Penyebab dan cara mengobati sariawan dengan mudah | Seputar Info Menarik

Penyebab dan cara mengobati sariawan dengan mudah

By

Penyebab dan cara mengobati sariawan dengan mudah

Penyakit sariawan merupakan salah satu jenis penyakit mulut yang disebabkan karena adanya peradangan dibagian mulut bagian dalam.  Sariawan biasanya menyerang selaput pipi bagian dalam, bibir bagian dalam, gusi, lidah, serta rongga mulut bagian dalam. 


Sariawan dalam bahasa kedokterannya disebut dengan stomatitis aftosa adalah merupakan suatu kelainan pada dalam mulut berupa luka dan peradangan.  Sariawan tergolong penyakit yang tidak berbahaya, namun sering kali penyakit sariawan sangatlah mengganggu pada penderitanya dikarenakan akan mengganggu aktivitas mulut pada saat mengkonsumsi makanan atau minuman, karena efek perih yang ditimbulkan oleh penyakit sariawan.

Penyebab dan cara mengobati sariawan dengan mudah

Penyebab sariawan

Penyebab sariawan kebanyakan diakibatkan oleh beberapa faktor diantaranya, daya tahan tubuh yang rendah, luka pada mulut yang disebabkan oleh makanan dan minuman panas, kondisi kebersihan mulut yang buruk, adanya alergi dan infeksi dalam tubuh, luka akibat menyikat gigi terlalu keras, dan juga kekurangan vitamin C, vitamin B dan juga zat besi. Selain itu, penyebab sariawan juga bisa diakibatkan alergi mulut terhadap suatu produk pembersih mulut atau pun pasta gigi, serta adanya bakteri dan jamur didalam mulut. Penyakit sariawan sebenarnya akan sembuh dengan sendirinya setelah masa 14 hari, namun jika dibiarkan begitu saja, sariawan bisa mengganggu akibat timbulnya rasa perih dan sakit, terutama pada saat makan dan minum.

Cara mencegah sariawan

Untuk menghindari penyakit sariawan menyerang mulut anda, ada baiknya melakukan pencegahan terlebih dahulu. Beberapa hal yang harus kita lakukan untuk mencegah penyakit sariawan diantaranya yaitu, menghindari makanan yang terlalu panas, dan juga makanan yang terlalu pedas. Sariawan juga bisa kita hindari dengan cara mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. Dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi juga akan terhindar dari penyakit sariawan yang akan menyerang kita. Banyak minum air putih juga akan membantu kita terhindar dari penyakit sariawan, jadi konsumsilah air putih yang cukup tiap harinya. Karena mencegah akan lebih baik dari pada mengobati sariawan yang sudah terlanjur menyerang mulut anda.

Cara mengobati sariawan

Apabila anda sudah terlanjur terkena sariawan, beberapa obat moderen dan juga obat alami bisa di gunakan untuk menyembuhkan penyakit ini. Diantara obat-obat tersebut yang bisa menyembuhkan jerawat diantaranya yaitu :


PARASETAMOL DAN ASAM MEFENAMAT
Obat ini berfungsi untuk meredakan rasa sakit yang di timbulkan oleh sariawan, namun untuk menggunakan atau mengkonsumsi obat ini harus dengan memperhatikan dosis yang benar, atau dengan menggunakan resep dokter.

PASTA DARI PISANG DAN MADU
Anda bisa membuat pasta dari pisang yang dicampur menggunakan madu untuk mengobati sariawan. Caranya adalah, anda cukup menghaluskan buah pisang, bisa di blender. Setelah halus, campurkan madu secukupnya kemudian oleskan pada luka sariawan.

AIR KELAPA HIJAU
Anda juga bisa mengobati sariawan dengan meminum air kelapa muda, dengan cara dikumur-kumur telebih dahulu kemudian baru ditelan. Air kelapa muda ini sangat baik untuk mencegah peradangan pada penyakit sariawan anda.

KOPI BUBUK
Kopi bubuk juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sariawan. Cara penggunaanya adalah dengan mengolesi luka sariawan menggunakan kopi bubuk. kemudian diamkan hingga kuranng lebih 10 menit, lalu berkumurlah dengan air bersih. 

AIR GARAM
Berkumur menggunakan larutan air garam, akan mempercepat proses penyembuhan pada penyakit sariawan. Caranya larutkan garam makan 1 sendok makan pada air hangat 1 gelas, kemudian aduk hingga garam larut. Gunakan air garam ini untuk berkumur kurang lebih 2 menit. lakukan cara ini 3 kali sehari, dan hasilnya bisa dilihat selama 2 hari.

BAKING SODA DAN GARAM
Anda bisa juga membuat pasta dari baking soda dan garam untuk mengobati sariawann yang anda derita. Caranya, buatlah pasta dari baking soda dengan dicampur dengan sedikit air, kemudian ditambahkan garam secukupnya. Oleskan pasta ini pada bagian luka yang disebabkan sariawan, lakukan 3 kali sehari.

MINYAK KELAPA DAN MADU
Buatlah campuran minyak kelapa yang dicampur menggunakan madu untuk menyembuhkan sariawan, gunakan campuran ini untuk mengoles bagian mulut yang terserang jerawat. Lakukan cara ini malam hari menjelang tidur. Minyak kelapa dan madu sangat baik untuk membasmi bakteri dan jamur penyebab jerawat.

DAUN KEMANGI 
Pada saat anda terserang sariawan, kunyahlah sesering mungkin daun kemangi beberapa lembar kemudian minum air putih. Cara ini juga dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan.

KUNYIT
Selain  digunakan sebagai bumbu dapur, kunyit juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit sariawan. Caranya yaitu dengan memarut kunyit, kemudian campurkan teh gliserin yang juga di haluskan terlebih dahulu, kemudian oleskan pada luka sariawan anda.

YOGURT
Meminum yogurt juga bisa mempercepat proses penyembuhan pada sariawan. Selain sebagai obat, yogur juga bisa untuk mencegah penyakit sariawan, karena yogurt memiliki kandungan acidhopilus.

MENGKONSUMSI VITAMIN
Pada saat terserang sariawan, konsumsilah vitamin C, vitamin B, zat besi serta asam folat untuk memenuhi kebutuhan vitamin pada tubuh anda.

PERBANYAK KOMSUMSI BUAH YANG MENGANDUNG VITAMIN C
Pada saat menderita sariawan, sangat dianjurkan untuk mengkomsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C. 
Itulah ulasan penyebab dan cara mengobati sariawan dengan mudah agar terhindar dan juga bisa mengobati sendiri apabila anda terkena penyakit sariawan. jagalah selalu kebersihan mulut dan gigi, serta perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan untuk mencegah penyakit tersebut. Semoga apa yang di sampaikan diatas, bisa bermanfaat buat anda sekalian, khususnya bagi anda yang saat ini sedang mengalami penyakit sariawan.

0 komentar:

Post a Comment