Tips cara membuat burung lebih berkicau | Seputar Info Menarik

Tips cara membuat burung lebih berkicau

By

Tips cara membuat burung lebih berkicau 

Tips ini saya ulas dikarenakan banyak teman-teman pecinta burung berkicau yang kecewa terhadap burung peliharaanya tidak bisa mengeluarkan suara kicaunya dengan keras dan lepas. Selain itu tingkat kerajinan dalam berkicau sehingga burung lebih banyak diam.

Hal tersebut bisa disebabkan dari beberapa sebab, di antaranya kandang du gantung pada tempat yang rendah pada waktu yang cukup lama, di mana hal ini mempengaruhi mental dan keberanian burung untuk berkicau.

Tips cara membuat burung lebih berkicau

Adapun penyebab lain burung malas berkicau dan suara tidak bisa lepas atau kurang keras dalam berkicau antara lain di sebabkan beberapa faktor diantaranya adalah :
  • Asupan gizi untuk burung ocehan anda kurang, sehingga terjadi gizi buruk dan mengurangi vitalitas burung ocehan anda.
  • Terlalu lama berdekatan dengan burung lain dengan jenis tertentu yang membuatnya takut untuk berkicau.
  • Terlalu sering di dekatkan pada burung lain yang sudah rajin berkicau dan juga terlatih.
  • Terlalu lama di pelihara sendiri tanpa ada burung lain.
  • Terlalu di paksa berlatih pada waktu umur belum mencukupi, terlebih cara melatih dengan cara yang tidak benar yang membuat mental burung justru down.
Hal yang harus anda lakukan agar burung ocehan anda agar sering berkicau adalah dengan melakukan bedah suara. Bedah suara bertujuan untuk memulihkan serta meningkatkan kualitas suara yang bisa di lakukan pada burung ocehan agar kembali rajin berkicau. Dengan memahami tata cara perawatan yang benar, suara yang di hasilkan burung akan bisa maksimal. Namun hal ini perlu kesabaran serta ketelatenan dan juga keseriusan dari anda dalam merawat burung ocehan.

Ada beberapa cara agar burung ocehan anda kembali rajin berkicau dengan suara tajam. Yang bisa anda lakukan untuk membedah suara burung yang sudah terlanjur tidak lepas suaranya adalah sebagai berikut :
  • Gantungkan kandang atau sangkar pada tempat yang lebih tinggi sehingga tidak akan terganggu dengan segala macam gangguan lingkungan.
  • Berikan pakan dengan gizi tinggi, seperti memberi pakan hidup dan segar sampai burung ocehan anda kembali terlihat bergairah dan segar.
  • Berikan obat antibiotik khusus burung selama beberapa hari. Setelah itu berikan juga multivitamin burung sebanyak 2-3 kali dalam seminggu atau menurut aturan pakai.
  • Mandikanlah burung secara rutin setiap hari, bila perlu mandikan burung setiap pagi dan sore hari selagi cuaca mendukung untuk penjemuran burung.
  • Jemur burung setiap hari, sebelum dan sesudah burung di mandikan antara pukul 7- 9 pagi. Sore harinya bisa di angin-anginkan dengan du gantung tempat yang teduh.
  • Tutuplah kandang dengan kerodong setelah tengah hari sampai sore hari ketika burung akan kembali di angin-anginkan atau di mandikan kembali. Menutup kandang dengan kerodong kain bertujuan untuk meredam suara burung, sehingga diharapkan burung bernafsu untuk berkicau setelah kain penutup kandang di buka.

Baca juga :

Itulah beberapa tips cara membuat burung lebih berkicau yang bisa anda lakukan untuk membedah suara pada burung ocehan anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar, serta ketekunan dalam merawat burung anda, maka burung ocehan anda akan kembali mempunyai suara yang keras dan juga rajin untuk berkicau.

0 komentar:

Post a Comment