Cara merawat komputer dan laptop agar tidak lemot | Seputar Info Menarik

Cara merawat komputer dan laptop agar tidak lemot

By

Cara merawat komputer dan laptop agar tidak lemot

Cara merawat komputer dan laptop lemot ini kami tujukan buat para penggunanya yang merasa kesal pada perangkat tersebut yang mengalami penurunan kinerjanya atau menjadi lemot/lambat/lelet. Dengan membaca artikel ini, di harapkan para pengguna komputer/PC atau laptop akan dapat kembali menikmati perangkat anda itu dengan perfoma maksimalnya.

Biasanya komputer dan laptop yang mengalami penurunan perfomanya akan di tandai dengan lamanya booting atau loading yang semakin lama pada saat membuka komputer dan menjalankan program-program yang ada di dalamnya.

Cara merawat komputer dan laptop agar tidak lemot

Penurunan perfoma pada komputer maupun laptop anda, tentu terjadi karena ada penyebabnya. Beberapa faktor penyebab menurunnya kinerja komputer maupun laptop diantaranya karena banyaknya file-file sampah (cache), terkena virus, kotor karena debu, terlalu banyak program ter-instal, dlsb. Apabila hal ini di biarkan, tentu akan mengganggu kelancaran kerja anda dan kenyamanan dalam menggunakan PC/laptop. Selain mengesalkan, dengan semakin lemahnya kinerja PC/laptop juga bisa menyebabkan perangkat tersebut akan cepat rusak.

Bagi anda yang memiliki komputer/PC maupun laptop yang sedang mengalami masalah tersebut, ada beberapa cara untuk mengembalikan kinerja perangkat anda tersebut. Agar komputer anda kembali bekerja cepat, cara yang harus dilakukan hampir sama dengan cara membuat android tidak lemot yang sebelumnya telah kami ulas.

Beberapa cara merawat komputer dan laptop, langkah-langkah yang harus dilakukan hanya melalui dekstop layar monitor komputer/PC atau laptop dengan sangat mudah berikut ini:

Hapus/Uninstall program yang tidak diperlukan
Memasang software atau program yang hanya terpakai 1 kali atau jarang terpakai akan menambah beban pada komputer. Alangkah baiknya bila program-program yang tidak penting di hapus/uninstall untuk membebaskan ruang pada drive komputer/laptop anda. Pasanglah program/software yang penting saja agar komputer/laptop lebih efesien sehingga perangkat tersebut lebih bekerja dengan maksimal.

Untuk melakukan penghapusan program yang tidak anda inginkan, klik Star Windows kemudian pilih Control Panel, pilih install/uninstall program atau pilih Program dan Fitur, tergantung dari jenis OS Windows yang terpasang pada Komputer/laptop anda. Anda bisa klik program yang tidak anda inginkan kemudian uninstall program tersebut. Namun apabila anda ragu, lebih baik biarkan saja dari pada terjadi kesalahan menghapus program penting.

Hapus file temporary dan file tidak di perlukan
Setiap kali anda menggunakan internet dan mengunjungi situs-situs web, maka di komputer akan meninggalkan berkas riwayat. Dengan banyaknya riwayat penjelajahan serta file yang tidak berguna yang berlebihan juga akan mengakibatkan komputer/laptop menjadi lambat pada saat membuka aplikasi. Oleh karena itu hapus riwayat penjelajahan yang ada dalam komputer/laptop.

Untuk melakukan penghapusan ini, anda klik My komputer lalu klik kanan pada drive C. Pilih Properti, klik Disk Cleanup dan centang/pilih semua pengguna dan klik OK. Biasanya akan membutuhkan waktu beberapa saat untuk membuka Disck Cleanup.

Lakukan Defrag (Defragmenter)
Disk defragmenter adalah tool bawaan Windows yang fungsinya menata kembali file-file telah berserakan di dalam hardisk yang dilakukan secara sengaja atau tidak sengaja oleh pengguna komputer/laptop. Hal ini di sebabkan oleh aktivitas mengkopi, manghapus, memindahkan file pada komputer serta melakukan install program dan kegiatan menagemen file lain. Dengan melakukan defrag secara berkala, maka akan menata kembali file-file yang berantakan pada hardisk dengan menempatkan kembali file bersama-sama.

Untuk melakukan defrag, anda klik pada My komputer, pilih Properti, pilih Tool, lalu pilih defrag. Pada tampilan anda bisa memilih dive C, drive D, atau System Reserved, lalu klik defrag/optimize.

Scan Virus, Spyware, atau malware lain
Untuk menjaga komputer/laptop dari serangan virus atau malware berbahaya lain menyerang sistem, anda bisa lakukan scan antivirus. Bahaya malware pada komputer atau laptop bukan saja akan membuat komputer menjadi lambat. Lebih dari itu, virus jahat pada OS juga dapat merusak sistem dan merusak perangkat laptop anda.

Untuk mengamankan Komputer atau laptop anda, pilihlah antivirus terbaik untuk komputer dan laptop yang sudah terpercaya untuk mencegah virus menyerang kompter dan laptop.

Untuk melakukan langkah membersihkan komputer/PC atau laptop anda agar tidak lemot/lambat kinerjanya harus dilakukan secara rutin. Untuk komputer rumahan, bisa dilakukan setiap 3 bulan sekali untuk memelihara agar komputer anda tetap bekerja maksimal. Sedangkan untuk komputer kantoran, bisa dilakukan 1 minggu sekali untuk menjaga komputer agar tetap stabil.

Sedangkan untuk laptop bisa di lihat dari penggunaaanya. Apabila sering di pakai, membersihkan dan mengecek OS bisa di lakukan sesering mungkin agar laptop tetap awet dan stabil kinerjanya.

0 komentar:

Post a Comment