Cara hidup sehat yang mudah dan sederahana | Seputar Info Menarik

Cara hidup sehat yang mudah dan sederahana

By

Cara hidup sehat yang mudah dan sederahana

Seberapakah sehat anda? Apakah anda memiliki pola makan yang sehat? Apakah anda beolah raga secara teratur? Apakah anda minum air putih setidaknya 8 gelas perhari? Apakah anda cukup tidur setiap harinya? Apakah anda sudah menerapkan cara hidup sehat yang benar?. Hidup ini kan terasa indah dan anda tidak ingin melewatkanya dengan masalah kesehatan yang tidak perlu bukan?. Untuk itu perhatijan kesehatan dan asupan anda dengan cara hidup sehat. Kesehatan yang baik bukan hanya tentang fisik, namun juga termasuk sehat mental dan gaya hidup sehat.

Cara hidup sehat yang mudah dan sederahana

Berikut ini 6 cara hidup sehat yang akan membuat anda lebih menghargai tubuh anda.


1. Minum lebih banyak air putih

Sebagian besar daru kita sangat kurang minum cukup air putih setiap harinya. Sedangkan air putih sendiri sangat penting bagi tubuh kita. Apakah anda tahu lebih dari 60% tubuh kita terdiri dari air ? Air diperlukan untuk melaksanakan fungsi tubuh kita, seperti membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh kita. Karena kita kehilangan air setiap harinya melalui urin, buang air besar, keringat dan pernafasan, kita perlu menggantikan asupan air yang terbuang pada tubuh kita. Jumlah air yang kita butuhkan tergantung pada berbagai faktor, seperti kelembaban, aktivitas fisik, dan berat badan. Tetapi pada umumnya kita memerlukan 2,7 - 3,7 liter asupan air setiap harinya. Karena dari makanan menyumbang asupan air sekitar 20% dari asupan air kita. Itu berarti, kita harus minum air putih sekitar 2-3 liter setiap harinya, atau setara dengan 8-10 gelas. Salah satu tanda dehidrasi atau kekurangan asupan cairan ialah air urin anda tidak berwarna kekuningan atau bening, kemudian bibir dan mulut kering, dan sedikit buang air kecil.

2. Cukup tidur dan istirahat
Cukupkanlah tidur anda apabila anda tidak bisa beristirahat dengan baik dan cukup. Istirahat yang cukup, dan anda tidak usah membuang waktu dengan makanan cemilan agar anda terjaga. Akibat kurangnya tidur akan mengakibatkan penuaan dini, wajah terlihat pucat dan kusam. Tentunya anda tidak menginginkan seperti itu bukan?

3. Berjalan tanpa alas kaki
Berjalan / berlari tanpa menggunakan alas kaki. Ada banyak manfaat apabila anda berjalan / berlari tanpa
menggunakan alas kaki seperti, anda akan memiliki postur tubuh yang bagus, menghilangkan stres pada kaki anda, mengurangi stres pada sendi, juga memperlancar tekanan darah. Usahakan berjalan di jalanan yang kasar ataupun berbatu dan lakukan secara rutin.

4. Olah raga
Bukan hanya beberapa sehari, namun bila dilakukan secara rutin setiap hari untuk melakukan olah raga. Penelitian membuktikan bahwa, olah raga setiap hari membawa manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, termasuk bisa memperpanjang umur, menurunkan resiko terserang penyakit, kepadatan tulang, serta menurunkan berat badan sehingga berat badan anda akan seimbang dengan tinggi badan.
 
5. Makan buah-buahan
Dalam buah-buahan banyak terkandung vitamin dan mineral. Perbanyaklah makan buah-buahan setiap harinya. Seperti buah jeruk yang memberikan manfaat lebih bagi kesehatan dibandingkan dengan mengkonsumsi pil Vitamin C. Makanlah buah-buahan yang banyak nutrisinya seperti, Semangka, Aprikot, Alpukat, Apel, Melon, Jeruk, Kiwi, Jambu, Pepaya, Strawberi.

6. Komsumsi sayuran
Seperti halnya buah-buahan, sayuran juga sangat penting buat tubuh kita. Para ahli menyarankan untuk memiliki 5-9 porsi buah/sayuran perhari. Sayangnya kebanyakan orang hanya dibawah 5 porsi perhari. Makanlah sayuran seperti, kacang merah, kacang hitam, asparagus, kacang panjang, kecambah, jamur kancing, wortel, dan masih banyak lagi sayuran yang lain.

0 komentar:

Post a Comment