MITOS MEMBERSIHKAN PERHIASAN DAN BATU MULIA | Seputar Info Menarik

MITOS MEMBERSIHKAN PERHIASAN DAN BATU MULIA

By

MITOS MEMBERSIHKAN PERHIASAN DAN BATU MULIA

Cara agar perhiasan anda tetap cantik dan berkilau serta tidak memudar, khususnya batu akik dan batu mulia tentu anda akan merawatnya dengan baik. Tapi ternyata banyak informasi yang salah beredar seputar cara membersihkan perhiasan. Jika anda salah memilih metode untuk membersihkan perhiasan, tentu bukan indah yang akan didapat melainkan perhiasan anda akan rusak dan akan mengurangi keindahannya waktu dipakai.

Cara membersihkan perhiasan dan batu mulia mitos atau fakta

Berikut ini adalah informasi yang beredar seputar cara membersihkan perhiasan. Kira-kira cara yang dilakukan dibawah ini benar atau salah??

Mitos membersihkan dengan pasta gigi

Mitos umum yang banyak dipercaya orang adalah pasta gigi merupakan solusi yang murah untuk membersihkan perhiasan. Tetapi informasi ini salah besar, karena pasta gigi justru akan merusak emas, berlian dan batu mulia lainnya. Hal ini dikarenakan pasta gigi biasanya mengandung material abrasif untuk mengangkat sisa makanan dan membersihkan plak gigi. Material abrasif ini bisa menggores logam mulia, dan batu permata pada perhiasan anda. Tidak hanya itu, material ini juga bisa merusak warna dan kilau pada mutiara dan opal.

Mitos dibersihkan dengan air mendidih

Dibersihkan dengan air mendidih justru dapat merusak batu permata dan logam mulia. Panas dapat membuat logam memuai dan dapat menyebabkan batu terlepas dari posisinya. Beberapa batu mulia bahkan bisa patah atau retak ketika direndam dengan air mendidih dan di bilas dengan air dingin, seperti batu Zambrut, garnet, opal, peridot, tanzanite, tourmaline.

Mitos membersihkan dengan alkohol

Membersihkan perhiasan dengan alkohol juga merupakan mitos belaka. Banyak yang percaya bahwa alkohol dapat digunakan untuk merendam dan membersihkan perhiasan untuk menghilangkan minyak yang tertinggal di perhiasan. Tapi faktanya, alkohol sendiri terdiri dari berbagai bahan kimia yang justru dapat meninggalkan selaput atau lapisan pada perhiasan anda. Kemudian lambat laun akan menghilangkan kilau dari perhiasan anda.

Itulah beberapa mitos yang beredar dikalangan masyarakat kita sekarang ini. Apabila perhiasan atau batu mulia anda dibersihkan dengan cara diatas, maka kelamaan batu mulia dan perhiasan anda akan rusak. Sebenarnya membersihkan perhiasan tidaklah sulit, cara yang terbaik dengan datang ke toko perhiasan dan mempercayakan ditangan yang sudah ahli. Namun ada cara yang bisa kita lakukan sendiri yaitu dengan menggunakan sabun mandi dan air kemudian gosoklah dengan sikat gigi dengan cara menggosok perlahan. Tapi cara ini tidak bisa digunakan untuk membersihkan mutiara. Kalau untuk mutiara cara pembersihannya cukup mengelapnya dengan kain yang lembut.

BACA JUGA :
MITOS BATU FOSIL MANI GAJAH
MISTIS BATU KALIMAYA
CARA MERAWAT BATU AKIK DAN BATU MULIA


Itulah  sobat artikel kali ini, semoga anda tidak lagi salah kaprah dalam membersihkan perhiasan serta batu mulia anda.

0 komentar:

Post a Comment