Tips mencari pekerjaan dan berwirausaha agar sukses | Seputar Info Menarik

Tips mencari pekerjaan dan berwirausaha agar sukses

By
Tips mencari pekerjaan dan berwirausaha agar sukses - Bagi lulus sekolah tingkat atas maupun lulus kuliah tentu menjadi hal yang sangat menggembirakan sekaligus membanggakan. Namun dibalik kegembiraan kelulusan anda itu, terkadang terselip rasa gundah dikarenakan anda juga harus memikirkan kedepannya seperti apa, mau lanjut pendidikan, mencari kerja, atau berwirausaha. Hal ini pasti banyak dirasakan banyak orang dan sesuatu yang wajar dimana anda akan melangkah ke pengalaman baru.

Agar sukses dalam bekerja dan berwirausaha

Berbeda dengan orang-orang yang mempunyai keluarga mapan yang punya usaha sukses, mungkin selepas kuliah mereka tidak terlalu memikirkan hal ini, karena bisa saja mereka sudah ada modal dengab hanya melanjutkan usaha orang tua, atau membuat usaha baru. Tentunya hal ini bertolak belakang dengan orang yang berlatar belakang dari keluarga pas-pasan, dimana harus menentukan pilihan yang tepat untuk masa depanya. Namun begitu, bagi yang dari keluarga pas-pasan secara materi, anda pun punya peluang untuk menjadi wirausaha. Jadi jangan merasa pesimis karena anda pun bisa menjadi pengusaha sukses nantinya.

Agar sukses dalam bekerja dan berwirausaha

Bagi anda yang ingin mencari pekerjaan maupun berwirausaha selepas kuliah, berikut beberapa tips yang bisa dijadikan referensi anda untuk mewujudkan cita-cita dan mimpi anda.

Skill / kemampuan
Memiliki skill atau kemampuan lebih dibandingkan dengan kompetitor lain sudah harus manjadi hal yang mutlak anda miliki. Hal ini penting untuk memenangkan persaingan dalam dunia kerja, baik itu menjadi karyawan maupun jadi pengusaha. Karena disitulah nilai jual yang kita tawarkan, baik kepada pemberi kerja atau pemberi job dan juga konsumen nantinya. Hal ini akan menjadi pertimbangan bagi mereka yang akan menggunakan jasa anda atau produk-produk anda.

Motivasi
Selain mempunyai skill, anda juga harus punya motivasi yang kuat. Ini adalah suatu energi yang akan memberikan gairah kepada anda, sehingga hasil yang anda capai akan maksimal. Oleh karenanya, kita harus gali dan kembangkan potensi yang ada pada diri kita semaksimal mungkin. Karena motivasi sebagai mesin penggerak yang ampuh untuk memajukan dan mengembangkan potensi kita untuk berkompetisi dalam dunia kerja maupun dunia usaha. Dengan motivasi tinggi, target mencapai sesuatu bisa dicapai dengan cepat.

Target
Dalam memilih pekerjaan maupun usaha, kita memerlukan target atau sasaran yang kita bidik. Bagaimana agar target itu bisa tercapai??. Tentu kita harus memiliki target yang realistis yang sesuai dengan keahlian kita. Semakin tinggi target yang ingin kita capai, maka kita harus meningkatkan kemampuan dan keahlian kita untuk mencapai target kita. Sebagai contoh untuk yang mencari kerja, misalnya anda ingin menjadi manajer keuangan disuatu perusahaan, maka kita juga harus meningkatkan pengetahuan kita tentang keuangan. Kemudian contoh yang berwira usaha, misalanya anda penjual produk makanan, anda juga harus meningkatkan pengetahuan soal makanan. Misalnya makanan seperti apa saja yang paling disukai oleh masyarakat, selain strategi pemasaran yang jitu dengan menguasi pasar tentunya. Dalam mengejar target sudah pasti harus bekerja dengan keras, usahakan jangan pernah menyerah dan untuk mengejar target anda.

How to achieve
Untuk memperoleh apa yang kita inginkan banyak strategi yang bisa kita lakukan untuk mencapainya. Kita bisa memilih apakah kita mau jadi karyawan atau menjadi wirausahawan. Yang tepenting kita tahu skill yang ada pada diri kita, apa kemampuan yang terdapat pada diri kita. Baik menjadi karyawan maupun usahawan harus mempunyai skill tersendiri dibidang yang akan di geluti, memecahkan kendala-kendala yang akan dihadapi, dan bagaimana kita memecahkan masalah tersebut. Lalu target yang akan kita capai dalam waktu tertentu harus dibuat blueprint supaya langkah-langkah menuju target tidak menyimpang, sehingga target bisa kita capai pada tepat waktu.

0 komentar:

Post a Comment