan keluar jarong gak tau kapan..bs jadi seratus atau bahkan seribu tahun lagi. Treatment adalah cara usaha mempercepat jarong muncul...kalau treatmen tanpa sinar matahari akan lebih lambat gan. Karena fungsi penjuran adalah mengubah silika yang ada dalam bo dengan ultravioletnya

      Delete
  24. gan kalau b o nya direndem terus pake minyak kayu putih dan baby oil tanpa di jemur akan mengeluarkan jarong ga?



    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/28/2015

      bisa juga gan,,tp waktunya akan lebih lama

      Delete
    2. Berarti di jemurnya itu gak pakai minyak zaitun gan.saya jemurnya pakai minyak zaitun di wadah ku buka tutupnya

      Delete
  25. klw di rendem pake GPU gmn gan....salah ya....itu kan jenisnya minyak gosok....pasti kepanasan bngt B.O nya dong & jarong nya ga akan keluar dong ya gan...gmn pendapat nya nih....sayah takut ilang nih jarong nya klw di rendem pake GPU....soalnya udah ada warna merah kuning hijau di langit yang biru nih gan hahahahaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous5/31/2015

      Betul gan...ane saranin jangan pake gpu. Itu bukanya mateng malah gosong tar kl ibarat makanan...hehe.
      Sebisa munkin pakai minyak yang saya saranin atau air hujan..soalnya kalo minyak terlalu panas bukanya memunculkan jarong, malah mematikan bibit jarongnya...

      Delete
  26. Gan , emgnya B O yg berkualitas baik itu ciri nya gimana sih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous6/01/2015

      Silahkan agan baca artikel saya di blog barubatu.blogspot.com dengan judul cara memilih bahan black opal yang berkualitas...ntar agan bisa tahu

      Delete
  27. Vco + minyak kayu putih. Cepet gk ya bang?
    Fungsi minyak kayu putih ini saya masi bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous6/04/2015

      sebetulnya cepet gaknya bahan bo jd jarong tergantung kualitas bahan bang,sama keberuntungan...fungsi minyak untuk menghangatkan badan batu biar jely pada batu cepat berubah bias warna..sama seprrti minyak zaitun.asal jn pake minyak yg terlalu panas bang

      Delete
    2. Anonymous6/04/2015

      sebetulnya cepet gaknya bahan bo jd jarong tergantung kualitas bahan bang,sama keberuntungan...fungsi minyak untuk menghangatkan badan batu biar jely pada batu cepat berubah bias warna..sama seprrti minyak zaitun.asal jn pake minyak yg terlalu panas bang

      Delete
    3. Malam mas. Kulit BO nya harus dikupas dlu ya sebelum treatment? Kalau lumpur2nya udh saya amplas.

      Delete
    4. Anonymous6/05/2015

      kalau kulit batu gak perlu di buang juga gak apa gan...yg penting lumpur sudah dibersihkan.tapi kalo mau pada buang aja kulit ambil daging batunya aja.

      Delete
  28. BO ane ful jarong cm kq msh bthkn chaya... trus klamaan d treatment batux mlah gk simetris lg prmkaanx kang... mnrt kang sueb gmn th??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous6/05/2015

      munkin karena batu belum terlalu padat gan, makanya setelah di treatment batu berubah bentuk..kurangnya warna yg timbul bs dikarenakan silika belum naik ke permukaan. coba treatment trus gan..

      Delete
    2. Anonymous6/05/2015

      munkin karena batu belum terlalu padat gan, makanya setelah di treatment batu berubah bentuk..kurangnya warna yg timbul bs dikarenakan silika belum naik ke permukaan. coba treatment trus gan..

      Delete
  29. Malam mas,kalau black opal di treatmen pakai minyak zaitun,apa nanti kalau di Lap ketahuan indika treatmennya?
    Mohon infonya mas.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous6/06/2015

      malam juga masbro....semua batu yang di treatment baik dari jenis batu chalcedony, jasper, opal dan termasuk bo apabila di cek di lab maka akan teridentifikasi hasil treatment dan bukan natural. maka di memo akan tertulis hasil treatment dan bukan natural. walaupun secara kasat mata batu terlihat natural..demikian masbro

      Delete
  30. mau tannya mas...apa bisa black opal treatment dengan cara di rendem dengan SOLAR.....

    ReplyDelete
  31. MAU NANYA MAS...apa boleh treatment black opal di rendem dengan SOLAR....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous6/11/2015

      kl merendam dengan solar kebetulan saya belum pernah melakukanya...tp kalau bg saeful ingin berexperimen silahkan saja. yang penting tidak dengan minyak yg mempunyai sifat panas

      Delete
  32. Selamat malam bung sueb.. klo untk ampelas nya pake ampelas brp atau pke kulit

    ReplyDelete
  33. Slmt malam bung sueb.. klo untk ampelas nya pke ampelas no brp atau pke kulit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous6/11/2015

      tergantung batunya mas saeful..kl masih bahan pake amplas besi no 1500-2000, tp kalau batu sudah di bentuk pakai amplas besi no 2500-3000 dan bs juga pakai kulit

      Delete
    2. masbro sy ada bahan bo di buat di saudara tapi direndam spiritus ama saudara, bo nya rusak gak terus cara menghilangkan zat spiritus gimana ?

      Delete
  34. mas sueb sy treatmen bo dg baby oil, zaitun, kayu putih, di bbrap bo ada yg muncul bintik emas, orange, hijau tapi pada lepas lagi kenapa ? terus sy jemur diatas genteng baru 2 hari muncul warna emas bnyak bukan kembang jarong kenapa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous6/12/2015

      kemungkinan bo masbro berubah ubah warnanya karena masbro berganti ganti minyak...kl keluar warna emas itu bo serat emas. karena bo juga mempunyai jenis kembang tergantung darimana asal penggalian batu di wilayah banten yang tergantung pada kontur tanah dimana bo berada

      Delete
    2. Anonymous6/12/2015

      kemungkinan bo masbro berubah ubah warnanya karena masbro berganti ganti minyak...kl keluar warna emas itu bo serat emas. karena bo juga mempunyai jenis kembang tergantung darimana asal penggalian batu di wilayah banten yang tergantung pada kontur tanah dimana bo berada

      Delete
    3. Bo saya direndam sama zaitun dan di jemur malah keluar warna cokelat di sebagian badan bo nya, itu gmn ya mas

      Delete
    4. Anonymous6/13/2015

      Kemunkinan BO mbak zenita bahanya masih muda, sehingga BO brubah coklat waktu di treatment

      Delete
    5. Anonymous6/13/2015

      Kemunkinan BO mbak zenita bahanya masih muda, sehingga BO brubah coklat waktu di treatment

      Delete
  35. mlm mas sueb..sya ada BO,sdh sya bentuk,tp masih gosokan kasar...yg sya tanyakn..di badan bo tersebut bnyk bintik2 putih..menurut mas sueb.apakah bintik2 putih tersebut,getah batu yg kluar apa mmng serat batu nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous6/14/2015

      Malam juga mas gie..bintik yg berwarna putih/silver biasanya adalah calon tumbuh kembang yg biasa di sebut jelly pada batu BO. Tapi jelly tersebut juga tergantung kualitas batu sendiri, kalau kualitas bagus bisa cepat berubah warna pada titik atau garis putih/silver, tp kalau kualitas kurang bagus proses untuk berubah dari jelly ke kembang/jarong juga bisa lama mas gie..

      Delete
    2. Anonymous6/14/2015

      Malam juga mas gie..bintik yg berwarna putih/silver biasanya adalah calon tumbuh kembang yg biasa di sebut jelly pada batu BO. Tapi jelly tersebut juga tergantung kualitas batu sendiri, kalau kualitas bagus bisa cepat berubah warna pada titik atau garis putih/silver, tp kalau kualitas kurang bagus proses untuk berubah dari jelly ke kembang/jarong juga bisa lama mas gie..

      Delete
  36. brrti blm jaminan jg ya mas cepat kluar jarong nya.walaupun bo tsb sdh kluar getah putih/silver.smua tergantung kwalitas bahannya.. menurut pengalaman mas sueb..langkah selanjut nya gimana mas,,apakah di jemur Bo main poles pkai minyak atau bo tersebut di rendam?
    thanks mas sueb...moga blognya ramai...slm sukses...

    ReplyDelete
  37. brrti blm jaminan jg ya mas cepat kluar jarong nya.walaupun bo tsb sdh kluar getah putih/silver.smua tergantung kwalitas bahannya.. menurut pengalaman mas sueb..langkah selanjut nya gimana mas,,apakah di jemur Bo main poles pkai minyak atau bo tersebut di rendam?
    thanks mas sueb...moga blognya ramai...slm sukses...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous6/14/2015

      Iya betu sekali mas gie...terkadang juga akan lama sekali BO mengeluarkan kembang. Semua tergantung dari kualitas bahan dan juga keberuntungan. Saran saya rendam terus bo dengan minyak kemudian kalau siang hari jemur paling gak 2 jam. Lakukan secara rutin tiap hari...makasih mas egi, semoga treatment mas egi juga berhasil

      Delete
    2. Anonymous6/14/2015

      Iya betu sekali mas gie...terkadang juga akan lama sekali BO mengeluarkan kembang. Semua tergantung dari kualitas bahan dan juga keberuntungan. Saran saya rendam terus bo dengan minyak kemudian kalau siang hari jemur paling gak 2 jam. Lakukan secara rutin tiap hari...makasih mas egi, semoga treatment mas egi juga berhasil

      Delete
    3. banyak yg jual minyak utk BO supaya jarong, mas sueb tau ga rahasia racikan minyak itu?

      Delete
    4. banyak yg jual minyak utk BO supaya jarong, mas sueb tau ga rahasia racikan minyak itu?

      Delete
    5. Anonymous6/15/2015

      Pada dasarnya minyak racikan untuk tumbuh jarong komposisinya hampir sama yaitu minyak yg biasa di pakai untuk treatment BO...hanya di tambah alkohol. Komposisi detailnya saya gak bisa kasih penjelasan di sini karena itu menyangkut prodak. Dan saya menghargai usaha mereka...tp kalau mas findi masih penasaran bisa du coba cairan tersebut dengan membeli seharga 50-100 rbu/botolnya

      Delete
  38. Anonymous6/14/2015

    banyak yg jual minyak utk BO supaya jarong, mas sueb tau ga rahasia racikan minyak itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous6/15/2015

      Ini munkin pemilik akun mas findi ya?? Pertanyaan mas sudah di jawab di atas...

      Delete
    2. Maaf bung gnggu arif mau tnya klau d'rndem pke mnyak zaitun sm baby oil kra2 jd jarong g y

      Delete
  39. jgn lupa di bantu dengan doa jg ya mas...biar cepat keluar kembang jarong nya..hehehe

    ReplyDelete
  40. jgn lupa di bantu dengan doa jg ya mas...biar cepat keluar kembang jarong nya..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous6/15/2015

      Amin....semoga aja mas gie. Saya pasti doakan buat keberhasilan mas .karena saya juga pecinta Bo..hehe

      Delete
    2. mas BO saya dah keluar jarong dikit setiap minggu saya ampelas halus tp malah warna dasar hitamnya berubah jadi putih seperti kapur, mhn pencerahanya.

      Delete
    3. Kang sueb...B O klau di rendam minyak zaitun bisa kan? Di rendam 1/2 hari di tmpt yg gelap sm wadah yg rapat ya kang?

      Delete
    4. Sore bro sueb,
      ane mau nanya dikit, ane sdh coba treatment sekitar 3bulan.. walau nggak rutin banget treatment BO.. tapi untuk penjemuran dan pengamplasan ringan sdh dilakukan, tapi hasilnya cuma bodi BO makin licin dan makin keras dengan tekstur seperti batang kayu saja..
      apa ada yg salah dari treatment ini?
      makasih bro.. salam BO!

      Delete
    5. Mhn ma'af gan sueb , sy mau tanya BO sy jemur 2 hari sdh kelihatan bintik2 unguh n garis2 putih itu tandanya apa gan ,
      Kalo di lanjut treatment , apa warnanya bisa berubah / jadi kembang gan ,
      Mhn penjelasannya , gan

      Delete
    6. Pagi mas..saya mau tanya bo saya sudah keras dan 100% udah jd batu trus banyak garis putih melintang dan bintik2 putih mengkilap banyak...
      Ap itu pertanda mau jarong mas..
      Mohon infonya..thank's.

      Delete
    7. Maz sueb,, ijin nnya..
      Sya mau mentreatment bo dg mnyak zaitun,, klo pd saat penjemuran itu sklian dg botol brisi mnyaknya itu bgmn,, bsa gak maz?? Trima kasih maz..

      Delete
    8. mas sueb..klo bo nya sdh di bentuk kasar pakai batu asah great 100,apakah batu bo tersebut tiap minggu nya harus diamplas jg?

      Delete
  41. Anonymous6/15/2015

    Malam mas sueb, kalo musim kemarau unt dapat air hujan hampir mustahil,kl air hujan diganti dng air ac gimana hasilnya?apa hasilnya sama dengan treatmen pake air hujan?trims atas pencerahanya.

    ReplyDelete
  42. sip mas...mas sueb blo boleh minta no pin bbm boleh gk mas?klo gk ini pin sya 523EA6FF.soalnya sya msi pemula ni mas..bnyk yg mau sya tanyakan sma mas sueb.

    ReplyDelete
  43. Kalo pakai cairan isotonik bisa kan gan

    ReplyDelete
  44. Gan kalo pakai cairan isotonik bisa engga..

    ReplyDelete
  45. Kang saya punya bo nih saya rendam 2minggu pakai minyak keletik kata orang sunda'' Kemudian setelah itu saya rendam juga pakai kayuputih 1minggu minyak tanah 1minggu ter akhir pakai gpu baru 2hari. Gmn menurut akang? Apa bo saya berpotensi mengeluarkan jarong apa akan sia2. Makasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/28/2015

      kalau gpu saya tidak anjurkan gan,,karna gpu sifatnya terlalu panas, karna justru akan mematikan bibit jarong

      Delete
  46. Kang sueb......ada contact yg bisa di ajak shering pribadi,..mau tanya lbih dlm tntabg B O, maklum masih newbi kang,
    Via email juga boleh kang,...
    Di tunggu blsan nya,... makasih kang sueb

    ReplyDelete
  47. Kang sueb......ada contact yg bisa di ajak shering pribadi,..mau tanya lbih dlm tntabg B O, maklum masih newbi kang,
    Via email juga boleh kang,...
    Di tunggu blsan nya,... makasih kang sueb

    ReplyDelete
  48. mas sueb, bisa beli racikan buat rendam nya?

    ReplyDelete
  49. Kang sueb,....boleh ane tanya?
    Ane kan pnya B O,...proses awal pertama, kasih minyak/air hujan,...tu brp hari kang rendam nya?
    Klau sdh di rendam keesokan di jemur smbil diolesi minyak ya kang?
    Maaf kang.... byk pertanyaan maklum masih newbi tentang BO

    ReplyDelete
  50. mas mau nanyak nih, saya punya bahan black opal masih bentuk bahan lempeng dgn ukuran 5x4x2 cm, batunya saya rendam di toples. seluruh badan batu tertutup air rendaman dan saya jemur diatas genting berhari2 tanpa mengeluarkan batu dari toples rendaman. dan tidak saya masukkan kedalam rumah. pokoknya saya biarkan diatas genting dalam keadaan direndam dan terjemur berhari2. kira2 itu metodenya salah gak mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/28/2015

      baiknya iukuti lankah seperti di artikel gan,,,saya gak bisa memvonis itu salah atau gak,saya hanya mengikuti berdasarkan pengalaman aja

      Delete
  51. Kang kl habis di jemur diamoelasbya pake ampelas no berapa?

    ReplyDelete
  52. Di ampelasnya pake yag kasar atau halus? Pake ampelas no berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/28/2015

      pke amplas no 800/100,,kulit juga bisa

      Delete
    2. Anonymous7/28/2015

      pake amplas no. 800/1000 gan

      Delete
  53. Sore bro sueb,
    ane sdh coba treatment dari penjemuran 2-3jam, seminggu sekali kupas/amplas BOnya, tapi sudah hampir 3 bulan blm keluatan hasil..
    yang keliatan batu makin kristal aja.. seperti kontur kayu dipernis..
    mohon pencerahan newbie..

    ReplyDelete
  54. Sore bro sueb,
    ane sdh coba treatment dari penjemuran 2-3jam, seminggu sekali kupas/amplas BOnya, tapi sudah hampir 3 bulan blm keluatan hasil..
    yang keliatan batu makin kristal aja.. seperti kontur kayu dipernis..
    mohon pencerahan newbie..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/28/2015

      treatment bo memang gampang2 susah gan,,,kemunkinan bahan agan kualitasnya kurang bagus. ada baiknya agan sambil treatment bahan baru sambil melanjutkan yg sudah ada

      Delete
  55. Gan sueb, sy mau tanya BO sy setelah sy jemur 2 hari keluar titik2 ungu n putih / garis putih , itu tandanya apa gan ,
    Kalo Treatment di lanjutkan apa warnanya bisa berubah / ganti kembang gan

    ReplyDelete
  56. Gan sueb ,sy mau tanya BO sy jemur 2 hari sdh ada titik2 ungu n putih / garis2 putih ,
    Itu tandanya apa gan ,
    Kalo di lanjutkan Treatment , apa warnanya bs berubah / jadi kembang gan

    ReplyDelete
  57. Men ma'af sbr!umnya....Gan sueb ,sy mau tanya BO sy jemur 2 hari sdh ada bintik2 unguh n garis2 putih itu tandanya apa gan ,
    Kalo di lanjut Treatment , apa warnanya bisa berubah / jadi kembang gan ,
    Mhn penjelasannya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/28/2015

      lanjutkan cara di artikel gan,,insya allah bisa

      Delete
  58. malam mas sueb :). mas apa bnar kalau rendam bo harus d tempat yg tdak terkena cahaya bila habis d jemur siang harinya. terimakasih.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/28/2015

      sebenarnya tidak juga gan,,,pengalaman saya yg penting tidak kena cahaya matahari langsung setelah di jemur

      Delete
  59. malam mas sueb :). mas apa bnar kalau rendam bo harus d tempat yg tdak terkena cahaya bila habis d jemur siang harinya. terimakasih.:)

    ReplyDelete
  60. Kalau botolnya dijemur diatas lampu neon pengaruh gak mas untuk batunya.

    ReplyDelete
  61. Kalau dijemur diatas lampu neon pengaruh gak pada batunya. Soalnya panasnya lebih cepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/28/2015

      bisa juga bos,,,karena ada juga yg pke lampu bohlam di lumuri minyak

      Delete
  62. Bang suep, sya punya BO, klo BO nya di senter dalam minyak dia keluar jarong. Klo tanpa direndam jarongnya gk mw keluar. Caranya gmn ya boar cpet keluar bang. Sya treatment pake minyak baby oil + minyak kayu putih... trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/28/2015

      harus bersabar bos,,,sama sering di gosok pk amplas halus atau kulit

      Delete
  63. Anonymous6/24/2015

    Mas mau tanya.kalau bo solid saya tutup pakai kapas terus dimasukan kantong plastik obat yang rapat dengan digenangi minyak zaitun trs saya letakkan di freezer kulkas lebih cepat tdk mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/28/2015

      justru harus dihangatkan bosku,,bukan di dinginkan atau dibekukan,cara ini hanya untuk jemis batu chalcedhony

      Delete
  64. oh ya mas sueb,klo batu bentukan nya masih kasar,apakah tiap minggu nya harus di amplas jg,soalnya batu bo nya sdh sya bentuk dengan batu asah no.100

    ReplyDelete
  65. oh ya mas sueb,klo batu bentukan nya masih kasar,apakah tiap minggu nya harus di amplas jg,soalnya batu bo nya sdh sya bentuk dengan batu asah no.100

    ReplyDelete
  66. kalau pake air isotonik bleh gk gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/28/2015

      setahu saya gak bisa gan,,isotonik bisa di pake pada batu jenis chalcedony

      Delete
  67. oh ya mas..klo bahan bo yg sdh di bentuk pola kasar pakai batu asah no.100,apakah batu bo nya tiap minggu harus di amplas jg?

    ReplyDelete
  68. oh ya mas..klo bahan bo yg sdh di bentuk pola kasar pakai batu asah no.100,apakah batu bo nya tiap minggu harus di amplas jg?

    ReplyDelete
  69. oh ya mas..klo bahan bo yg sdh di bentuk pola kasar pakai batu asah no.100,apakah batu bo nya tiap minggu harus di amplas jg?

    ReplyDelete
  70. oh ya mas..klo bahan bo yg sdh di bentuk pola kasar pakai batu asah no.100,apakah batu bo nya tiap minggu harus di amplas jg?

    ReplyDelete
  71. oh ya mas..klo bahan bo yg sdh di bentuk pola kasar pakai batu asah no.100,apakah batu bo nya tiap minggu harus di amplas jg?

    ReplyDelete
  72. oh ya mas..klo bahan bo yg sdh di bentuk pola kasar pakai batu asah no.100,apakah batu bo nya tiap minggu harus di amplas jg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/28/2015

      iya gan,,tp dengan amplas halus

      Delete
  73. Bro,utk treatment tahap awal bisa gak di ganti dgn minyak goreng Bimoli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/28/2015

      bisa gan,,tp yg masih murni dr botol

      Delete
  74. Klo pake minyak zaitun+minyak keletik itu gimana gan?

    ReplyDelete
  75. Pagi mas.saya mau tanya..
    Saya punya bo udah keras dan 100% udah jd batu dan banyak garis putih melintang dan banyak bintik bintik mengkilap..
    Apa itu pertanda mau jarong mas..
    Mohon infonya..thank's..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/28/2015

      menurut pengalaman saya iya bosku,,,cm harus lebih bersabar

      Delete
  76. Bisa gak Mas minyak zaitun dicampur alkohol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/28/2015

      kl di campur alkohol saya belum pernah mempraktekan gan,,tp kl agan mau experiment monggo

      Delete
  77. Maz sueb,, ijin nnya..
    Sya mau mentreatment bo dg mnyak zaitun.. klo pd saat pnjemuran sklian dg botol brisi mnyaknya bgaman hasilny,, bsa jd gak maz?? Trima kasih maz.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/28/2015

      bisa bos,,,yg penting botol bening tembus sinar matahari

      Delete
  78. Gan.. Klo bahan bo nya ada serat" emas gmn ? Ada yg bilang warna emas itu ga bakal jd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/28/2015

      gak bisa bos,,itu dah jadi BO serat emas

      Delete
  79. Thanks mas sue dah mmberikan bnyk info..

    ReplyDelete
  80. Mlm mas,slm knl.kl bahan bo yg sdh keluar jel nya kl di amplas ap gak pa2 gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/28/2015

      salam kenal juga bosku...boleh,asal dengan amplas halus no 800 atau 1000

      Delete
  81. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  82. Sore bang
    saya punya bahan dari awal dikasih sekujur badan memiliki titik emas yg sangat banyak
    apakah bahan saya itu bs mengeluarkan jarong jg atau tidak
    karna klo saya baca bo yg mengeluarkan titik" emas itu tanda klo itu bibit jarong yg sudah mati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/28/2015

      betul bosku,,itu biasa disebut serat emas, dan tidak bisa mengeluarkan jarong atau kembang warna

      Delete
  83. Anonymous7/06/2015

    gan mau tanya tu batu bisa dehidrasi yah O,O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/28/2015

      iya bos,,,karena BO mengandung air

      Delete
  84. Mohon pencerahannya mas karna pemula hehehe.
    BO saya hitam keras seperti porselen tapi setelah treatmnt kok muncul serat emas ya??
    Apakah ini bisa mengeluarkan warna warni juga??
    Trims banyak mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/28/2015

      kemunkinan bo agan serat emas

      Delete
  85. Adminnya mana neh??

    ReplyDelete
  86. Adminnya mana neh??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/28/2015

      ada gan,,maaf br online, kemarin puasa agak sibuk

      Delete
  87. Jadi harus rajin jemur dan amplas ya gan.
    Kudu sabar untuk mendapat hasil Black Opal yang jarong dan bagus.

    Terima kasih sudah berbagi ilmu baru "treatment Black opal dengan minyak".
    Salam Jarong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/28/2015

      betul sekali gan...seoga berhasil

      Delete
  88. Anonymous7/13/2015

    Gan mau nanya kalo di B O itu ada Garis Emas itu apa Gann ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/28/2015

      itu BO serat emas gan

      Delete
  89. Anonymous7/28/2015

    masama bos dhaan

    ReplyDelete
  90. Anonymous7/28/2015

    terus lakukan cara di aertikel bos

    ReplyDelete
  91. Anonymous7/28/2015

    mohon maaf apabila tidak bisa membalas komentar agan2 satu persatu,,,tp intinya kalau agan semua mengikuti langkah2 di artikel saya, insya allah kalau bahan BO agan2 berkualitas, akan mengeluarkan jarong,,makasih buat semua

    ReplyDelete
  92. HARGA BATU BERAPA PAK? TRIMS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/30/2015

      kebetulan saya gak jualan agan herman,,,untuk harga BO bisa mencapai puluhan juta kalau bagus, tp hati2 skrng banyak BO aspal, asli tp palsu,,

      Delete
  93. GAN KALO DI BO ITU ADA SEPERTI KERAK WARNA PUTIH SEPERTI PALSTIK APA ITU GAN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/30/2015

      putih kerak di permukaan batu atau sampai ke dalam batu biasanya adalah getah,,

      Delete
  94. Maaf juragan bisa ga perendaman pake air matang + garam ...

    Trims

    ReplyDelete
  95. Maaf juragan kalau pake air matang + garam bisa ga
    Untuk perendaman

    Terima kasih juragan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/30/2015

      untuk yang ini saya belum pernah mencoba gan belvana,,barang kali agan mau experiment monggo silahkan, tp saya gak bisa menjamin

      Delete
    2. Bang Sueb.. mau bertanya nih berdasarkan pengalaman abang utk lakukan treatment yg terbaik jika jenisnya batu bacan doko/palamea yah?

      Delete
  96. Anonymous7/31/2015

    pengalaman saya sbenarnya sama saja antara doko/palamea,,,cm kalau palamea yang terlalu muda nantinya akan menjadi berkurang batunya karena kapur akan terangkat keluar,,,unuk mengetahui cara treatment batu bacan, agan Vans bisa baca di artikel saya di http://barusip.blogspot.com/2015/03/treatment-batu-bacan-agar-cepat.html

    ReplyDelete
  97. Mas Kalo Mau Ngetretment black opal itu harus di kupas dulu apa tidak?
    apa bagusan di kupas atau tidak di kupas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous8/01/2015

      Harus dibersihkan dulu dari lumpur yg menemempel di badan batu bos berlian

      Delete
    2. Anonymous8/01/2015

      Harus dibersihkan dulu dari lumpur yg menemempel di badan batu bos berlian

      Delete
  98. Kalau jemur gak di rendam minyak zaitun kah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous8/02/2015

      iya betul gan lilin,,,penjemuran harus dengan direndam, agar batu tidak dehidrasi/kekeringan yang menyebabkan batu nantinya crack/pecah

      Delete
  99. Anonymous8/03/2015

    assalamu'alaikum ...
    mas saya udah treatment selama 1 bulan dengan memakai komposisi baby oil+kayu putih di dalam gelas stenles. tapi gak di tutup. tapi gk muncul jarong, malah ada serat emass,,
    silikapun gak ada. padahal 1 minggu 1x suka di hampelas.
    pertanyaan kalo serat emas bisa jadi jarong? katnya sih gak bisa,
    saya sudah ber experiment denga bbrpa komposisi, tetap aja cuma ada serat emas.
    maaf saya masih pemula dalam BO.
    trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous8/03/2015

      Wa`allaikum salam gan,,,ya betul gan, BO serat emas sudah tidak bisa lagi tumbuh kembang jarong. Baiknya agan ganti bahan yang lebih bagus untuk mulai treatment awal lagi

      Delete
  100. gan, ane punya BO ane treatment direndem pake minyak Baby oil trus ane taruh di tutup botol beling trus ane taruh di atas freon kulkas... blm ada hasilnya gan...? mohon pencerahan

    ReplyDelete
  101. gan, ane lg nyoba treatment BO, karena ane ndak sempet njemur BO siangnya, ane coba BO di rendam pake minyak baby oil malamnya trus ane tiriskan trus masukkan ke tutup botol seng ane taruh di atas freon kulkas, tp blm ada tanda tanda jarong, mohon pencerahan gan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous8/04/2015

      ada baiknya ente pake cara diatas bang andik,,,,karna munkin kesibukan disiang hari munkin anda menjadi tidak sempat untuk mengangkat batu setelah 2 jam, ente bisa jemur seharian penuh, dan di angkat sore harinya,,cm cara ini akan lebih lama untuk mengeluarkan jarong dibandingkan dengan cara diatas

      Delete
    2. Mohon bantuannya. BO saya dari awal dikasih sudah banyak bintik2 kecil full dibadan..... apakah bisa dilakukan treatment..... diujung kayu ada garis putih.... apakah nantinya masih bisa mengeluarkan jarong????

      Delete
    3. Anonymous8/05/2015

      masih bisa di treatment mas andik,,,,lakukan saja seperti cara diatas

      Delete
  102. setelah baca dari ↑ ampe ↓ sedikit banyak mulai agak faham...
    trimakasih sebelumnya blog kang sueb telah mengedukasi kita semua pecinta BO,
    so.....
    kesimpulanya kalau ada binting berwarna gold,pasti BO tersebut tidak akan bisa keluarkan jarong, maka lebih baik di hentikan treatment nya lalu ganti dg bahan lainya drpda di lanjutin nanti treatmenya musproh....

    thanks kang SOEB.

    ReplyDelete
  103. Anonymous8/05/2015

    sama2 masbor,,,

    ReplyDelete
  104. Malam kang sueb saya baru dapat BO Ethiopia sudah full jarong tp pas saya pake tanpa sengaja membentur benda keras walhasil bo sompal tp anehnya kok tdk ada seratnya sama sekali ya..malah hampir mirip kaca atau obsi..apakah bo saya aspal ya???mohon pencerahan nya kang sueb..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous8/07/2015

      bisa 2 kemungkinan bos yudhi,,,karena bo sendiri secara fisik seperti batu kalimaya, terkecuali bo jenis sempur dan jenis solid abu yang mempunyai serat kayu. Seperti bo kalimaya banten pun demikian. biar lebih jelas bos yudhi baca artikel saya di blog saya satu lagi yang mengulas khusus batu di http://barubatu.blogspot.com/2015/08/mengenal-varian-batu-jenis-opal-atau.html

      Delete
  105. Sip..tks kang pencerahannya.1 lg kang saya punya sempur sudah full silica warna putih tp saya treatmen pake citrun silica berubah jadi biru semua trus ada bintik2 merah kayak getah gitu.apakah itu tanda2 jarong apa malah mati ya kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous8/08/2015

      ok sama2 bos yudhi...yang dimaksud citrun (citric acid) munkin ya bos,,?memang ada beberapa orang bereksperimen menggunakan itu,,,tapi dalam beberapa kasus justru larutan citrun dapat merusak batu. seperti pada batu jenis chalsedony, beberapa jenis batu itu tidak tahan dengan citrun,,,justru batu menjadi getas dan mudah pecah...untuk bo sendiri saya belum pernah melakukan dengan citrun ini bos,,karena melihat beberapa kasus di atas tadi

      Delete
  106. kang soeb ane ganti bahan BO sempur ranting, kali ini ane bener" penarasaran, ada 5 rough dan ranting semua, 3ane kupas ampe bersih kulit" dr ranting (jadi bnr" daging),dan . antaranya ane biarin ama lupur"nya (sedikit lumpur), trs ane pake baby oil+minyak kayu putih 1:1, dg pola treatment oven pake lampu 10watt.

    mohon pencerahanya
    Pertanyaanya:
    1. apakah sempur itu dagingnya berwarna coklat tua? ato ttp bnr" hitam, cz kalo ane logika, krna sempur itu adalah tumbuhan yg memiliki txture kayu meskipun jd fosil texture kayu trsebut mengeras jadi batu tp ttp dia kayu (bukan tua ato muda), trs ane baca" kas*us di situ tertulis yg hitam pekat ampe daging"nya itu BO Solid,melainkan bukan dr sempur.

    2. saat treatmen oven apakah bahan BO sempur hrs bnr" tenggelam,ato hanya separuh? (sedangkan bahan BO sempur dlm pengetauan gemologi di dalamnya ada zat yg tidak baik bila trs menerus di rendam, ato di biarkan mengering) cz penetrasi kalor yg di hasilkan bohlam 10watt lebih cpt panas drpda di jemur di terik matahari, sehingga bila di minyak separuh dr bahan,bahan akan dehidrasi dan crek , lalu apakah oven bohlam di posisikan menyala trs menerus, ato di timer seperti kita lagi menjemur?

    Terimakasih kang Soeb sebelumnya...
    Sumpah ane bnr" penasaran....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous8/08/2015

      pertanyaan bagus bos,,,
      Untuk bahan sempur sendiri sebenernya tidak harus berwarna coklat tua atau kehitaman,,,tergantung dari kedalaman tanah tempat batu ditambang. Jadi intinya bahan sempur tidak mesti harus hitam atau coklat. hitam atau coklat bhan sempur, keduanya masih berpotensi mengeluarkan jarong bos,,,
      kalau untuk treatment menggunakan cara seperti dengan pemanasan bohlam,,bosku cukup melumuri BO dengan minyak, tidak perlu dengan merendam.kemudian lampu bohlam di panjar agar selalu hidup. trus jarak antara lampu dengan bahan harus disesuaikan,,,jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh. apabila minyak dalam badan batu mulai mengering, bosku lumuri lagi menggunakan minyak,,,begitu kira2 bos.

      Delete
  107. Iya betul kang..oke tks pencerahannya..ijin pantau artikelnya siapa tau kang sueb punya jurus mempercepat jarong..hehe salam jarong n sukses selalu kang sueb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous8/08/2015

      ok makasih gan,,,treatment BO yang penting telaten, lama tidaknya keluar jarong dipengaruhi kualitas bahan BO itu sendiri gan,,,sala jarong n sukses juga buat agan yudhi

      Delete
  108. mlm mas sueb..ketemu lg qt dengan pembahasan tentang bo..gini mas yg saya tanyakan sma mas sueb, bo kan stiap hari harus di jemur,stelah di jemur ada yg bilang harus di simpan di tempat gelap..sementara klo tread pakai bohlam stiap hari,otomatis kan badan bo tersebut sll disinari cahaya dari bohlam tersebut.kira2 apa sih mas pengaruh dari penyimpanan ditempat gelap setelah di jemur..mohon mas pencerahannya,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous8/09/2015

      malam juga mas gie,,,,kandungan yang ada dalam bo itu silika kuarsa, tujuan penjemuran di bawah terik matahari adalah selain penghangat untuk merubah dalam kandungan batu, tapi juga tujuanya adalah untuk membantu silika dalam bermetamorfosis menggunakan ultraviolet yang terdapat pada sinar matahari, ttpi asupan ultraviolet dan hangat sinar matahari juga harus dibatasi. sedangkan untuk cahaya bohlam pada batu black opal sebenarmya tidak begitu bermanfaat, karena yang di butuhkan batu adalah hangat dari lampu bohlam tersebut. kalau di tanyakan pengaruh penyimpanan, saya gambarkan kita seandainya menatap matahari, kemudian masuk ke dalam ruangan,,apa yg terjadi?? pastinya langsung gelap...begitu juga bo, itu bagian dari bo agar cepat metamorfosis dalam silika yang terdapat pada bo...kira2 begitu mas gie.

      Delete
  109. Knapa BO lebih mahal dari Bacan?
    KARENA buat jarongnya butuh waktu 5x pemilu baru keluar jarong

    ReplyDelete
  110. Assalamuallaykum wrwb , salam kenal . Kang Sueb , sy punya BO ranting yg sdh mengeluarkan kembang jarong , tp msh dipermukaan dan belum merata keseluruh badan BO . Apa hrs terus di treatmen , atau sdh boleh di bentuk ? Terima kasih

    ReplyDelete