Mencegah tumbuh uban pada usia muda | Seputar Info Menarik

Mencegah tumbuh uban pada usia muda

By

Mencegah tumbuh uban pada usia muda

Uban merupakan rambut yang berwarna putih yang menandakan bahwa usia seseorang sudah mulai menginjak umur 30-35 tahun. Namun karena beberapa faktor, terkadang remaja yang masih berumur belasan sampai 20-an tahun juga dapat memiliki uban pada rambut kepalanya. Agar hal itu tidak terjadi, perlu dilakukan pencegahan agar rambut kepala pada usia muda tidak  beruban yang bisa mengganggu penampilan. Pencegahan rambut beruban merupakan salah satu hal penting yang perlu di lakukan untuk mencegah tumbuhnya rambut putih/uban di kepala di saat usia kita masih muda. 


Mencegah tumbuh uban pada usia muda

Secara alami uban akan muncul pada kepala seseorang pada usia antara 34 - 42 tahun, dan pada usia 40 - 50 tahun. Namun pada riset, 1 dari 5 cowok dan cewek akan mengalami tumbuhnya uban pada usia remaja hingga usia 25 tahunan ke atas. Ini tentunya kasus yang sangat jarang. Dan apabila kalian tidak merawat rambut dengan baik, kemungkinana rambut kalian pun bisa tumbuh uban sejak usia muda yang disebabkan oleh beberapa faktor.

Beberapa faktor penyebab tumbuhnya uban antara lain:

Faktor keturunan
Ini menjadi faktor utama tumbuhnya uban pada usia muda yang paling umum. Di karenakan mayoritas penyebab tumbuhnya uban pada usia muda dikarenakan faktor gen, yaitu bahan genetik yang terkait dengan sifat tertentu yang di wariskan dari satu individu ke dalam keturunannya.

Kekurangan vitamin B 12 dan zat besi
Kurangnya asupan vitamin B12 dan zat besi juga menjadi pemicu tumbuhnya uban pada usia muda. Oleh karena itu komsumsilah makanan yang mengandung vitamin B 12 dan zat besi seperti susu, daging unggas secara teratur dan seimbang untuk mencegah tumbuhnya uban dini.

Stres berkepanjangan
Stres yang bekepanjangan akan mengurangi dan menguras cadangan vitamin B12. Sehingga hal ini akan memicu tumbuh uban pada usia yang masih muda. Selain itu stres juga bisa menghambat produksi melanin atau pigmen warna pada rambut secara alami yang di hasilkan oleh sel melanosit dalam tubuh. Karena uban tumbuh di sebabkan melanosit tidak lagi melanin yang di sebabkan oleh stres. Jadi hindari stres dalam jangka waktu yang lama dengan melakukan kegiatan atau hal-hal yang anda sukai, misalnya menyalurkan hobi.

Gizi buruk
Gizi buruk pada tubuh bisa disebabkan oleh kebiasaan kita jajan sembarangan. Selain itu asupan gizi yang tidak seimbang juga bisa mempengaruhi buruknya gizi dalam tubuh anda. Di karenakan gizi buruk pada tubuh juga bisa memicu tumbuhnya uban di usia muda. Untuk itu hindari pola makan yang tidak sehat dan steril, serta makanlah makanan yang sehat dan bergizi.

Gangguan pencernaan
Gangguan pencernaan yang anda derita bisa menjadi penyebab tumbuhnya uban usia muda selanjutnya. Gangguan pencernaan bisa di karenakan seperti diare, tuberkulosis usus, cacing atau juga kekurangan enzim tirosinase yang berperan penting dalam proses pembentukan pigmen.

Gaya hidup tidak sehat
Gaya hidup yang tidak sehat menjadi faktor selanjutnya pada tumbuhnya uban di usia muda. Hidup dalam lingkungan yang banyak polusi udara, asap rokok, debu dan radikal bebas lainya akan menghambat tubuh dalam menyerap zat gizi yang di butuhkan oleh tubuh.

Pewarna rambut yang tidak cocok
Menggunakan pewarna rambut yang tidak sesuai dengan kebutuhan rambut kalian juga bisa menjadi faktor tumbuhnya uban. Karena zat kimia yang terdapat dalam pewarna rambut bisa merusak rambut anda.

Baca juga tips cara menghilangkan ketombe

Tips mencegah rambut beruban pada usia remaja

Untuk mencencegah tumbuhnya uban pada anda yang masih berusia muda, berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan:
  • Perbaiki asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh, cukup vitamin B 12 dan zat besi dengan mengkomsumsi makanan hewani.
  • Hindari pemakaian pewarna rambut, apalagi pewarna rambut yang tidak jelas merknya. 
  • Gunakan minyak rambut yang berbahan dasar alami, misalnya yang terbuat dari minyak wijen, daun mangkokan, cem-ceman atau bahan dasar herbal lainya yang berguna untuk kesehatan rambut.
  • Hindari pengeringan rambut dengan hair dryer secara rutin. Gunakan alat ini hanya pada waktu tertentu saja. Di karenakan panas yang di hasilkan dari hair dryer bisa membuat rambut putih. Jadi lebih baik keringkan rambut kalian dengan cara di angin-anginkan.

Itulah tips mencegah tumbuhnya uban pada usia muda. Dengan merawat rambut dengan baik dan benar, serta pola hidup yang sehat dengan asupan gizi yang cukup, maka rambut kalian bisa tetap tumbuh sehat dan indah.

0 komentar:

Post a Comment