Bagaimana cara memilih HP terbaik ? | Seputar Info Menarik

Bagaimana cara memilih HP terbaik ?

By

Bagaimana memilih HP terbaik ?

Hp atau smartphone android saat ini sudah menjamur di masyarakat dunia. Sekarang perangkat ini bukan saja dijadikan alat komunikasi. Namun lebih dari itu, hp sekarang ini sudah menjadi gaya hidup. Bukan hanya orang dewasa, sekarang juga banyak anak-anak yang sudah banyak memiliki Hp sendiri. Dikarenakan selain digunakan sebagai alat telekomunikasi, Hp android keluaran terbaru ini juga  sudah banyak dilengkapi dengan bermacam-macam fitur, dan aplikasi yang bisa berfungsi untuk bermain game, browsing, sosmed, belajar, bahkan bisa membantu pekerjaan kantor, layaknya sebuah komputer atau laptop.

Bagaimana memilih HP terbaik ?

Terkadang banyak orang yang bingung untuk menentukan pilihan untuk memiliki handphone dengan kualitas yang terbaik. Karena saat ini banyak sekali vendor yang memproduksi handphone atau smartphone di pasar gadget dengan segala fiturnya. Dari banyaknya merk, dan juga seri pada produk smartphone, terkadang membuat para konsumen menjadi bingung untuk memilih, merk atau seri apa yang mau dibelinya. Terlebih lagi melihat harga maupun spesifikasi yang ditawarkan terkesan menggiurkan.

Bagi para pengguna smartphone, pastinya menginginkan produk smartphone berkualitas terbaik, namun dengan harga yang terjangkau. Sebagian orang berpendapat, bahwa hp yang terbaik adalah hp yang berharga mahal atau hp dengan kelas premium. Namun bagi saya, hp terbaik belum tentu yang berharga mahal. Karena hp dengan harga mahal pastinya bagi yang memiliki budget pas-pasan akan merasa sulit untuk memiliki hp tersebut, karena kita mungkin harus mengumpulkan uang terlebih dahulu yang lamanya bisa berbulan-bulan. Pada waktu kita sudah bisa mengumpulkan uang untuk membeli hp yang kita incar, lalu muncul lagi produk terbaru yang membuat kita ingin memilikinya. Dan produk incaran kita, menjadi produk jadul. Terkecuali apabila anda mempunyai uang berlebih, begitu produk hp terbaru keluar di pasaran, saat itu juga bisa membelinya, walaupun dengan harga yang mahal.  Oleh karena itu, hp dengan harga mahal belum tentu hp terbaik untuk dipilih.

Seperti yang sudah dikatakan diatas, bahwa hp terbaik buat kita adalah hp yang sesuai dengan kebutuhan. Tak hanya itu, tentu harganya juga harus terjangkau. Lalu bagaimana memilih handphone dengan kualitas bagus?, sebelum anda membeli smartphone, ada baiknya anda melihat spesifikasi yang terdapat pada produk hp tersebut. Tujuan untuk mengetahui spek yang terdapat dalam hp untuk menyesuaikan kebutuhan dan keperluan anda terhadap hp yang akan anda beli. Karena biasanya, seseorang yang akan membeli hp memiliki kebutuhan dan keperluan yang berbeda seperti, bermain game, bersosial media, download, browsing, video call, ngetik, dan lain sebagainya.

Selain itu, kita juga harus tahu bahwa setiap aplikasi dan fitur pada sebuah smartphone setiap saat di upgrade untuk memaksimalkan layanan kepada pengguna. Namun dengan di perbaharuinya sebuah aplikasi, maupun fitur pada sebuah smartphone, tentu juga akan menambah kapasitas pada aplikasi tersebut. Sehingga tentu saja akan lebih banyak memaki ruang memori yang lebih banyak. Apabila anda membeli hp tanpa melihat spek yang ada pada hp tersebut, bisa jadi hp yang sudah terlanjur anda beli perfomanya kurang memuaskan, dan akan menjadi hp lemot.

Adapun yang harus pertama kali anda lihat dari sebuah smartphone adalah spesifikasi yang diusung smarphone yang akan anda beli. Hal terpenting agar anda bisa memiliki hp terbaik adalah dengan melihat spesifikasi yang dibawa oleh ponsel tersebut, yaitu :


CPU/prosesor

CPU merupakan spek yang paling penting dalam menjalankan seluruh sistem dan juga aplikasi yang terdapat pada sebuah ponsel. Semakin tinggi spek pada sebuah CPU, maka dalam membuka aplikasi juga akan lebih cepat dan ringan tanpa mengalami masalah atau ngelag. Untuk tahun 2016 ini, saya sarankan apabila anda ingin memiliki sebuah hp, pilihlah hp dengan CPU yang mempunyai spesifikasi Quad-core, dengan kecepatan minimal 1. 2 GHZ. Untuk merk CPU sendiri biasanya adalah,Qualcomm Snapdragon, Cortex, MediaTek, Exynos, Tegra, maupun OMAP.

RAM

RAM merupakan tempat penyimpanan sementara (chace) pada ponsel, yang fungsinya untuk menampilkan aplikasi yang sedang kita buka. Semakin tinggi kapasitas yang dimiliki sebuah  RAM, maka dalam membuka sebuah aplikasi pada perangkat Hp akan semakin cepat, hingga  terhindar dari yang namanya lag dalam membuka sebuah aplikasi. Untuk itu saya sarankan, pilihlah hp dengan kapasitas RAM minimal 1,5 GB.

Layar

Semakin jernih sebuah layar handphone, pastinya akan membuat mata tidak bosan, dan lelah. Selain itu responsifitas pada layar juga Sehingga apabila anda ingin memiliki sebuah hanphone, untuk saat ini pilihlah hp dengan kualitas layar minimal yang sudah mengadopsi TFT 16 juta warna, kalau bisa yang sudah mengusung layar IPS atau AMOLED. Dan pada saat sekarang ini, sudah banyak smartphone dengan harga terjangkau yang menggunakan layar dengan kualitas tersebut.

Kamera

Saat ini sudah banyak merk ponsel yang membenamkan kamera dengan resolusi tinggi untuk menghasilkan photo yang jelas dan tajam. Hp yang dengan kamera belakang sebesar 8 MP, dan kamera depan 5 MP sudah cukup baik untuk menghasilkan jepretan foto, maupun selfie yang bagus. Namun apabila bisa membeli ponsel dengan kamera beresolusi diatas 8 MP, dan 5 MP, akan lebih baik.


Jaringan internet

Untuk konektivitas yang direkomendasikan adalah hp yang minimal sudah didukung dengan jaringan internet 3G dengan dukungan HSPA. Karena jaringan 3G, koneksinya lebih cepat dibandingkan dengan 2G. Sehingga dalam mengakses jaringan internet untuk browsing, medsos, youtube, dan yang lainnya, akan lebih cepat. Namun sekarang juga telah banyak hp dengan harga ekonomis yang telah membawa konektivitasnya dengan 4G LTE, yang koneksinya akan lebih cepat dalam mengakses jaringan internet.

Baterai

Dengan semakin banyak aplikasi dan seringnya menggunakan jaringan internet, akan membuat daya baterai pada hp akan cepat terkuras. Untuk itu carilah ponsel yang sudah mengusung kapasitas baterai minimal 2000 mAh untuk saat sekarang ini. Dengan kapasitas sebesar itu, maka untuk Hp android bisa digunakan dalam waktu seharian walaupun digunakan secara kontinyu.

Spek diatas menjadi aspek terpenting pada sebuah ponsel. Oleh karenanya, sebelum anda membeli hp, perhatikan terlebih dahulu spesifikasi yang dibawa oleh hp yang akan anda beli, agar anda bisa mendapatkan hp terbaik, khususnya perfoma, maupun tampilan pada layarnya. Namun apabila anda memang ingin memilih hp dengan kelas premium, tidak perlu mengindahkan spesifikasi diatas, karena pada hp kelas premium sudah tentu layak untuk dimiliki karena spesifikasi yang dibawanya sudah melebihi spesifikasi yang saya sebutkan diatas.

Baca juga:
Perbedaan sistem navigasi GPS dan Glonass

Demikian tadi ulasan bagaimana cara  memilih hp terbaik untuk kelayakan pada sebuah smartphone yang akan anda miliki. Semoga ulasan ini bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin membeli hp baru. Namun standar spek diatas, belum tentu masih diandalkan dalam waktu 1 hingga 2 tahun kedepan, mengingat perkembangan aplikasi yang begitu pesat.

0 komentar:

Post a Comment