Penyebab serta mengatasi pada kulit kering | Seputar Info Menarik

Penyebab serta mengatasi pada kulit kering

By

Penyebab serta mengatasi pada kulit kering

Kulit kering dan mengelupas pada tubuh anda bisa jadi akan menimbulkan masalah yang berarti. Selain akan menganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri anda, kulit yang kering juga bisa menjadi tanda awal penuaan dini. Tentunya kita tidak menginginkan semua itu di saat usia kita masih muda. Oleh karena itu kita harus secepatnya mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi kulit yang kering pada tubuh kita.


Penyebab serta mengatasi pada kulit kering


Penyebab kulit kering

Ada 3 faktor yang menyebabkan kulit menjadi kering pada usia muda, selain di sebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Menurut para pakar, kulit kering dan bersisik bisa di sebabkan oleh faktor-faktor-faktor antara lain berikut :

1.Peamakaian pewangi dan antiseptik
Mungkin sebagian anda tidak menyadari apa penyebab terjadinya kulit kering yang anda alami. Padahal anda tidak mempunyai keturunan atau gen yang mempunyai kelainan pada kulit di keluarga anda. Bisa jadi kulit kering yang anda alami di sebabkan oleh zat kimia berbahaya yang terkandung dalam pewangi maupun antiseptik yang anda gunakan. Apabila pemakaian zat berbahaya pada kedua produk tersebut di pakai dalam waktu yang lama, maka akan menyebabkan iritasi pada kulit anda sehingga bisa mengakibatkan kulit di tubuh anda menjadi kering.

2. Faktor usia
Dengan seiring bertambahnya usia seseorang, kulit menjadi semakin berkeringat. Pada saat menopause, kadar estrogen juga akan semakin menurun. Demikian juga kadar sabum (minyak alami) oleh kelenjar minyak pada kulit kita juga akan berkurang. Padahal sabum pada kulit bisa menjaga kelembaban alami. Dengan berkurangnya produksi sabum maka kulit kita menjadi lebih kering di karenakan makin berkurangnya produksi.

3. Kurang cukup gizi
Faktor selanjutnya yang menyebabkan kulit kering juga di akibatkan oleh kurangnya asupan gizi pada tubuh kita. Kekurangan nutrisi alami akan membuat kulit lebih kering. Pada umumnya ini di akibatkan kurangnya vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin E sebagai anti oksidan yang melindungi kulit dari pengaruh buruk lingkungan. Vitamin-vitamin tersebut juga merangsang pertumbuhan sel-sel baru pada kulit kita. 

Oleh karena itu sudah seharusnya menjaga kulit tubuh kita dengan cara hidup sehat serta selalu menjaga kulit agar tetap sehat dan cantik dengan mengkomsumsi makanan yang bergizi, serta cukupi kebutuhan vitamin A, vitamin C, vitamin E, yang banyak terdapat pada buah dan sayuran. 

Untuk mengatasi kulit kering

  1. Oleskan pelembab setiap hari sehabis mandi sesuai dengan jenis kulit anda. Bagi anda yang mengalami dermatitis atopik, pilihlah pelembab yang berbahan dasar ceramide, urea, atau pun emolien. Pada jenis pelembab ini akan mampu mengikat air di bawah permukaan kulit untuk mencegahnya menguap, sehingga kelebaban kulit tetap terjaga.
  2. Gunakanlah minyak esensial geranium, clary sage, dan juga evening primrose oil yang kaya akan gamma linolec acid untuk membantu meregulasi estrogen, progesteron, dan prolaktin. Campurkan bahan tersebut dengan apricot oil, sweet almond atau grapeseed. Balurkan campuran bahan-bahan tersebut ke kulit secara rutin setiap hari. Kandungan bahan-bahan tersebut juga bisa membantu meregenerasi kulit.
  3. Selain vitamin yang di perlukan oleh tubuh kita, juga memerlukan protein untuk proses pembentukan jaringan kulit baru. Selain itu, lemak juga penting untuk menjaga kelembaban kulit. Oleh karena itu, atur pola makan yang cukup setiap hari agar kadar gizi pada tubuh kita selalu seimbang. Dengan mengkomsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan lemak secara seimbang, kulit kita juga bisa terpenuhi nutrisinya.

Itulah ulasan penyebab dan mengatasi pada kulit kering. Dengan menjaga pola hidup serta mengatur pola makan dengan makan makanan yang sehat, serta seimbang, maka kebutuhan nutrisi pada kulit akan terpenuhi. Dengan demikian, proses regenerasi kulit serta kelembabanya akan tetap terjaga. Dengan begitu anda akan memiliki kulit yang sehat dan juga secara otomatis bisa memutihkan kulit tubuh anda secara alami. Semoga saja uraian ini bisa bermanfaat untuk anda semua, guna menjaga dan menghindari dari kulit kering.

0 komentar:

Post a Comment