Pesawat mata-mata terkecil di dunia | Seputar Info Menarik

Pesawat mata-mata terkecil di dunia

By

 Pesawat mata-mata terkecil di dunia

Pernahkah anda melihat mainan RC helikopter kecil di mall? Alat bantu perang pasukan Inggris ini punya pesawat mata-mata terkecil di dunia,  bentuk dan ukuran yang kurang lebih sama seperti helikopter mainan itu. Tetapi bedanya, mainan di mall tidak dilengkapi dengan berbagai kemampuan mutakhir agar dapat meningkatkan ketahanan hidup para prajurit di medan perang.

Pesawat mata-mata terkecil di dunia

Diberi nama pesawat Black Hornet, helikopter pengintai ini punya ukuran cuma 10cm x 2.5cm, cukup kecil untuk disimpan dikantong baju, dan beratnya pun tak lebih dari 16 gram. Tapi biarpun kecil, benda ini cukup diandalkan oleh tentara Inggris di Afghanistan.

Menurut BBC dan Kementrian Pertahanan Inggris, Black Hornet sudah digunakan sebagai drone pengintai semenjak tahun 2012 di Afghanistan. Drone imut ini mempunyai kamera kecil yang dapat mengambil gambar foto maupun video yang bisa dikirim langsung ke alat genggam khusus yang dipakai prajurit.

Karena digunakan di medan perang, pesawat ini pun beda dengan helikopter RC di pertokoan. Jarak jelajah untuk Black Hornet 900 m, maksimum kecepatan 35 km/jam dan mampu terbang selama 30 menit. Drone pabrikan Norwegia ini juga bisa terbang dalam kondisi keras dan berangin. Di Afghanisatn pesawat ini digunakan untuk membantu patroli, prajurit ini juga menggunakan sebagai alat untuk mengetahui posisi musuh ketika baku tembak terjadi.

Tentara Inggris mengakui Black Hornet sangat membantu si lapangan dan kontrolnya pun sangat mudah. Karena kepopuleran ini, Kementrian Pertahanan Inggris kembali memesan lagi sebanyak 160 Black Hornet untuk dipakai di lapangan. Kontrak itu bernilai £20 juta, dan kalau dihitung maka harga per unit mencapai angka £160.000 atau kisaran Rp 2,5 milyar untuk harga lebah elektrik ini. Sungguh fanstastik harga pesawat mata-mata terkecil di dunia ini ya???

0 komentar:

Post a Comment