Jenis hewan yang dapat memprediksi hujan | Seputar Info Menarik

Jenis hewan yang dapat memprediksi hujan

By

Jenis hewan yang dapat memprediksi hujan

Hewan memiliki berbagai kemampuan yang tidak dimiliki oleh manusia dan bahkan memiliki kemampuan lebih dari manusia, termasuk memprediksi akan datangnya hujan.  Dan apabila digunakan dengan benar, maka hewan-hewan ini dapat membantu manusia untuk mengetahui hujan akan turun ataupun tidak. Berikut ini hewan yang dapat memprediksi hujan.

Semut hewan yang dapat memprediksi hujan

Semut

Hewan yang mempunyai koloni yang banyak ini akan membuat sarang yang lebih tinggi apabila akan terjadi hujan agar air tidak bisa masuk kedalam sarangnya. Dan apabila hari akan hujan, hewan ini juga akan berhenti mencari makanan dan berkumpul dibawah dedaunan. Semut merah dan semut hitam dalam mempersiapkan cuaca buruk, mereka akan membuat sarang berupa gundukan tanah yang tinggi, dan kokoh untuk perlindungan dari genangan air hujan.

Domba hewan yang dapat memprediksi hujan

Domba

Hewan yang dimanfaatkan baik daging maupun bulunya ini, mempunyai kebiasaan yang bisa dijadikan pertanda bahwa mau turun hujan. Apabila domba-domba berkumpul dalam jumlah yang besar dipadang rumput, maka bisa menjadi tanda bahwa esok harinya akan turun hujan, dan bersamaan datangnya cuaca buruk, seperti angin kencang, dan badai, hewan ini pun akan saling berdesakan menjadi perisai satu sama lain.

Kelelawar hewan yang dapat memprediksi hujan

Kelelawar

Hewan ini juga bisa menandakan kalau akan datang turunya datangnya hujan, yaitu dengan terbang rendah untuk mencari tempat pelindungan, walaupun sebenarnya pada hujan ringan dia masih bisa dapat terbang. Walaupun kelelawar merupakan jenis hewan yang dapat nemprediksi datangnya hujan, namun dia tidak suka dengan air hujan. Karena apabila bulunya basah terkena hujan, akan menjadi sulit terbang dan juga merasakan kedinginan. Oleh karenanya apabila mengetahui akan turun hujan, hewan ini segera terbang rendah untuk segera berlindung.

Sapi hewan yang dapat memprediksi hujan

Sapi

Hewan lain yang dapat memprediksi hujan lainnya yaitu sapi. Hewan penghasil susu ini, akan menunjukan kegwlisahannya, dan kumpulan sapi akan berbondong-bondong untuk mencari twmpat berteduh saat mereka mengetahui hujan akan turun. Selain itu, sapi-sapi juga akan menggerak-gerakan ekornya lebih sering, atau berbaring dipadang rumput untuk menjadikan tanah lebih kering. Walau sedang makan dipadang rumput, namun apabila akan turun hujan, hewan yang juga digunakan sebagai alat transportasi ini juga akan berhenti makan dan mencari tempat untuk berlindung.

Katak hewan yang dapat memprediksi hujan


Katak

Pada saat akan turun hujan, hewan yang banyak hidup didaerah tropis ini akan keluar dari air. Sedangkan katak yang berada ditanah yang kering, katak akan mengeluarkan suara bersamaan dengan suara yang keras. Sebetulnya kebiasaan mereka mengeluarkan suara pada musim hujan, dikarenakan kelembaban yang tinggi, sehingga menyebabkan katak akan sulit bernafas. Untuk itu mereka akan menambah jumlah oksigen dengan melalui bunyi yang keras melalui leher.

Burung walet hewan yang dapat memprediksi hujan

Burung walet

Burung yang banyak dimanfaatkan karena air liurnya ini juga bisa memprediksi hujan. Burung ini akan terbang tinggi apabila cuaca sedang cerah. Namun apabila akan turun hujan, burung ini akan terbang rendah dan kembali kesarangnya untuk berlindung. Maka dapat dipastikan jika rumah-rumah penangkaran burung walet yang liurnya berharga mahal ini, maka menjadi pertanda bahwa akan turun hujan.

Kupu-kupu hewan yang dapat memprediksi hujan

Kupu-kupu

Hewan dengan sayapnya yang cantik ini akan menunjukan perilakunya yang dapat dijadikan pertanda bahwa akan turun hujan. Apabila hari akan turun hujan, hewan yang berumur pendek ini akan pergi dari bunga yang dihinggapinya, untuk kembali kesarangnya untuk berteduh. Mereka tidak akan keluar sebelum hujan berhenti dan cuaca menjadi cerah kembali.

Itulah tadi Jenis hewan yang dapat memprediksi hujan. Dengan melihat perilaku hewan-hewan tersebut, kita bisa mengetahui, apakah hari akan turun hujan atau tidak.

0 komentar:

Post a Comment