Jenis tanaman obat asam urat yang manjur | Seputar Info Menarik

Jenis tanaman obat asam urat yang manjur

By

Jenis tanaman obat asam urat yang manjur

Penyakit asam urat saat ini masih banyak diderita oleh banyak orang. Biasanya penyakit asam urat akan menyerang orang yang sudah berusia lanjut. Namun tidak jarang juga, pada usia muda sudah terserang penyakit ini. Untuk itu, kali ini saya ingin berbagi dan mengulas Jenis tanaman obat asam urat yang manjur dengan anda cara untuk mengobati penyakit asam urat yang anda derita dengan menggunakan obat herbal atau bahan-bahan alami yang bisa anda buat sendiri.

Penyebab penyakit asam urat disebabkan oleh beberapa faktor yang menyebabkan zat purin berlebihan didalam tubuh. Kemudian zat tersebut akan diolah menjadi asam urat  dikarenakan kadarnya yang berlebih sehingga ginjal tidak mampu mengatur kadarnya dan akan menimbun pada jaringan persendian. Penumpukan yang terus menerus dan dalam jangka waktu tertentu akan menyebabkan rasa sakit terutama didaerah persendian, dimana kadar asam yang berlebih itu menumpuk. Apabila hal ini dibiarkan, maka yang terjadi selain sakit yang dirasakan, penderita asam urat juga bisa mengalami peradangan dan juga pembengkakan pada daerah persendiannya. Sehingga si penderita akan kesulitan menggerakan persendian.

Penyebab asam urat

Pada umumnya, penyebab asam urat ada 2 faktor  menyerang pada kita. Faktor yang pertama adalah faktor genetika atau keturunan yang bisa menyebabkan terserangnya penyakit asam urat. Hal ini disebabkan oleh hormon yang tidak seimbang yang terdapat dalam tubuh, sehingga menyebabkan metabolisme tubuh menjadi terganggu sehingga menaikan kadar asam urat berlebih. Selain itu, ginjal yang bermasalah juga memicu naiknya kadar asam urat, karena tidak bisa bekerja dengan baik.
Faktor kedua yaitu dari asupan makanan yang masuk kedalam tubuh kita. Biasanya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung purin juga akan memicu terjadinya asam urat. Kadar asam urat dalam tubuh akan meningkat seiring dengan banyaknya asupan makanan dan juga minuman yang mengandung zat purin.

Gejala asam urat


  1. Para penderita gejala asam urat biasanya akan merasakan atau mengalami
  2. Rasa nyeri, pegal, ngilu dan juga kesemutan terutama pada daerah persendian.
  3. Pada kasus asam urat yang sudah parah, sendi-sendi yang terserang asam urat akan mengalami pembengkakan atau peradangan.
  4. Merasakan sakit pada persendian jika bergerak atau pada waktu berjalan.
  5. Persendian yang akan banyak diserang asam urat biasanya pada persendian ruas jari, persendian tangan, siku,ruas jari kaki, persendian kaki, tumit.
  6. Penderita biasanya akan merasakan nyeri pada waktu malam atau pagi hari, terlebih pada saat cuaca dingin.

Obat asam urat alami

Banyak obat tradisional yang bisa digunakan untuk obat asam urat, yang berasal dari tumbuhan atau tanaman. Tanaman ini sudah turun temurun digunakan untuk berbagai macam penyakit yang diantaranya adalah asam urat. Berikut adalah Jenis tanaman obat asam urat yang manjur yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit asam urat.

Daun Sidaguri

daun sidaguri untuk obat asam urat

Tanaman yang satu ini biasanya tumbuh di semak belukar didaerah perkebunan. Namun sekarang ini banyak yang sudah menanam tumbuhan ini, khususnya tempat tanaman obat. Daun sidaguri mengandung senyawa alkanoid, kalsium, amino, minyak asiri, fenol, tanin sapanoin, asam amino, kalsium oksalad, sterofid, efedrin. Cara pemakaiannya, anda iris tipis-tipis daun sidaguri, kemudian rebus dengan air 2 gelas hingga menyisakan air 1 gelas saja. Minum setiap pagi dan sore atau malam hari sebanyak ½ gelas. Khusus ibu-ibu yang sedang hamil, tidak dianjurkan meminum obat ini karena bisa melemahkan kandungan.

Daun kumis kucing dan daun meniran

daun kumis kucing untuk obat asam urat

Senyawa yang terkandung dalam daun meniran yaitu filantin, hipofilantin, damar, tannin, kalium, dan juga lavonoid. Zat ini manjur apabila digunakan untuk obat asam urat. Sedangkan daun kumis kucing mengandung senyawa orthosiphonin glikosida yang berguna untuk menetralisir asam urat yang berlebihan dengan membuangnya melalui air seni. Cara pembuatannya yaitu, 5 lembar daun kumis kucing + 5 ranting atau pohon meniran yang direbus menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 1½ gelas saja. Minum ramuan ini 3 - 4 kali sehari.

Daun sambiloto

daun sambiloto untuk obat asam urat

Tanaman obat ini bisa didapatkan pada lahan yang lembab, seperti kebun yang rindang dan juga hutan. Namun tanaman ini juga banyak di budidayakan karena banyak khasiatnya buat kesehatan kita, termasuk mengobati asam urat. Caranya adalah, siapkan 30 gram sambiloto segar, 15 gram sambiloto kering dan tambahkan kunyit 25 gram. Rebus semua bahan dengan air sebanyak 3 gelas, dan tersisa 1½ gelas saja. Minum ramuan ini sebanyak 2 kali sehari.

Daun salam

daun salam untuk obat asam urat

Kita tahu bahwa daun salam merupakan bumbu untuk memasak. Namun selain itu, daun salam ternyata juga bisa digunakan untuk obat kesehatan. Senyawa yang terkandung dalam daun salam adalah antioksidan seperti tannin dan juga flavonoid, sehingga dipercaya dapat mengobati asam urat. Cara membuatnya, rebus daun salam sebanyak 10 lembar dengan menggunakan 3 gelas air, dan tambahkan serai ½ batang yang di memarkan. Rebus bahan tersebut hingga menyisakan air setengahnya saja. Minum ramuan ini 2 - 3 kali dalam sehari.

Itulah tadi beberapa Jenis tanaman obat  yang dapat anda gunakan untuk mengobati asam urat. Hindari makanan dan minuman yang mengandung purin agar anda terhindar dari asam urat, serta lakukan cara hidup yang sehat agar terhindar dari penyakit asam urat.

0 komentar:

Post a Comment