Khasiat sayuran dan buah berdasarkan warna bag 2 | Seputar Info Menarik

Khasiat sayuran dan buah berdasarkan warna bag 2

By

Khasiat sayuran dan buah berdasarkan warna bag 2

Ini adalah lanjutan dari artikel khasiat sayuran dan buah berdasarkan warna, yang sebelumnya telah di tulis khasiat pada sayuran dan buah warna merah, dan juga khasiat sayuran dan buah yang berwarna biru dan ungu. Selanjutnya akan kami ulas khasiat pada buah dan sayur yang berwarna hijau, oranye, kuning, dan putih.

Khasiat sayuran dan buah berdasarkan warna bag 2

Khasiat sayuran dan buah berwarna hijau

Warna hijau yang terdapat pada buah maupun sayuran disebabkan oleh zat klorofil. Lutein dan zeaxanthin adalah 2 karotenoid yang ditemukan pada kacang polong berwarna kuning, juga bayam, dan sayuran hijau gelap lainnya. Kedua senyawa ini diperlukan untuk menjaga kesehatan mata dan mengurangi resiko katarak. Warna hijau juga kaya akan serat, serta sumber potasium, magnesium dan folat yang sangat dianjurkan untuk orang-orang yang sedang merencanakan kehamilan.
Komponen pokok yang terkandung pada bahan pangan yang berwarna hijau adalah klorofil. Klorofil sendiri memiliki banyak manfaat karena kaya akan zat anti radang antiparasit, antioksidan, anti kanker.

Mengomsumsi buah serta sayuran yang berwarna hijau mampu mendorong dan mempercepat pembersihan jaringan yang sudah tidak baik, berikut bakteri, parasit, dan racun kimia sintetis. Saat dikosumsi, klorofil akan membantu fungsi hati dan membongkar senyawa kimia sintetis seperti pestisida, narkotika, monosodiumglutamat, boraks, dan formalin. Dan inilah alasan mengapa klorofil sering dimanfaatkan dalam proses detoksifikasi.

Selain itu, klorofil juga mampu mendongkrak produksi darah merah sekaligus sebagai perangsang produksi sel darah putih. Hal ini bisa dikatakan sebagai zat anti anemia dan pendongkrak sistem imun dalam tubuh. Kandungan asam nukleat dan asam amino pada klorofil juga dapat berperan sebagai penenang alami. Untuk mendapatkan manfaat Klorofil, konsumsilah sayuran yang berwarna hijau daun seperti bayam alfalfa, brokoli, selada, kacang hijau, sawi, seledri, bok choy dan Brussel sprouts. Selain sayur, juga buah-buahan seperti melon hijau, apel hijau, alpukat, maupun kiwi. Selain mengandung klorofil, bahan tangan hijau juga mengandung asam folat yang memiliki banyak manfaat pula bagi tubuh.

Asam folat sangat dibutuhkan pada perempuan yang sedang hamil untuk mencegah terjadinya cacat pada susunan syaraf pusat janin. Asam folat juga membantu mencegah anemia, penyakit kardiovaskuler, menurunkan resiko kanker, dan mencegah alzheimer. Dikarenakan asam folat yang terkandung dalam sumber makanan berwarna hijau mampu meningkatkan kinerja otak dan meningkatkan kemampuan memori jangka pendek. Buah dn sayuran yang berwarna hijau juga kaya akan vitamin C dan K. Terutama vitamin K yang bisa menghancurkan sel kanker, selain sebagai zat beku darah. Fungsi beku darah ini yang mmpi mengurangi pengerasan pada pembuluh darah karena timbunan plak kalsium, sehingga dapat meminimalisasi risiko penyakit jantung dan stroke.

Buah dan sayur berwarna orange

Pada buah dan sayuran berwarna oranye terkandung zat warna yang juga disebut beta karoten. Beta karoten memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya sebagai zat anti oksidan yang merawat saraf penglihatan. Selain itu beta karoten juga mampu mencegah terjadinya plak serta timbunan kolesterol di dalam pembuluh darah sehingga dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Sifat antioksidan pada beta karoten yang menstabilkan radikal berinti karbon juga dapat mengurangi resiko kanker. Beta karoten juga menyempurnakan fungsi vitamin E dan vitamin C dalam memerangi radikal bebas di dalam tubuh.

Menurut penelitian konsumsi wortel lima kali dalam seminggu dapat menurunkan resiko stroke sampai 68%. Selain beta karoten, Alfa karoten yang juga terkandung dalam buah serta sayuran berwarna oranye juga terbukti mampu menghambat perkembangan N-myc yang dapat memicu kanker. Didalam buah dan sayur yang berwarna oranye juga terdapat zat beta cryptoxanthin yang ada pada kulit buah berwarna oranye, selain sebagai perkusor (dapat diubah menjadi) vitamin A, juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Pada sayuran berwarna orange seperti wortel juga dikandung falcarinol yang bermanfaat mencegah kanker terutama kanker kolon. Sedangkan pada buah berwarna orange seperti jeruk, mengandung asam sitrat yang mampu melarutkan lemak dalam tubuh dan mencegah batu ginjal. Asam sitrat terbukti mampu menguraikan sulfat, fosfat, dan natrium penyebab batu ginjal. Pada buah jeruk juga mengandung feritin yang dapat mendukung vitamin C dalam membantu kolagen kulit dan menjaga massa tulang. Mengkomsumsi jeruk selalu dianggap sangat bermanfaat bagi perempuan untuk menjaga kekenyalan kulit dan menurunkan resiko osteoporosis pada saat pasca menopause.
Untuk melindungi kesehatan mata dan fungsi daya ingat, anda bisa dengan rutin mengkonsumsi buah serta sayuran berwarna kuning atau orange bisa juga didapatkan manfaat lain, seperti perlindungan kulit dari sinar matahari.

Keluarga jeruk merupakan sumber vitamin C yang kaya akan antioksidan sehingga akan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta melindungi tubuh dari penyakit Kardiovascular, membangun kolagen dalam kulit, dan membantu penyerapan zat besi. Buah berwarna kuning juga kaya potassium yang bermanfaat mencegah stroke dan penyakit jantung koroner.

Nah itulah manfaat yang berwarna hijau dan ungu, yang kami rangkum dalam khasiat sayuran dan buah berdasarkan warna bag 2. Untuk manfaat buah dan sayuran yang berwarna putih dan dan kuning, akan kami ulas di Khasiat buah dan sayuran berdasarkan warna bag 3.

0 komentar:

Post a Comment