Mengatasi keputihan dengan cara alami | Seputar Info Menarik

Mengatasi keputihan dengan cara alami

By

Mengatasi keputihan dengan cara alami

Bagi anda khususnya kaum wanita, jangan pernah meremehkan penyakit keputihan, terlebih bila mengalami keputihan abnormal. Ada beberapa cara alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi dan mengobati keputihan abnormal, yang akan kita ulas pada kesempatan kali ini, khususnya keputihan abnormal dan bukan keputihan biasa.

Mengatasi keputihan dengan cara alami

Keputihan (flour albus) sebetulnya adalah hal yang wajar khususnya bagi kaum wanita. Karena biasanya wanita akan mengalaminya setiap bulan, baik pada saat menjelang siklus menstruasi, sehabis menstruasi atau pada masa subur. Namun keputihan akan menjadi masalah tersendiri apabila sudah menjadi keputihan abnormal (patologis). Keputihan abnormal ini ditandai dengan adanya infeksi disebabkan oleh bakteri, virus, jamur atau parasit yang bisa menyebabkan rasa gatal pada bagian dalam maupun bagian luar organ wanita. Bukan hanya itu, infeksi pada keputihan abnormal juga bisa menyebabkan peradangan pada saluran kencing wanita sehingga akan terasa pedih pada saat buang air kecil. Selain itu keputihan abnormal biasanya akan membuat organ wanita mengeluarkan bau yang tidak sedap yang diakibatkan oleh bakteri. Oleh karena itu pada kesempatan ini saya akan ulas cara untuk mengatasi keputihan yang dikeluhkan oleh banyak wanita.

Penyebab keputihan

Secara umum, banyak yang menjadi penyebab keputihan diantaranya, dikarenakan ketidakseimbangan hormon, gejala penyakit tertentu, rusaknya keseimbangan bilogis disekitar area organ intim, memakai celana dalam yang ketat dengan bahan tidak menyerap keringat, jarang mengganti panty liner, membilas organ intim dengan air tercemar bakteri, cara pembilasan organ intim yang salah, sering bertukar handuk atau celana dalam dengan orang lain, terlalu capek, stress, terlalu lama mengganti pembalut saat menstruasi, pola hidup tidak sehat, terlalu sering berendam air hangat dan dingin, kadar gula dalam darah naik, seringnya menggaruk organ intim, tidak menjaga kebersihan organ intim, sering melakukan hubungan seksual dengan berganti pasangan, dan sebagainya.

Tanda-tanda terkena keputihan abnormal

Tanda-tanda terserang keputihan abnormal bisa dilihat dari cairan yang keluar dari organ intim diantaranya, adanya nanah pada saat buang air kecil, keputihan yang disertai bau tidak sedap, peradangan pada organ intim, terasa gatal didalam dan luar organ intim pada saat mengalami keputihan, sakit pada organ intim pada saat ditekan, terjadi benjolan kecil dalam organ intim (biasanya mendandakan penyakit berbahaya). Kemudian kalau melihat dari cairan yang keluar pada saat mengalami keputihan abnormal yaitu, cairan kental berwarna kuning kehijauan, cairan kental seperti putih susu dengan bau tidak sedap, cairan tidak terlalu kental berwarna abu-abu, dan juga cairan berbuih dengan bau amis. Apabila anda mengalami hal seperti ini, menandakan bahwa anda terkena keputihan abnormal.

Mengatasi dan mengobati keputihan abnormal

Bagi anda yang mengalami keputihan abnormal, anda bisa mengatasi dan mengobati menggunakan bahan-bahan alami. Adapun bahan alami yang bisa anda gunakan diantaranya :
Daun sirih
Caranya adalah, ambil 10 sampai 15 lembar daun sirih yabg ditambah dengan daun jambu biji. Kemudian rebus kedua bahan tersebut yang sebelumnya telah dicuci bersih. Rebus menggunakan air sebanyak 2000cc hingga air tersisa setengahnya. Kemudian air rebusan daun sirih dan daun jambu tadi disaring, gunakan untuk mencuci organ intim. Lakukan hal ini secara rutin tiap harinya.

Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan anti oksidan dan anti jamur yang tinggi hingga mampu membunuh bakteri. Pada saat mengalami keputihan abnormal, perbanyaklah mengkonsumsi bawang putih. Akan lebih baik jika anda memakan langsung bawang putih yang masih dalam keadaan mentah.

Cuka apel

Cuka apel mempunyai khasiat sebagai pembunuh jamur dan bakteri. Oleh karenanya, cuka apel juga sangat baik untuk mengatasi keputihan yang anda derita. Caranya cukup mudah, campurkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam air yang hendak digunakan untuk mencuci organ intim. Lakukan cara ini 2 kali sehari, dan hindari pemakaian berlebih karena bisa mengakibatkan kulit organ mengelupas.

Kunyit

Selain cara diatas, anda juga bisa membuat ramuan atau jamu yang terbuat dari bahan kunyit, daun sambiloto, dan kulit delima yang dikeringkan. Caranya yaitu, kunyit potong-potong + 10 gram daun samboloto + 15 kulit delima kering. Rebus dengan air 800 cc hingga tersisa setengahnya. Minum 1 gelas 2 kali sehari.

Baking soda

Fungsi baking soda yaitu untuk keseimbangan ph  pada organ intim sehingga bisa meringankan rasa gatal akibat infeksi jamur.Tambahkan setengah 100 cc baking soda pada air untuk berendam. Bersihkan organ intim anda hingga benar-benar bersih.

Cara diatas hanyalah untuk mengobati atau mengatasi keputihan abnormal yang ditimbulkan oleh bakteri atau virus. Sedangkan keputihan yang disebabkan oleh penyakit berbahaya, anda harus konsultasikan lebih lanjut dengan dokter untuk penanganannya. 

0 komentar:

Post a Comment