Cara Mengenali Batu Rafflesia Bengkulu | Seputar Info Menarik

Cara Mengenali Batu Rafflesia Bengkulu

By

Cara Mengenali Batu Rafflesia Bengkulu

Batu akik Rafflesia Bengkulu salah satu batu yang saat ini menjadi primadona baru bagi pecinta batu akik di tanah air. Keindahan warna dan efek fenomenal yang terdapat pada batu ini, membuat Batu Rafflesia Bengkulu semakin diminati dan diburu oleh pecinta batu mulia nusantara.

Namun masih banyak yang terkecoh dengan perwujudan Batu akik Rafflesia Bengkulu yang indah ini, terutama apabila batu ini sudah di bentuk menjadi Loose stone ( Mata cincin / batu lepasan ) atau pun telah di kombinasi dengan bentuk ikatan cincin.

Faktor utama identifikasi awal inilah yang sering mengakibatkan para Buyer ( pembeli ) sering terkecoh dengan Batu akik Rafflesia asal Bengkulu ini. Ini dikarenakan ketidaktahuan dan kurang pahamnya para pecinta batu pada ciri-ciri khas yang terdapat pada batu jenis Rafflesia Bengkulu ini. Apalagi sekilas batu ini apabila dilihat dengan kasat mata, mempunyai kemiripan dengan batu jenis Chalcedony lain terlebih kalau di lihat warnanya. Namun sebenarnya terdapat ciri-ciri khusus untuk bisa mengenali Batu Rafflesia Bengkulu ini dengan mudah.

Cara Mengenali Batu Rafflesia Bengkulu

Dan inilah ciri-ciri atau tanda untuk mengenali Batu akik Rafflesia Bengkulu ;
  1. Batu akik Rafflesia Chalcedony memiliki beberapa fenomena yang yang sangat khas dan jarang ditemukan pada batuan lain, seperti fenomena Cat Eye ( garis sinar melintang dibadan batu yang akan terlihat jika terkena efek cahaya ), Klep air atau Air Koclak, dan Tapak Jalak / Cross Cat Eye (seperti tanda salib).
  2. Batu akik Rafflesia memiliki Serat Sulaiman ( Sulaiman's fiber ), yaitu serat halus bergaris lurus yang terdapat didalam daging batu, yang dapat dilihat secara kasat mata  ataupun pada saat batu di senter. Namun untuk Batu akik  Rafflesia dengan tingkat kekristalan mendekati 100%, serat ini dapat tidak terlihat.
  3. Batu akik Rafflesia memiliki garis genggang yang lurus atau melengkung, yang akan terlihat jika diamati dengan bantuan senter yang akan menimbulkan efek gradasi yang sangat indah.
  4. Untuk varian warna Batu akik Rafflesia Chalcedony, memiliki jenis warna beragam seperti warna merah, merah orange, orange, kuning tua, kuning sunkist, putih bening, ada juga bening kehijauan, warna solar, abu-abu, dan juga kebiruan.
     
Yang paling mudah untuk membedakan Batu Rafflesia Chalcedony adalah, efek fenomenanya yang sangat jarang ditemukan pada jenis batu chalcedony lainnya. Adapun yang serupa
dengan Batu Rafflesia Bengkulu adalah jenis batu Anggur Pacitan, King Obi dari Halmahera, dan yang terbaru adalah Chalcedony dari Lampung.
     
Bagi anda yang belum begitu bisa membedakan batu Batu Rafflesia Bengkulu, dengan Batu Mulia lainnya, mudah-mudahan dengan saya memberikan ciri-ciri diatas sekarang sudah tahu membedakan batu akik Rafflesia dengan batu mulia lainnya. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda khususnya buat anda para pecinta Batu Akik dan Batu Mulia Indonesia.

Itulah ulasan mengenai cara mengenali batu Rafflesia Bengkulu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang saya sampaikan bisa menambah wawasan anda para pecinta batu akik, khususnya batuan nusantara.

0 komentar:

Post a Comment