Tips mencegah keriput di wajah usia dini | Seputar Info Menarik

Tips mencegah keriput di wajah usia dini

By

Tips mencegah keriput di wajah usia dini

Semakin bertambahnya umur seseorang  biasanya akan berdampak pada kulit kita. Salah satunya yaitu kulit akan menjadi keriput. Tentunya kita menginginkan kulit kita tetap sehat dan terlihat awet muda. Untuk mencegah kerutan di wajah, dan juga kulit bagian tubuh lainya, berikut akan kita ulas pencegahannya.

Tips mencegah keriput di wajah usia dini

Penyebab kerutan pada wajah terjadi karena jumlah serat kolagen berkurang, hingga elastin yang fungsinya sebagai pengencang kulit pun berkurang. Penurunan ini di sebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya paparan sinar matahari, polusi, rokok, serta cairan dalam kulit. Namun secara umum, di sebabkan oleh faktor usia. Tetapi apabila kita tidak bisa merawat wajah dengan baik, bukan tidak mungkin kita akan mengalami kerutan di wajah pada usia muda yang di sebabkan oleh beberapa faktor di atas, selain faktor usia.

Untuk mencegah kerutan di wajah


Untuk mencegah kerutan di wajah pada usia muda, ada beberapa hal yang harus di lakukan. Kita wajib menjaga pola makan yang baik, olah raga secara teratur, cukup istirahat, serta menggunakan tabir surya. Dengan melakukan hal tersebut, kemungkinan wajah untuk resiko terjadi kerutan yang menyebabkan wajah menjadi keriput di usia muda akan sangat kecil. Untuk lebih jelasnya, akan kita urai sebagai berikut :

Pola makan yang baik

Menjaga pola makan adalah satu hal untuk mencegah kulit wajah kita dari kerutan pada usia muda. Makanan serta minuman haruslah mengandung protein, vitamin, serta mineral. Di tambah dengan zat-zat yang mengandung anti oksidan seperti vitamin A, vitamin C, vitamin C, selenium,glutation, zinc, yang merupakan zat yang dibutuhkan oleh jaringan kulit untuk termasuk kolagen dan epidermis. Mengkonsumsi makanan-makanan tersebut sangatlah penting agar nutrisi kulit terpenuhi. Selain zat-zat di atas, mengkonsumsi air putih yang cukup juga membantu kulit untuk memperbaiki sel-sel jaringan kulit yang mati. Makin banyak kandungan air di kulit akan menjaga kelembaban serta kekenyalan pada kulit kita.

Olah raga teratur

Berolah raga dan melakukan aktivitas yang bisa melatih kinerja jantung akan sangat membantu elastusitas kulit. Kerja jantung yang baik akan membuat peredaran darah menjadi lancar ke seluruh bagian tubuh. Dengan demikian kebutuhan oksigen untuk jaringan tubuh akan terpenuhi. Dengan terpenuhinya oksigen ke seluruh jaringan tubuh serta kulit, akan mempermudah jaringan sel kulit untuk memperbaiki jaringan yang rusak. Sehingga kulit akan terlihat lebih awet muda.

Istirahat cukup

Waktu istirahat yang baik adalah pada saat tidur malam hari. Usahakan kebutuhan tidur kita tercukupi yaitu dengan waktu selama 8 jam /hari. Waktu tidur adalah waktu di mana jaringan memperbaiki sel-sel kulit. Kurangnya tidur secara terus menerus akan bisa menyebabkan kulit menjadi kusam dan akan cepat mengalami kerutan.

Menggunakan tabir surya

Sinar matahari yang terik akan merusak serat kolagen dan elastin, sehingga akan mengakibatkan penumpukan sel kulit mati. Oleh karena itu pakailah tabir surya pada saat anda bepergian keluar rumah untuk melindungi wajah anda dari paparan sinar matahari langsung agar kulit wajah selalu terlindungi. Pemakaian tabir surya tidak hanya pada kulit wajah anda, tapi juga di aplikasikan pada kulit tangan, kulit leher dan kulit kaki yang bisa terkena sinar matahari langsung.

0 komentar:

Post a Comment