Cara tepat membersihkan dan merawat komputer | Seputar Info Menarik

Cara tepat membersihkan dan merawat komputer

By

Cara tepat membersihkan dan merawat komputer

Cara tepat membersihkan dan merawat komputer - Untuk menjaga komputer/PC agar bersih dan juga awet baik dari segi hardware maupun software salah satu langkah yang harus kita lakukan adalah dengan cara membersihkan perangkat tersebut secara rutin. Pembersihan bukan hanya di lakukan pada sistemnya saja, seperti membuang virus ataupun membersihkan cache pada komputer/PC. Akan tetapi, pembersihan hardware seperti layar monitor maupun casing PC juga harus dilakukan untuk membuang debu yang menempel.

Debu yang menempel pada bagian atau komponen-komponen PC akan berdampak buruk bagi perfoma dan keawetan komputer. Karena dengan adanya debu, komputer bisa mengalami kerusakan karena mengalami over heating/panas berlebih. Walaupun di dalam box PC atau layar monitor terdapat pendingin, namun apabila terlalu banyak debu maka kinerja pendingin pun akan menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu, anda harus merawat komputer anda secara baik agar awet.

Cara tepat membersihkan dan merawat komputer

Selain bisa mengakibatkan over heating, semua kotoran baik debu atau residu asap rokok akan dapat menimbulkan korosi logam pada sebuah perangkat komputer. Apabila hal ino di biarkan tentu perangkat komputer akan menjadi cepat rusak.

Untuk membersihkan komputer dari debu, anda cukup menyiapkan beberapa peralatan seperti tisu, larutan pembersih, kompresor angin/vacum cleaner kecil, sedikit air atau alkohol, serta karet gelang untuk mengikat kabel-kabel pada saat PC/komputer anda di bersihkan. Ini berbeda dengan membersihkan sistem operasi PC. Apabila membersihkan  atau mengatasi komputer terinveksi virus anda menggunakan antivirus terbaik untuk komputer dan laptop, namun untuk membersihkan hardwarenya, yang anda siapkan adalah peralatan yang tealh di sebutkan diatas tadi.

Langkah membersihkan komputer/PC

Sebelum anda melakukan pembersihan, periksalah terlebih dahulu aliran listrik. Pastikan aliran listrik ke PC dan ke layar monitor telah dimatikan. Dan jangan menyiramkan air secara langsung ke PC maupun layar monitor. Semprot atau tuang cairan ke kain lembut dan lap ke PC atau layar monitor. Lakukan pengelapan dengan cairan hanya untuk bagian luar saja. 
Untuk bagian ventilasi seperti lubang fan pendingin dan lubang ventilasi lain, anda bisa menyemprot angin bertekan menggunakan kompresor. Atau kalau tidak ada angin bertekanan, anda bisa menggunakan sikat halus atau kuas kecil untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel. 
Pada bagian dalam PC, anda bisa melepaskan kabel-kabel dari soket masing-masing agar lebih leluasan membersihkan bagian yang sempit. Selain itu anda juga bisa melepaskan hardisk atau floppynya. Namun apabila anda belum terbiasa, lebih baik biarkan saja agar tidak ada masalah saat di pasang lagi nanti. 
Sebelum di bersihkan dengan angin bertekan, bersihkan dahulu bagian dalam PC menggunakan sikat halus atau kuas dengan hati-hati. Pastikan debu-debu yang menempel hilang dan terangkat. 
Setelah semuanya bersih, pasang kembali kabel-kabel serta pasang hardisk dan floppynya ke tempat semula, dan tutup kembali casing PC. 
Untuk membersihkan monitor, bersihkan lubang ventilasi menggunakan sikat lembut dan gunakan lap yang di basahi dengan alkohol. Lap seluruh bagian monitor hingga bersih dan terbebas dari kotoran.

Sedangkan untuk keyboard, bersihkan menggunakan sikat halus dengan cara di balik agar debu dan kotoran yang terdapat di sela-sela tombol keyboard hilang. Setelah itu lap dengan kain halus dn alkohol untuk membersihkannya. Demikian juga pada mouse, lap bagian optiknya agar bersih menggunakan lap yang di basahi alkohol. 
Setelah semuanya di bersihkan, pasang kembali kabel-kabel pada perangkat tersebut dengan sempurna.

0 komentar:

Post a Comment