Bahaya ponsel bagi penggunanya | Seputar Info Menarik

Bahaya ponsel bagi penggunanya

By
Sekarang ini penggunaan ponsel semakin hari semakin meningkat. Ponsel sudah menjadi kebutuhan pokok bagi kebanyakan orang. Itu dirasa sangat wajar karena ponsel pintar saat ini bisa membantu kita selain fungsi pokoknya sebagai alat komunikasi. Dengan semakin canggih tehknologi yang di usung ponsel saat ini, bukan saja kita bisa melakukan komunikasi, namun kita juga bisa melakukan hal lain seperti bermain game, internet, bahkan berbisnis. Dari sisi itulah pengguna ponsel banyak diuntungkan dengan manfaat yang bisa didapat dari ponsel kesayangannya.

Bahaya ponsel bagi penggunanya

Namun dibalik pentingnya ponsel pintar tersebut, ada efek buruk yang bisa saja menimbulkan bahaya bagi para penggunanya. Karena kebanyakan ponsel terbuat dari logam dan juga mengandung gelombang elektromagnetik maka ponsel juga memiliki banyak efek negatif, terutama bagi kesehatan para penggunanya.

Menurut beberapa sumber, bahaya dari penggunaan ponsel adalah sebagai berikut:

Kanker otak

Seseorang pengguna ponsel yang masih muda akan rentan terkena kanker otak. Sekarang ini pengguna ponsel pada anak-anak naik menjadi sekitar 400%. Bukan hanya kepada anak, orang dewasa yang menggunakan ponsel selama 30 menit/hari juga dapat memicu terjadinya kanker otak dan tumor otak penyebab tuli.


Mengurangi kesuburan pada pria

Radiasi pada ponsel bukan hanya mempengaruhi otak dan menyebabkan kanker bagi penggunanya, namun juga mempengaruhi kesuburan pria. Menurut penelitian penggunaan ponsel yang terus-menerus dapat menurunkan jumlah sperma hingga 30%.

Mengubah DNA, dan membentuk radikal bebas penyebab kematian mendadak

Pada ponsel memiliki gelombang radio yang dapat menyebabkan perubahan DNA pada manusia dan juga membentuk radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas inilah yang dapat berkembang dalam tubuh dan memicu kanker. Frekuensi gelombang radio pada ponsel juga dapat mempengaruhi kinerja alat vital seperti alat pacu jantung yang dapat menyebabkan kematian mendadak pada penggunanya.

Meningkatkan stres

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa, hormon stres kortisol pada pengguna ponsel akan meningkat pada penggunaan ponsel dalam durasi waktu yang lama secara terus menerus. Stres yang meningkat merupakan salah satu bentuk penolakan respon tubuh terhadap hal yang membahayakan kesehatan.


Memurunkan sistem kekebalan tubuh dan picu alergi

Medan elektromagnet pada ponsel dapat memicu dan menurunkan sistem kekebalan tubuh dan menimbulkan alergi seperti ruam juga gatal-gatal. Emisi dan radiasi yang terdapat pada ponsel juga dapat mempengaruhi kesehatan tulang, persendian, serta dapat memicu reumatik.


Dapat memicu hilangnya pendengaran

Menggunakan ponsel lebih dari 30 menit selama 4 tahun dapat menyebabkan hilangnya pendengaran atau tuli. Radiasi yang dihasilkan ponsel akibat pemakaian secara terus menerus dapat membuat telinga berdengung dan merusak sel rambut yang merupakan sensor pada organ pendengaran manusia.


Kerusakan mata

Frekuensi radio ponsel yang berkisar antara 900 MHz sampai 2450 MHz dapat meningkatkan temperatur mata. Hal inilah yang dapat menyebabkan kerusakan pada kornea mata akan semakin meningkat.

Merusak sistem kerja saraf

Medan magnetik yang ada disekitar ponsel dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf yang di tandai dengan gejala gangguan sulit tidur. Dalam jangka panjang, kerusakan saraf akan mempercepat seseorang menjadi pikun.

Baca juga:

Itulah beberapa bahaya yang dapat di timbulkan oleh penggunaan ponsel dari hasil penelitian. Sebagai pengguna ponsel, sudah seharusnya kita menggunakan ponsel secara bijak tanpa harus berlebihan untuk menjaga dan menghindari efek buruk yang dapat di timbulkan oleh radiasi ponsel.

0 komentar:

Post a Comment