Makanan yang mengandung kolesterol tinggi | Seputar Info Menarik

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi

By

12 Makanan yang mengandung kolesterol tinggi

Kolesterol adalah lemak yang ada dalam aliran darah dalam tubuh atau sel tubuh yang dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan pembentukan hormon. Akan tetapi apabila kadar koresterol dalam tubuh berlebihan, akan memicu penyakit jantung koroner dan stroke. Untuk koresterol yang normal adalah 200 mg/dl, dan apabila diatas 240 mg/dl, anda beresiko terkena penyakit seperti penyakit jantung dan stroke.

Nilai  harian koleterol pada makanan harian yang dibutuhkan oleh tubuh berdasarkan AKG ( Angka Kecukupan Gizi ) adalah 300 mg.

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi

Berikut adalah jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi :

1. Kuning telor

Kuning telor mempunyai kadar kolesterol yang sangat tinggi yaitu 1234 mg per 100 gram porsi atau 411% dari jumlah harian yang disarankan. Sebuah kuning telor tunggal akan memberikan 210 mg ( 70% AKG ) kolesterol. Sedangkan telur utuh akan memberikan sedikit lebih banyak yakni 212 mg (71 % AKG ). Dengan demikian kolesterol hampir ditemukan dibagian kuning telor. tetapi walaupun telor mempunyai tingkat kolesterol yang tinggi, bukan berarti tidak boleh mengkomsumsi telor. Untuk mengkomsumsi telor sebaiknya pada pagi hari atau sewaktu sarapan, jangan disiang hari atau makan malam.

2. Kaviar

Kaviar adalah makanan yang terbuat dari telur ikan, mengandung kolesterol yang cukup tinggi yakni 588 mg / 100 gram ( 196 % AKG ), atau sekitar 94 mg kolesterol ( 31 % AKG ) per sendok makan.

3. Udang

untuk 100 gram udangb memiliki kandungan koresterol sekitar 195 mg ( 65% AKG).

4. Kerang

makanan yang bisa dimakan mentah, dikukus/direbus,digoreng ini adalah makanan laut yang sangat nikmat. Namun jngan sampai berlebihan mengkomsumsi kerang ini, dikarenakan didalam kerang 100 gram kerang mengandung 105 mg kolesterol ( 35% AKG ).

5. Lobster

Dalam 3 ons lobster terdapat kolesterol sebanyak 61 mg kolesterol ( 20% AKG )

6. Daging olahan

Jumlah kolesterol pada daging olahan tergantung dari cara pengolahanya, dan bahan-bahan yang digunakan seperti saus dan minyak. Untuk ukuran mentah daging domba dan itik memiliki kandungan koresterol yang cukup tinggi.

7. Jeroan hati

koleserol diproduksi dalam hati, untuk itu hati sendiri mengandung banyak kolesterol yakni 546 mg per 100 gram atau 188 % AKG.

8. Mentega

Anda dapat menjumpai makanan yang menggunakan mentega, seperti kue, biskuit, roti dll. untuk 100 gram mentega mengandung kolesterol sebanyak 215 mg kolesterol ( 10% AKG ).

9. Rib eye steak

4 ons steak iga sapi mengandung koresterol 66 mg ( 22% AKG )

10. Makanan cepat saji

Untuk makanan cepat saji seperti kentang goreng, shake dan chesse burger banyak mengandung kolesterol. Untuk itu jangan terlalu sering mengkomsumsi makanan tersebut. Untuk chesse burger mengandung 100 mg kolesterol ( 33% AKG).

11. Keju

Keju merupakan sumber protein dan kalsium yang baik, selain itu keju juga bisa menambah cita rasa sebuah maskan atau olahan makanan. Namun keju sendiri mempunyai kandungan kolesterol yang cukup tinggi yaitu 123 mg kolesterol ( 41% AKG ) per 100 gram.

12. Minyak ikan

Meskipun dianggap baik untuk kesehatan jantung, namun minyak ikan juga mengandung kolesterol yang tinggi yaitu 142 mg kolesterol ( 47% AKG ) per 100 gram.

Itulah beberapa makanan yang banyak mengandung kolesterol tinggi. Untuk menjaga kesehatan kita, ada baiknya mengatur pola makanan sehari-hari agar tubuh kita selalu sehat, dengan di imbangi olah raga yang teratur tentunya.

0 komentar:

Post a Comment