Menghilangkan jerawat serta bekasnya | Seputar Info Menarik

Menghilangkan jerawat serta bekasnya

By
Memiliki wajah berjerawat bagi sebagian orang akan bisa menimbulkan rasa kurang percaya diri. Sebagian orang, baik wanita maupun pria yang mencari cara untuk menghilangkan jerawat yang terdapat di wajahnya, baik dengan pengobatan menggunakan bahan alami, maupun dengan pengobatan dengan obat-obatan modern. Semua itu dilakukan agar wajah terhindar dari masalah jerawat, agar memiliki kulit wajah menjadi halus dan mulus tanpa adanya jerawat yang tumbuh.

Menghilangkan jerawat serta bekasnya

Berapa faktor yang dapat menimbulkan jerawat diantaranya dikarenakan karena faktor hormonal. Yang merupakan salah satu faktor utama menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon ini akan memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak, untuk memproduksi minyak kulit yang berlebih. Selain itu, faktor stress juga akan mempengaruhi timbulnya jerawat pada wajah. Kemudian dari faktor gen, atau keturunan yang memiliki kelenjar minyak terlalu aktif . 

Untuk pengobatan jerawat sendiri juga harus memperhatikan faktor-faktor penyebab terjadinya jerawat, karena jerawat akan mudah timbul kembali apabila penyebab jerawat tidak dapat dikontrol dengan baik. Salah satu kondisi kulit yang berminyak merupakan jenis kulit yang paling beresiko untuk timbulnya jerawat. Selain pengobatan, dibutuhkan juga ke sebuah kesabaran, memerlukan pengendalian pola hidup dari pola makan, kebiasaan kebersihan wajah, pengendalian stress, dan sebagainya. Pengobatan jerawat pada dasarnya dengan cara mengurangi minyak yang berlebih pada wajah, serta melawan bakteri. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, akan mempercepat pergantian sel kulit serta mengurangi peradangan pada jerawat.

Sebagian dari obat jerawat khususnya obat-obatan modern, belum bisa memberikan hasil dalam waktu 4 hingga 6 minggu pertama, setelah pengobatan. Karena itu, untuk mengobati jerawat butuh memerlukan kesabaran, karena memerlukan jangka waktu yang lama, terlebih lagi jika menggunakan obat atau ramuan bahan alami. Disamping Anda harus menggunakan obat-obatan untuk menghilangkan jerawat, pada saat itu anda juga harus memperhatikan diet serta kebersihan wajah pada waktu dalam proses pengobatan.

Setelah anda bisa menyembuhkan jerawat di wajah, hal yang mungkin ditimbulkan adalah masalah baru yaitu flek bekas jerawat yang menghitam pada wajah anda. Untuk menghilangkan bekas jerawat anda dapat menghilangkan nya dengan beberapa cara. Untuk cara modern, anda bisa menggunakan laser, dermabrasi, dan sebagainya. Tetapi penanganan bekas jerawat tergantung dari luas serta dalamnya bekas jerawat. Dalam keadaan ringan, bekas jerawat dapat memudar hanya memberikan hidrokinon 2% dan mengoleskannya tepat pada daerah bekas jerawat tadi. Selain itu bekas jerawat juga bisa di samarkan dengan pemberian krim malam yang mengandung asam retinoat, yang tentunya dengan resep dokter spesialis kulit. Adapun cara lain Anda dapat memudarkan atau menyamarkan bahkan menghilangkan bekas jerawat yaitu dengan prosedur Chemical Peeling. Tetapi apabila anda memilih dengan cara-cara tersebut ada baiknya anda mengecek terlebih dahulu kedalaman bekas jerawat jenis kulit maupun adanya reaksi alergi pada kulit wajah anda. Setelah dirasa cukup aman dengan rekomendasi dokter, anda baru memilih jenis pengobatan dan juga konsentrasi yang sesuai dengan kondisi kulit wajah anda. 

Selain menggunakan pengobatan modern, atau obat  modern untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat, anda juga bisa memakai obat atau ramuan yang terbuat dari bahan alami untuk pengobatan. Dengan bahan alami mungkin anda harus membutuhkan kesabaran tinggi, karena reaksi bahan alami biasanya akan lebih lambat dibandingkan dengan obat-obatan modern. Namun efek samping penggunaan obat penghilang noda bekas alami akan lebih kecil, bahkan ada yang sama sekali tidak berefek samping, dibandingkan dengan penggunaan obat-obatan modern.


Bahan alami yang dapat menghilangkan jerawat
Untuk mengobati jerawat, selain menggunakan pengobatan moderen, anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang bisa kita dapatkan dengan mudah. Namun penggunaan bahan-bahan alami ini anda butuh kesabaran karena penggunaan bahan-bahan alami untuk menghilangkan jerawat di wajah relatif akan lebih lama, dibandingkan dengan penggunaan obat-obatan modern. Namun seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa penggunaan bahan alami ini efek samping yang akan ditimbulkan relatif lebih kecil dibandingkan dengan obat-obatan modern Adapun bahan alami yang bisa digunakan untuk obat jerawat diantaranya adalah :

Pepaya
Pepaya mengandung enzim papain yang mampu mengangkat dan menghilangkan sel kulit mati. Perawatan menggunakan masker daging buah pepaya akan dapat mengurangi jerawat, serta memperbaiki kulit yang kasar.

Temulawak
Dalam temulawak terdapat kandungan bahan aktif yang memiliki efek anti peradangan dan anti bakteri. 

Kunyit
Bahan aktif yang terdapat dalam kunyit yaitu curcumin, yang berfungsi sebagai anti peradangan serta antioksidan, sehingga akan mempercepat penyembuhan luka karena jerawat yang pecah.

Kulit manggis
Dalam kulit manggis mengandung banyak bahan aktif yang berfungsi sebagai anti oksidan, anti bakteri, serta anti peradangan.

                   Menghilangkan jerawat dengan belimbing wuluh

Sebagaimana yang telah disebutkan tadi diatas bahwa untuk menghilangkan bekas jerawat akan lebih sulit dibandingkan dengan menghilangkan jerawat itu sendiri. Untuk menghilangkan jerawat mungkin hanya diperlukan waktu antara tiga hingga tujuh hari,tergantung dari jenis kulit dan obat yanng digunakan. Namun untuk menghilangkan bekas atau flek bekas jerawat, dibutuhkan waktu hingga berbulan-bulan lamanya sampai noda bekas jerawat benar-benar hilang.

Bekas jerawat sendiri terjadi dikarenakan karena kesalahan pada pada sebagian orang yang suka memencet jerawat. Apabila jerawat dipaksa pecah dengan cara memencetnya, hal ini justru akan menimbulkan peradangan di area yang berjerawat, yang akan menyebabkan flek hitam. Selain itu penggunaan kosmetik atau obat jerawat yang mengandung alkohol atau minyak juga bisa mengakibatkan flek pada bekas jerawat.

Untuk mencegah dan menghilangkan bekas jerawat yang terdapat pada wajah anda Anda bisa melakukannya dengan hal-hal sebagai berikut :

  • Konsumsi makanan yang berserat serat akan bermanfaat untuk mengusir racun atau toksin dari dalam tubuh yang menyumbat pori-pori kulit. Karena apabila pori-pori tersumbat, maka pori-pori kulit akan menjadi membengkak pecah dan meninggalkan noda bekas jerawat.
  • Hindari menyentuh jerawat, karena jari-jari anda, terutama di sela-sela kuku banyak mengandung bakteri yang beresiko memunculkan jerawat baru. Memecahkan jerawat dengan cara memencet juga dilarang karena dapat menyebabkan peradangan yang dapat menimbulkan resiko noda jerawat.
  • Noda hitam di wajah bisa juga bisa timbul dikarenakan karena wajah anda terkena paparan sinar matahari yang berlebihan. Untuk itu, apabila anda beraktivitas di luar ruangan dan terkena sinar matahari, gunakanlah tabir surya atau pelindung kepala yang bisa menutupi wajah,  sehingga tidak terkena matahari langsung.
  • Dengan melakukan olahraga akan membantu meningkatkan asupan oksigen dan nutrisi ke dalam jaringan tubuh, termasuk kulit kita. Keringat yang keluar dari olahraga juga berfungsi sebagai detoksifikasi kulit yang akan membantu mencegah pembentukan jerawat.
  • Exfoliate atau menggosok wajah dengan sekrup atau peeling akan membantu menghilangkan bekas jerawat dengan mengangkat sel kulit mati dan akan mengurangi lubang bekas jerawat. Namun untuk melakukannya haruslah hati-hati, jangan terlalu keras dalam menggosok kulit wajah karena dapat membuat hilangnya minyak di wajah yang dapat memicu kulit wajah menjadi kering.


Demikianlah info yang bisa kami berikan untuk menghilangkan jerawat serta mengatasi noda hitam jerawat. Semoga ulasan di atas tadi bisa bermanfaat buat anda khususnya bagi anda yang sedang mengalami permasalahan tersebut.

0 komentar:

Post a Comment