Tips menjaga daya tahan tubuh | Seputar Info Menarik

Tips menjaga daya tahan tubuh

By

Tips menjaga daya tahan tubuh

Pada peralihan musim kebanyakan akan mengalami penurunan daya tahan tubuh. Faktor cuaca yang tadinya lembab akibat sering mendung, gerimis, lalu hujan secara bertahap berubah ke panas, atau pun sebaliknya dari panas ke hujan, membuat tubuh kita di paksa untuk menyesuaikan diri dengan perubahan cuaca yang tiba-tiba. Inilah yang membuat daya tahan kita menjadi menurun. Ini juga biasa di sebut dengan musim pancaroba, dimana waktu yang ideal bagi virus merajalela, dimana pergerakan virus menjadi lebih aktif. Daya tahan yang menurun menjadi celah bagi virus untuk melancarkan aksinya. Berbagai penyakit akan menyerang daerah pernafasan, seperti batuk pilek, infuenza, tifus, diare, dan gastroentritis.

Tips menjaga daya tahan tubuh

Apabila daya tahan tubuh bagus, penyakit yang disebabkan oleh virus pancaroba tersebut akan hilang dengan sendirinya tanpa menggunakan obat dalam waktu yang tidak lama. Namun apabila dalam waktu lama sakit tidak kunjung sembuh, sistem imun atau daya tahan tubuh kita sedang lemah.
Kunci utama untuk menangkal serangan virus yang banyak menimbulkan berbagai penyakit di atas, adalah dengan menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak menurun seiring dengan perubahan cuaca dengan memperkuat stamina.

Berikut tips menjaga daya tahan tubuh untuk menjaga kesehatan kita di saat musim pancaroba:


Jaga keseimbangan gizi untuk menjaga daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat di bangun dari cukupnya asupan gizi termasuk vitamin dan mineral. Jadi mengkomsumsi makanan yang bergizi pada waktu musim pancaroba haruslah lebih di tekankan. Setiap gizi mempunyai fungsi khusus seperti, protein diperlukan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Jadi tidak ada unsur yang lebih penting selain dengan komsumsi gizi yang seimbang. Penuhi kebutuhan gizi kita dengan mengikuti panduan 4 sehat 5 sempurna.

Makanan

Bagi anda yang banyak melewatkan waktu di luar rumah karena mobilitas yang tinggi, untuk menjaga pola makan dengan baik. Usahakan agar selalu makan tepat waktu, kalau bisa makan makanan yang baru di masak saat kita memesan makanan dan langsung di santap ketika masih hangat. Ini di maksudkan untuk mengecilkan kemungkinan bakteri yang masih hidup.

Tetap berolah raga

Beberapa orang beranggapan bahwa menambah frekuensi olah raga akan dapat memperkuat sistem imun atau sistem kekebalan tubuh kita. Namun hal ini tidaklah sepenuhnya benar. Yang perlu di perhatikan adalah, jangan terlalu over-exercised. Berolah ragalah secara rutin dan teratur, tidak perlu setiap hari. Namun melakukan secara rutin 3-5 kalo dalam seminggu juga sudah cukup. Latihan yang cukup dapat melatih otot-otot pernafasan kita, sehingga daya tahan tubuh akan semakin kuat. Melakukan latihan fisik 45 menit dalam sehari dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita sampai dengan 33%. Pilihan olah raga yang disarankan adalah olah raga yang sederhana seperti jogging, aerobik ataupun senam. Apabila ada waktu dan kesempatan bisa melakukan olah raga renang.

Cukupi kebutuhan antioksidan

Pada musim pancaroba, tambahlah asupan vitamin C anda untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu asupan vitamin A dan Vitamin E juga banyak mengandung antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas pada tubuh kita. Selain terdapat pada jeruk, kandungan ketiga vitamin tersebut juga terdapat pada brokoli, tomat, jambu merah, wortel, buah berry, mangga dan delima merah. Dengan mengkonsumsi buah-buahan setidaknya lima porsi dalam sehari tanpa di masak, mampu mendongkrak daya tahan tubuh kita. Bagi anda yang kurang suka mengkonsumsi buah-buahan tersebut, anda bisa mengkonsumsi suplemen yang direkomendasikan oleh dokter.

Istirahat yang cukup

Syarat utama yang harus di lakukan untuk menjaga kekebalan tubuh yaitu dengan istirahat yang cukup. Istirahat di malam hari adalah suatu kebutuhan. Menurut para ahli, memenuhi tidur malam 8 jam dapat menghindarkan kita dari serangan influenza hingga 30%. Orang dengan yang kurang, daya tahan tubuhnya pasti akan melemah. Hal ini membuat tubuh rentan terhadap serangan virus dan bakteri.

Hindari stres

Begitu banyak hal di sekeliling kita yang dapat memicu terjadinya stres. Mulai dari hal-hal yang kecil seperti saat mengantri di atm atau di teller bank. Pada umumnya orang yang di landa stres tidak bergairah untuk melakukan aktivitas. Termasuk aktivitas wajib seperti makan dan tidur. Bahkan cenderung mencari pelampiasan dengan makan makanan sembarangan guna memenuhi nafsu semata. Maka tak heran bila orang yang sedang mengalami stres akan makan dan minum dengan sembarangan. Hal ini akan mempengaruhi turunya daya tahan tubuh. Selain itu stres juga akan menekan hormon adrenalin. Ini juga salah satu faktor penyebab daya tahan menurun.

BACA JUGA :
TIPS DIET SEHAT
PENYEBAB SERTA MENGATASI KULIT KERING
MENCEGAH TUMBUH UBAN PADA USIA MUDA
CARA MENGHILANGKAN NODA HITAM BEKAS JERAWAT

Nah itu lah tips menjaga daya tahan tubuh. Dengan uraian di atas menyimpulkan bahwa dengan pola hidup yang sehat daya tahan tubuh kita tetap terjaga, dengan makan makanan yang bergizi, jam makan yang teratur, olah raga serta menghindari stres.

0 komentar:

Post a Comment