Kelalaian kita yang menjadi penyebab jerawat | Seputar Info Menarik

Kelalaian kita yang menjadi penyebab jerawat

By
Jerawat merupakan suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat, sehingga akan menimbulkan kantung nanah yang dapat mengakibatkan peradangan. Dan jerawat juga merupakan suatu penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya di dunia.

Salah seorang peneliti penyakit jerawat ternama di dunia berpendapat, tidak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa jerawat di kulitnya. Kebanyakan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah pada saat masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, masa pubertas dan juga di sebabkan oleh stress.

Kelalaian kita yang menjadi penyebab jerawat

Jerawat bukan merupakan suatu penyakit yang berbahaya, namun apabila jerawat muncul terutama pada wajah akan membuat seseorang merasa malu dan minder sehingga kepercayaan diri akan berkurang karena akan mengganggu penampilan. Selain itu, munculnya jerawat juga akan memberikan efek gatal dan sakit yang di sebabkan oleh jerawat yang meradang. Oleh sebab itu, agar kita terhindar dari jerawat, kita harus tetap mengetahui penyebab jerawat untuk meminimalisir pertumbuhan jerawat pada wajah kita sehingga wajah kita akan terbebas dari jerawat yang membandel

Penyebab jerawat

Jerawat yang muncul pada wajah di sebabkan beberapa faktor yang di sebabkan oleh kelalaian kita sendiri. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan jerawat yang biasanya tanpa kita sadari yaitu: 

Bakteri
Masalah utama yang dapat menimbulkan jerawat di wajah yaitu bakteri p.acne yang berkembang biak dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat yang akan menghasilkan zat-zat yang dapat menimbulkan iritasi di daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut akan terus membengkak dan mungkin akan pecah yang kemudian menyebabkan radang di kulit yang berjerawat dan inilah yang menyebabkan jerawat jenis batu yang paling mungkin akan meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka berupa flek hitam.

Kosmetik
Jerawat juga bisa disebabkan oleh penyumbatan pori-pori yang seringkali terjadi oleh penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation. Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak akan mudah menyumbat pori-pori sehingga akan bisa menyebabkan jerawat. Oleh karenanya, bersihkan segera bekas make up secepat mungkin untuk menghindari bakteri penyebab jerawat.

Obat-obatan
Mengonsumsi obat kortikosteroid baik obat minum ataupun obat oles juga dapat mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, sehingga akan meningkatkan potensi timbulnya jerawat karena aktivitas bakteri patogen yang meningkat.

Telepon genggam
Hal yang tanpa kita sadari dapat memicu jerawat yaitu penggunaan telepon genggam. Tanpa kita sadari penggunaan telepon genggam bisa jadi media untuk tumbuhnya bakteri penyebab jerawat. Untuk mencegahnya, bersihkan permukaan telepon secara rutin dengan alkohol dan usahakan jangan menempelkan telepon genggam ke pipi ketika menelpon.

Agar kulit wajah maupun tubuh kita terhindar dari jerawat, hindari beberapa faktor di atas untuk menghindarinya. Selain itu dengan melakukan pola hidup yang sehat, jerawat juga tidak akan mudah tumbuh pada kulit anda.

0 komentar:

Post a Comment