Hati-hati kafein bisa menaikan kadar gula darah | Seputar Info Menarik

Hati-hati kafein bisa menaikan kadar gula darah

By
Mungkin anda belum tahu bahwa kafein pada minuman teh atau kopi bisa bereaksi berbeda pada orang sehat tanpa diabetes, dan orang-orang yang terkena diabetes. Studi yang dilakukan Duke University Medical Center menemukan, menghindari kopi atau teh mungkin dapat membantu orang-orang yang terkena diabetes mengendalikan gula darah, agar tetap sehat.

Hati-hati kafein bisa menaikan kadar gula darah
Para periset mengikuti kondisi kadar gula darah pada 10 peminum kopi dengan diabetes tipe 2 selama 72 jam. Pada hari dimana subjek minum 4 cangkir kafein, ternyata kadar gula darahnya naik menjadi 8%.
Sementara studi-studi lain menunjukan, minum kopi dapat mencegah diabetes. Oleh karena itu kini para periset menyimpulkan, efek yang ditimbulkan kafein akan berbeda-beda antara orang-orang yang sudah terkena diabetes, dan orang-orang yang tidak terkena diabetes. Apabila anda punya diabetes tipe 2, maka para periset menganjurkan untuk berhenti meminum teh atau kopi.

Sementara itu studi di University of Guelph yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukan, meminum 1 cangkir kopi sebelum sarapan serealia rendah gula, akan membuat seseorang beresiko lebih tinggi diabetes tipe 2. Menurut para periset, kafein yang terdapat dalam kopi dapat mengubah respon tubuh terhadap gula.

Dalam melakukan risetnya, para periset menggunakan 2 jenis serealia. Yang satu dengan kandungan gula rendah dan yang lainnya dengan kandungan gula sedang. Kemudian mengamati perbedaan respon ketika pria sehat yang minum kopi berkafein dan kopi dekaffeinnated satu jam sesudah makan sarapan. Hasilnya menunjukkan bahwa, kadar gula darah pada subjek yang makanan serealia rendah gula melonjak hingga 250% lebih tinggi ketika mereka minum kopi berkafein, dibanding ketika mereka minum kopi decaf.

                  Penyebab sakit pinggang serta cara penyembuhannya

Menurut para riset kafein dapat menghambat tubuh kita merespon terhadap insulin membuat kita resisten terhadap insulin yang selalu akan membuat kadar gula darah menjadi tinggi loncatan gula darah beberapa kali dalam sehari dapat berefek buruk pada kesehatan orang-orang yang beresiko diabetes tipe 2 harus berhati-hati dan mempertimbangkan meminum kopi dekaffeinated. (Sumber : Situs Prevention)

0 komentar:

Post a Comment