Cara membuat sop iga bakar istimewa | Seputar Info Menarik

Cara membuat sop iga bakar istimewa

By
Resep membuat sop iga bakar istimewa - Sop iga bakar menjadi salah satu masakan favorit diseluruh kalangan masyarakat. Hampir diseluruh pelosok nusantara masakan ini tersedia, karena kenikmatan dan kelezatan dari daging iga sapi yang di olah dengan rempah pilihan. Barang kali anda ingin membuat sop iga bakar istimewa, berikut resep dan cara pembuatannya yang akan kita ulas dibawah ini.

Cara membuat sop iga bakar istimewa

Untuk membuat sop iga bakar resep yang digunakan berbeda dengan resep untuk membuat sop tulang iga yang sudah saya berikan resep sebelumnya. Adapun bahan dan cara pembuatan sop iga bakar adalah sebagai berikut :

Bahan untuk membuat sop iga bakar

Untuk membuat sup iga bakar yang lezat, anda perlu nembutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:
1 kg iga sapi, pilih iga sapi dengan daging yang tebal, lalu potong-potong iga dengan panjang 8 - 10 cm.

Sediakan air sebanyak 1 liter, garam 1 sendok makan, 4 lembar daun salam, 3 lembar daun jeruk, 4 cm lengkuas yang dimemarkan, penyedap bila diperlukan secukupnya.

Bumbu saus sup iga bakar

Setelah anda selesai menyiapkan bahan-bahan untuk sup iga bakar, sekarang tinggal siapkan bumbu yang akan dihaluskan sebagai saus. Yang perlu anda siapkan untuk membuat saus iga bakar yaitu : 3 sendok makan kecap manis, 1 sendok makan gula pasir, 1 sendok teh ketumbar, 4 buah kluwek yang diambil dagingnya, 6 buah bawang merah, 4 siung bawang putih, 5 sendok makan saus tomat, 1 sendok teh pala bubuk, dan 1 sendok makan garam.

Bahan-bahan tersebut anda haluskan menggunakan ulekan atau bisa menggunakan blender.

Bahan kuah sop iga bakar

Nah, setelah semua bahan diatas disiapkan, masih ada bahan lain yang anda perlu siapkan. Bahan-bahan ini dipergunakan untuk membuat kuah sup iga bakar. Adapun bahan-bahannya yaitu, ½ sendok teh gula pasir, 1 buah kluwek ambil dagingnya, 3 buah bawang merah, 2 siung bawang putih, 1½ sendok teh garam.

Seperti untuk bumbu saus, bumbu kuah ini juga anda haluskan dengan cara ulek maupun di blender.

Cara membuat sop iga bakar

Setelah semua bahan untuk membuat sup iga bakar tersedia, kini saatnya anda membuat sup iga bakar, dan cara membuatnya ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Pertama, didihkan air yang sudah disiapkan. Setelah air mendidih, masukan iga sapi yang telah di potong-potong. Masukan juga garam, daun jeruk, daun salam, lengkuas, dan juga bumbu penyedap. Masak hingga daging menjadi empuk. Apabila air berkurang sebelum daging empuk, tambahkan air secukupnya. Setelah daging empuk, angkat kemudian sisihkan terlebih dahulu.
  2. Selanjunya, masak bumbu saus iga dengan kaldu atau air bekas rebusan iga tadi sebanyak 300 ml saja. Masak saus iga dengan api kecil saja hingga saus mengental.
  3. Tahap selanjutnya yaitu membuat kuah sup : masukan bumbu kuah kedalam wajan, tambahkan juga kaldu iga sebanyak 300 ml, masak hingga mendidih, lalu angkat.
  4. Terakhir. Oles iga menggunakan sausnya, kemudian bakar iga sampai harum. Setelah iga bakar matang, hidangkan dengan nasi putih berikut kuah iga.

Nah, itulah tadi cara membuat sop iga bakar yang bisa anda praktekan di dapur anda. Bila anda menikmati sop iga bakar, akan lebih nikmat apabila minumannya es buah segar. Apabila anda belum bisa membuatnya, baca resep membuat es sop buah segar. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment