Mengatasi hp android yang lemot dengan mudah | Seputar Info Menarik

Mengatasi hp android yang lemot dengan mudah

By
HP lemot dan menjadi cepat panas sering membuat para pengguna hp android atau smartphone menjadi kesal . Di saat kita sedang asyik-asyiknya bermain game, atau membuka aplikasi yang sedang kita gunakan tiba-tiba kinerja hp melambat bahkan tidak jarang restart sendiri. Masalah hp android atau smartphone yang cepat panas dan perfomanya melambat banyak dialami oleh banyak orang, termasuk saya yang juga pernah mengalaminya. Namun setelah mengetahui cara untuk mengatasi hp android agar tidak lemot lagi, sekarang hp android saya sudah bisa di gunakan dengan semestinya tanpa harus mengalami lagi yang namanya loading lama atau lelet pada saat menjalankan aplikasi-aplikasi kesayangan saya atau sekedar browsing.

Pada dasarnya, hp android yang perfomanya melambat dikarenakan memory atau RAM yang terdapat pada hp android sudah diambang batas maksimum. Ini di karenakan ruang data pada memory RAM banyak data maupun aplikasi yang menumpuk pada ruang data tersebut. Tanda-tanda hp perfomanya menurun, biasanya ditandai dengan loading aplikasi yang lebih lama, dan terkadang hp menjadi hank. Itu semua dikarenakan memory yang digunakan terlalu banyak, baik itu karena pemasangan widget home screen, penggunaan aplikasi, atau karena ada program yang berjalan dibalik layar seperti antivirus maupun aplikasi lain yang berhubungan dengan sambungan internet, bahkan yang di akibatkan file-file sampah (chache) yang kapasitasnya sebenarnya tidak begitu besar. Apabila hal ini di biarkan saja tanpa melakukan sesuatu untuk mengembalikan perfoma hp anda, maka bisa-bisa baterai hp anda akan cepat ngedrop dan tidak awet.

Baca juga: Tips menghemat serta memperpanjang usia baterai Hp

Mengatasi hp android yang lemot dengan mudah

Cara mengatasi perfoma hp melambat dan cepat panas

Bagi anda yang mengalami hal ini, anda tak perlu kuatir dan tidak perlu ganti hp android anda, karena ada beberapa cara untuk mengatasi hp android anda yang mulai lambat di saat membuka aplikasi. Dengan cara-cara yang akan saya ulas ini, maka perfoma hp anda akan kembali normal.

Beberapa tips untuk mengatasi hp android yang lemot/lambat dengan mudah agar perfoma hp kembali kencang adalah :

Membersihkan cache
Pada setiap anda membuaka aplikasi di hp, maka akan meninggalkan cache atau file sampah dan sering juga disebut histori. Hal ini akan akan mengakibatkan memory RAM menjadi terbebani oleh file-file sampah tersebut. Oleh karen itu, hapuslah cache aplikasi ketika anda sudah selesai membuka aplikasi tersebut.

Ganti penggunaan live wallpaper
Menggunakan live wallpaper atau walpaper bergerak pada background home screen hp akan sangat membebani memori. Ada baiknya anda menggunakan wallpaper berupa gambar atau image biasa saja.

Jangan terlalu banyak aplikasi terinstal
Semakin banyak aplikasi yang terinstal pada hp, secara otomatis akan memakan ruang data pada memori hp. Akibatnya ruang data menjadi berkurang sehingga hp menjadi lemot. Untuk mengatasinya, uninstal aplikasi yang tidak penting atau jarang digunakan oleh anda. Dengan begitu kinerja memori akan lebih ringan sehingga hp tidak menjadi lemot lagi.

Jangan menggunaan widget berlebih
Selain aplikasi terpasang berlebih, penggunaan widget yang terlalu banyak juga akan memakan banyak ruang data di memori RAM hp anda. Untuk itu pakailah widget seperlunya saja agar hp anda kembali memiliki perfoma yang handal dengan loading yang cepat.

Jangan menyimpan aplikasi terpasang di memori Hp/internal
Banyaknya aplikasi dan juga data yang tersimpan di internal memory juga menjadikan kinerja hp anda menjadi lemot. Sebaiknya pindahkan penyimpanan aplikasi dan data pribadi anda dari memory internal ke memory eksternal atau micro SD.

Banyak aplikasi yang berjalan/di jalankan
Aplikasi yang berjalan di balik layar yang terhubung dengan internet seperti facebook, google plus, email, dan aplikasi lain tanpa mengeluarkan akun, juga mengakibatkan kinerja hp android anda menjadi berat dan berakibat perfoma hp melambat. Ada baiknya aplikasi yang terhubung langsung dengan jaringan internet dan tidak terlalu penting, sebaiknya di nonaktifkan setelah anda memakai aplikasi tersebut dengan sign out atau mengeluarkan akun anda dari aplikasi tersebut.

Pemasangan antivirus lebih dari satu
Pemasangan antivirus lebih dari satu aplikasi akan memakai memory lebih banyak. Walaupun antivirus dalam kerjanya tidak terlihat di home screen, namun dia bekerja di balik layar selama hp dihidupkan. Oleh karena itu, baiknya anda pasang 1 antivirus saja, dengan menginstal antivirus terbaik untuk hp Android yang banyak direkomendasikan untuk perlindungan hp android anda.

Terkena virus
Hp yang terkena virus akan merusak sitem yang ada pada sistem adroid juga akan mengakibatkan hp anda berjalan sangat lambat. Solusinya gunakan antivirus yang mempunyai rating baik untuk perlindungan sistem android anda. Namun apabila virus tidak bisa diatasi, ada baiknya anda me-reset data factory atau menyetel ulang buatan pabrik untuk mengatasinya. Namun sebelum anda menyetel ulang hp android anda, back up terlebih dahulu data atau file-file penting dalam hp anda.

Itulah beberapa cara bisa anda lakukan untuk mengatasi hp android yang lemot dengan mudah yang bisa saya berikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan dengan mengikuti cara diatas tadi, hp anda akan kembali normal dengan loading yang cepat saat membuka aplikasi tanpa ada yang namanya hp nge-hank pada waktu digunakan. Buat anda yang akan mengganti hp android anda, baca juga tips memilih smartphone berkualitas baik sebagai referensi bagi anda untuk memilih hp terbaik.

0 komentar:

Post a Comment