Menghilangkan komedo dengan cara alami | Seputar Info Menarik

Menghilangkan komedo dengan cara alami

By

Menghilangkan komedo dengan cara alami

Sama halnya seperti jerawat, komedo yang terdapat pada wajah kita juga akan sangat mengganggu penampilan. Walaupun tidak separah jerawat, memiliki wajah yang berkomedo bagi sebagian orang juga akan mengurangi rasa percaya diri, terlebih pada kaum wanita. Oleh karena itu kita harus tau cara untuk mengatasi dan menghilangkan komedo dari wajah kita, agar kulit wajah menjadi halus mulus. Dengan begitu anda bisa tampil lebih percaya diri, dengan wajah bebas komedo.

Menghilangkan komedo dengan cara alami

Penyebab komedo

Komedo muncul pada wajah disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebih, sehingga membuat pori-pori wajah menjadi tersumbat minyak. Oleh karenan itu, untuk mengurangi komedo pada wajah, kita harus bisa mengatasi minyak berlebih pada wajah agar komedo bisa berkurang. Karena minyak berlebih pada wajah, akan menjadi salah satu sebab tumbuhnya komedo. Apabila anda mempunyai wajah dengan minyak yang berlebih, dengan hanya membersihkan wajah, baik menggunakan pembersih wajah maupun mencuci muka saja, itu tidaklah cukup untuk menghentikan pertumbuhan komedo.

Jenis komedo

Sedangkan untuk komedo sendiri ada dua jenis, yaitu komedo putih (whitehead) dan komedo hitam (blackhead). Adapun ciri komedo putih yaitu dengan bintik-bintik kecil di pori-pori yang tertutup, atau yang biasa disebut komedo cacing , sedangkan komedo hitam nampak pori-pori yang melebar dengan warna kehitaman.

Mengurangi dan mencegah komedo

Untuk mengurangi komedo diwajah bisa dilakukan dengan selalu membersihkan wajah dengan cara mencuci wajah minimal 3 kali sehari. Selain itu, kurangi jenis makanan yang banyak mengandung kalori dan lemak, serta makanan pedas. Khusus buat wanita, kurangi pemakaian bedak padat, dan juga founfation atau alas bedak. Hindari juga memencet komedo menggunakan jari tangan, apabila terpaksa dipencet menggunakan jari, cucilah wajah menggunakan alkohol atau larutan antideptik agar tidak terjadi peradangan.

Cara menhilangkan komedo denga cara alami

Berikut adalah cara alami yang bisa anda lakukan untuk mengurangi dan menghilangkan komedo pada wajah anda.

Lemon
Ambil 1 buah lemon kemudian belah menjadi 2 bagian, lalu peras ambil airnya. Usapkan air perasan buah lemon ke wajah yang berkomedo secara merata, dan diamkan selama -+ 5 - 10 menit. Selanjutnya bilas wajah anda menggunakan air dingin hingga bersih. Lakukan langkah ini setiap hari sampai komedo diwajah anda berkurang dan menghilang.

Madu
Kita tahu berbagai madu mempunyai banyak sekali manfaat dan khasiat untuk kesehatan, dan juga bahan kecantikan. Madu juga menjadi bahan alami untuk menghilangkan komedo dari wajah. Caranya adalah : ambil madu murni secukupnya, lalu hangatkan madu dengan api kecil. Oleskan madu hangat ke permukaan wajah anda yang berkomedo secara merata. Diamkan selama 20 - 30 menit, lalu bilas menggunakan air bersih.

Lidah buaya
Lidah buaya banyak dimanfaatkan untuk kecantikan. Salah satu khasiat lidah buaya juga bisa mengatasi jerawat pada wajah anda. Cara yang bisa anda lakukan yaitu, ambil 1 batang lidah buaya ukuran sedang lalu ambil dagingnya. Jadikan daging lidah buaya menjadi jeli dengan cara diremas-remas atau menggunakan blender. Oleskan jeli lidah buaya ke wajah secara merata, dan diamkan selama 15 - 20 menit, kemudian bilas wajah anda menggunakan air bersih.

Uap air panas ( penguapan )
Selain cara diatas, anda juga bisa melakukan penguapan menggunakan air panas untuk mengeluarkan komedo dari wajah anda. Caranya yaitu, tuangkan air panas ke dalam wadah baskom kecil. Uapkan wajah anda diatas air panas tersebut dengan jarak 20 - 30 cm dari air, tutup kepala anda menggunakan handuk agar uap tidak keluar. Lakukan cara ini 5 - 10 menit, lalu ambil komedo yang keluar menggunakan kapas atau cotton bud.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi dan menghilangkan komedo, baik komedo putih maupun komedo hitam. Dengan melakukan cara diatas secara rutin dan telaten, niscaya komedo yang ada pada wajah anda menjadi hilang. Sedangkan bagi anda yang saat ini sedang berjerawat, baca juga cara mengatasi jerawat yang membandel, yang telah saya ulas sebelumnya. 

0 komentar:

Post a Comment