CARA MEMBUAT NASI GORENG JAWA SPESIAL | Seputar Info Menarik

CARA MEMBUAT NASI GORENG JAWA SPESIAL

By

CARA MEMBUAT NASI GORENG JAWA SPESIAL

Nasi goreng merupakan jenis masakan asli Indonesia yang banyak digemari oleh banyak kalangan. Masakan yang berbahan dasar nasi yang dimasak dengan cara digoreng ini pun sangat banyak varian resepnya. Mulai dari resep nasi goreng jawa,  nasi goreng spesial, nasi goreng gila, nasi goreng kambing, dan masih banyak lagi. Yang membedakan dari resep-resep nasi goreng hanyalah bumbu dan juga bahan tambahan yang digunakan untuk membuat nasi goreng tersebut. 

Resep Nasi Goreng Jawa Spesial

Kebetulan sekali pada kesempatan ini admin akan memberikan resep nasi goreng jawa buat anda, sehingga nanti anda bisa tahu resep dan cara membuat nasi goreng sendiri di rumah. Kita tahu di jaman sekarang banyak dari kita banyak yang belum tahu cara masak dan juga resep yang digunakan untuk membuat nasi goreng Jawa. Walaupun ini adalah resep turun-temurun dari nenek moyang kita, namun banyak yang belum mengetahui resep cara membuatnya. Oleh karena itu admin ingin berbagi dengan anda yang ingin membuat sendiri nasi goreng Jawa dirumah. Walaupun pada saat sekarang ini nasi goreng Jawa bisa kita dapatkan dengan mudah, baik di pedagang kaki lima bahkan sampai restoran, namun bisa membuat dan merasakan masakan sendiri dirumah bersama keluarga tentunya akan terasa lebih membanggakan.

Bahan-bahan untuk membuat nasi goreng Jawa

Adapun cara membuat dan juga resep-resep yang digunakan untuk membuat nasi goreng Jawa perlu disediakan bahan-bahan sebagai berikut :

  • Siapkan nasi putih sebanyak 1 piring, akan lebih bagus menggunakan nasi yang pera.
  • Daging ayam sebanyak 100 gram. Rebus dahulu ayam dengan di beri sedikit garam sampai matang, lalu suir-suir.
  • 2 batang daun bawang. Cuci terlebih dahulu daun bawang, lalu potong daun bawang tersebut kecil-kecil.
  • 2 butir telur ayam
  • Siapkan 2 sendok kecap manis.
  • 2 sendok minyak goreng
  • Garam secukupnya.
  • Sediakan juga bawang goreng sebanyak 1 sendok makan untuk taburan.

Bumbu nasi goreng Jawa halus

Setelah bahan membuat nasi goreng sudah disiapkan, sekarang anda tinggal siapkan bumbu-bumbu untuk nasi gorengnya. Adapun bumbunya adalah sebagai berikut :
2 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, 4 buah cabai merah (tambah menurut selera bagi anda yang suka pedas), 1 sendok teh terasi udang yang di sangrai, 1 butir kemiri yang disangrai, ¼ sendok teh lada. Haluskan semua bumbu-bumbu tersebut.

Bahan pelengkap nasi goreng Jawa

Selain bumbu, apabila diperlukan anda juga bisa menyiapkan bahan pelengkap untuk nasi goreng seperti : mentimun yang diiris menurut selera, irisan buah tomat, daun selada secukupnya, kerupuk udang, dan juga daun kol bila suka.

Cara membuat nasi goreng Jawa spesial

  1. Siapkan wajan penggorengan diatas kompor, lalu tuangkan minyak yang sudah disediakan. Tumis bumbu halus hingga harum.
  2. Sisihkan bumbu yang sudah matang dipinggir minyak, lalu masukan telur ayam kampung. Aduk-aduk hingga merata dan matang. (Untuk yang suka dengan telur mata sapi bisa dimasak dengan cara terpisah)
  3. Selanjutnya masukan suiran ayam kedalamnya dan aduk-aduk hingga warna ayam berubah kecoklatan.
  4. Masukan nasi putih yang sudah disediakan, kemudian aduk-aduk.
  5. Tambahkan kecap manis, dan garam. Aduk sampai merata hingga nasi goreng matang.
  6. Angkat nasi goreng dan tuangkan ke dalam piring. Tambahkan bawang goreng, dan juga bahan pelengkapnya, dan sajikan.


Demikian cara untuk membuat nasi goreng Jawa spesial yang bisa anda lakukan di dapur anda. Semoga resep cara membuat nasi goreng Jawa spesial ini bisa menambah wawasan pengetahuan memasak anda.  Selamat mencoba

0 komentar:

Post a Comment