Khasiat sayuran dan buah berdasarkan warna bag 3 | Seputar Info Menarik

Khasiat sayuran dan buah berdasarkan warna bag 3

By

Khasiat sayuran dan buah berdasarkan warna bag 3

Setelah anda baca khasiat sayuran dan buah berdasarkan warna bag 2, dimana, disitu telah diulas mengenai khasiat buah berwarna merah,biru, ungu, hijau, serta oranye, kini kita meningkat urutan selanjutnya ke bagian terakhir pembahasan kita mengenai manfaat serta khasiat buah dan sayuran berdasarkan warna. Dan pada artikel ini akan kita bahas sayur dan buah yang berwarna kuning dan putih.

Khasiat sayuran dan buah berdasarkan warna bag 3

Khasiat buah dan sayuran berwarna kuning

Buah dan sayuran yang berwarna kuning mengandung pigmen beta-cryptoxanthin, luutein, dan zeaxanthin. Beta cryptoxanthin terbukti berperan penting sebagai pencegah osteoporosis, terutama pada perempuan pada pasca monopouse. Lutein dan zeaxanthin adalah bahan yang menyebabkan sayuran atau buah yang tadinya berwarna hijau menjadi kuning. Bagi tubuh, bahan ini bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan DNA, juga mengurangi resiko kanker, dan tumor. Buah-buahan dan sayur-sayuran yang berwarna kuning seperti pisang, mengandung kalium yang bermanfaat memperlancar pengiriman oksigen ke otak, memicu kerja otot dan saraf, mengendalikan tekanan darah, mempertahankan keseimbangan cairan tubuh, juga memberikan karbondioksida dari darah. Mengonsumsi pisang dapat membantu tubuh menjadi lebih segar serta menurunkan resiko terjadinya stroke.

Selain buah, bumbu masakan yang dikenal membawa warna kuning seperti kunyit, yang juga memiliki kandungan utama kurkumin yang menyebabkan kunyit berwarna kuning. Kurkumin memiliki khasiat menghancurkan mutasi sel kanker sehingga menurunkan resiko kanker pencernaan, payudara, leukimia, juga penyebaran kanker ke organ lain. Disamping itu kurkumin mampu meningkatkan produksi m-RNA yang meningkatkan reseptor LDL sehingga mampu menurunkan kadar LDL dalam darah. Paling terkenal kurkumin bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu tubuh untuk menangkal serangan berbagai penyakit bahaya yang disebabkan oleh virus, infeksi lambung pun dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi kunyit 10 mg/kg berat badan. Hal ini terkait dengan kemampuan minyak atsiri yang dikandung kunyit sebagai anti inflamasi yang di kombinasikan dengan kurkumin yang mampu untuk menangkal penyakit.

Khasiat buah dan sayuran warna putih

Warna putih yang terdapat pada sayuran dan buah bukan berarti bahan pangan ini tidak memiliki banyak kandungan bermanfaat. Kelompok bahan pangan dengan warna putih ternyata justru memiliki banyak manfaat besar bagi kesehatan. Buah-buahan serta sayur-sayuran, serta bahan-bahan bumbu yang berwarna putih mempunyai manfaat untuk mencegah penyakit sistemik (jantung, hipertensi, diabetes), anti biotik, sumber vitamin C, sumber kalsium, hingga melawan sel kanker.

Dari golongan sayuran berwarna putih dikenal tauge dan kembang kol. Tauge yang merupakan perkecambahan antara beraneka biji-bijian ini ternyata memiliki nilai gizi yang lebih, tinggi dari biji asalnya. Tauge kacang hijau misalnya, memiliki nilai protein 119% lebih tinggi dari biji kacang hijau nya sendiri. Tauge alfalfa juga mengalami peningkatan kadar saponin hingga 450% dari asalnya. Tauge kedelai yang semula tidak mengandung vitamin C menjadi terkandung vitamin C hingga 12 mg/100 gram setelah menjadi tauge. Dan Hampir semua tauge atau kecambah meningkatkan kandungan vitamin B1, B2, B3, E (tokoferol), dan asam folatnya.

Asam folat yang terkandung dalam tauge bermanfaat untuk mencegah anemia, diare, juga dapat menyembuhkan luka pada lambung dan usus. Kandungan protein yang tinggi pada tauge juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Saponin dalam touge juga mampu menggelontorkan LDL, sehingga menurunkan resiko jantung koroner serta meningkatkan aktivitas T-limfosit, dan interferon (sebagai natural killer cells) yang menurunkan resiko kanker. Kandungan aneka vitaminnya menjadi antioksidan yang bisa membentengi tubuh dari radikal bebas perusak DNA. Begitu pula kandungan genistein yang tinggi pada tauge kedelai yang mampu mengacaukan pasokan bahan pangan untuk sel kanker.

Sementara untuk kembang kol yang mengandung enzim mirosinase melalui pengolahan dan proses pencernaan mampu mengubah indole glucosinolates dan glucosinolates menjadi isothiocyanates dan indol-3 karbinol yang mampu menghambat enzim penyebab radang lipxynase dan cyclooxygenase sehingga dikatakan juga sebagai zat anti inflamasi (peradangan). Selain itu enzim ini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Dari golongan buah yang berwarna putih ada juga bengkoang, dimana bengkoang mengandung fitoesterogen yang dapat dimanfaatkan tubuh sebagai cadangan esterogen. Mengkonsumsi bengkoang di masa muda, kelak mampu meningkatkan kualitas hidup di hari tua. Cadangan fitoesterogen dapat digunakan sebagai masa menopouse, sehingga tulang dan fisik perempuan tetap sehat meski telah berusia senja.

Makanan yang berwarna putih dari golongan bumbu seperti dikenal bawang putih dan bawang bombai. Bawang putih kaya akan selenium yang bermanfaat sebagai antioksidan, serta mencegah penuaan dini. Selain itu bawang putih memiliki kandungan sulfur pembentuk komponen bioaktif alisin, aliin, dan ajone, yang bermanfaat sebagai antibiotik,ntioksidan, menurunkan kolesterol LDL, meningkatkan HDL, anti penyumbatan pembuluh darah, dan menurunkan resiko gejala stroke. Bawang bombai yang memiliki kandungan Gamma L glutamyl trans S1 propenil L cysteine sulfoxide bermanfaat menghambat produksi esteoclast (sel peruusak tulang), sehingga kepadatan tulang tetap terjaga. Selain itu bawang bombai juga memiliki kandungan isothiocyanates seperti pada kembang kol yang bermanfaat sebagai anti peradangan.

Baik bawang putih, pisang, kentang, dan kembang kol, termasuk dalam kelompok sayuran dan buah-buahan yang berwarna putih yang sudah kita kenal. Warna putih dalam bahan pangan tersebut berasal dari antozantin, yaitu sejenis vlavonoid yang memiliki antioksidan. Kelebihan lain dari kelompok buah dan sayur yang berwarna putih ini adalah menurunkan resiko kanker prostat, meningkatkan aktivitas kekebalan tubuh, dan kaya akan potasium.

Demikian tadi ulasan mengenai khasiat sayuran dan buah berdasarkan warna bag 3. Nah, bagi anda yang kurang suka mengkonsumsi sayur dan buah, mulai saat ini cobalah biasakan diri mengonsumsi bahan makanan tersebut. Karena didalam buah dan sayuran terdapat banyak manfaat bagi tubuh kita.

0 komentar:

Post a Comment