Tips memakai maskara yang aman | Seputar Info Menarik

Tips memakai maskara yang aman

By

Tips memakai maskara yang aman

Cara memakai maskara-Walaupun sebagian maskara aman untuk di gunakan bila sesuai dengan panduan, namun tanpa kita sadari maskara bisa beresiko terjadinya kecelakaan mata, bahkan infeksi. Oleh karenanya pemakaian maskara harus hati-hati.

Tips memakai maskara yang aman

Berikut cara melindungi mata anda ketika sedang menggunakan maskara :

  1. Aplikasikan maskara hanya pada ujung bulu mata. Jika terlalu dekat dengan akarnya, akan mengganjal kelenjar kelopak mata yang membantu pembentukan air mata, hingga kemungkinannya mata anda tidak mendapatkan rubrikasi yang di perlukan. Kondisi ini akan menyebabkan mata menjadi kering, dan dapat menimbulkan rasa sakit hingga mengurangi pandangan mata.
  2. Jangan menggunakan maskara bersama-sama dengan orang lain. Karena membran di sekitar mata dapat mengandung bakteri yang bisa dengan mudah menempel pada sikat maskara. Jika anda menyentuh kuman dari orang lain, anda bisa terkena conjunctivis, bahkan infeksi mata lainnya.
  3. Jangan menambahkan cairan pada maskara, tidak sterilnya cairan yang di gunakan untuk menambah cairan pada maskara, dapat menyebabkan masuknya kuman ke dalam tube maskara. Air liur juga terdapat banyak bakteri, maka itu hal ini juga tidak boleh di gunakan untuk membasahkan maskara.
  4. Hindari menambahkan maskara apabila anda memakai lensa kontak. Serat mikro bisa terperangkap di bawah lensa kontak anda sehingga dapat menggores kornea mata. Apabila hal ini terjadi, tentu saja akan sangat beresiko terkena infeksi.
  5. Jangan mengaplikasikan maskara pada kendaraan yang bergerak. Apabila kendaraan tiba-tiba berhenti mendadak, anda dapat melukai diri sendiri dengan sikat maskara.
  6. Jangan menyimpan maskara pada temperatur di atas 29°, atau meninggalkannya dalam mobil untuk waktu yang lama. Ini di karenakan suhu panas dapat memicu tumbuhnya bakteri pada maskara anda.
  7. Buanglah maskara setelah pemakaian dalam waktu 3 bulan, gantilah dengan maskara yang baru. Karena dalam jangak waktu yang terlalu lama, kemungkinan akan di tumbuhi bakteri. 
  8. Segera buang apabila maskara telah berubah warna, mengeluarkan bau, atau jika anda baru-baru ini menggunakannya saat mata sedang mengalami infeksi maupun peradangan. Semua itu tanda-tanda maskara telah terkontaminasi bakteri.
            

Itulah tips aman menggunakan maskara untuk menjaga keamanan dan kesehatan mata anda. Pakailah maskara anda sesuai dengan petunjuk penggunaan. Semoga tips tadi bisa bermanfaat buat anda.

0 komentar:

Post a Comment