Aturan menurunkan berat badan | Seputar Info Menarik

Aturan menurunkan berat badan

By

Aturan menurunkan berat badan

Berat badan atau obesitas biasanya akan beresiko rawan terhadap berbagai macam serangan penyakit. Seseorang yang mempunyai berat badan berlebih juga akan lebih terasa cepat lelah saat melalukan aktivitas.

Aturan menurunkan berat badan

Untuk menurunkan berat badan secara sehat, ikuti cara menurunkan berat badan sebagai berikut :


Komsumsi sayuran warna terang

Saat berbelanja, pilihlah sayuran berwarna terang. Warna terang pada sayuran menandakan bahwa sayuran tersebut memiliki kandungan vitamin lebih banyak. Seperti contohnya wortel, tomat, ubi merah dsb. Untuk jenis sayuran daun anda bisa memilih jenis sayuran yang berwarna hijau gelap.

Batasi penurunan berat badan

Berat badan yang proporsional memang menjadi idaman banyak orang. Akan tetapi demi kesehatan, khususnya bagi anda yang memiliki berat badan over weigh, jangan menurunkan berat badan lebih dari 1 kilo gram pada setiap minggunya. Karena berat badan anda akan melonjak kembali setelah menurunkanya secara drastis. Seseorang yang menurunkan berat badan secara drastis biasanya melakukan aktivitas seperti olah raga dengan intensitas tinggi serta menjalankan diet ketat yang justru sulit di pertahankan selama lebih dari beberapa minggu. Selain itu, menurunkan berat badan secara cepat juga akan menghilangkan banyak cairan dalam tubuh. Hal ini justru akan berbahaya bagi anda yang melakukan olah raga berat.

Rutin menimbang badan

Kenaikan berat badan menjadi resiko terbesat bagi kesehatan orang dewasa. Untuk itu, pantaulah beray badan anda secara rutin. Ketika berat badan anda naik, bandingkan angkanya dengan berat badan sebelumnya (hari, bulan, dan tahun). Jika berat badan bertambah, anda mempunyai dua PR (pekerjaan rumah). Segera atur pola makan, dan tambah lagi aktivitaa fisik. Sering kali kenaikan bobot tubuh 1- 3 kilogram tidak dirasakan tanpa bantuan alat timbangan.

Hindari rasa lapar

Dari pada mengkomsumsi menu makanan utama 3 kali dalam sehari, cobalah makan 5 hingga 6 dengan porsi yang lebih kecil. Kuncinya anda tidak memasukan kalori lebih banyak dari biasanya, akan tetapi membagi secara merata sepanjang hari. Strategi ini akan mencegah anda terlalu banyak makan, karena anda tak akan merasa betul-betul lapar. Cara ini juga salah satu cara untuk menjaga metabolisme tubuh agat tidak menurun serta tidak menimbun lemak.

Perbanyak makanan berserat

Serat merupakan salah satu elemen penting dalam pengaturan berat badan. Ada 3 alasan rasional yaitu,

Pertama, makanan yang kaya akan serat biasanya akan lebih lama di kunyah, itu artinya waktu makan akan menjadi lebih lama dan mungkin anda akan menyantap hidangan lebih sedikit.

Kedua, serat akan lebih lama di cerna sehingga anda butuh waktu lama untuk merasa lapar kembali.

Ketiga, memasok serat ke dalam perut sama juga mengkomsumsi spons. Keberadaanya yang selalu di kelilingi cairan akan membuat anda merasa kenyang.

Untuk hasil terbaik, komsumsilah makanan yang mengandung serat 25-35 gram setiap harinya.

0 komentar:

Post a Comment