Jenis batu akik yang banyak diminati | Seputar Info Menarik

Jenis batu akik yang banyak diminati

By

Jenis batu akik yang banyak diminati

Biarpun demam batu akik mulai menurun, namun bagi hobiis atau kolektor batu akik tidak ada yang namanya demam atau musiman batu akik. Oleh karenanya, bagi para kolektor tidak melihat dari ramai atau tidaknya pasaran batu akik, mereka tetap memburunya untuk menambah koleksi batu akiknya. Terlebih apabila ada batu akik dengan kualitas bagus namun belum memilikinya.

Bagi para penggemar atau kolektor batu akik, tidak melihat dari sisi harga dari batu akik tersebut. Melainkan melihat dari segi keindahan yang terdapat pada jenis batu akik yang dicarinya. Untuk masalah harga, bagi para kolektor tidak pernah memilih atau memilah antara batu akik yang punya harga mahal, maupun batu akik dengan harga yang murah. Karena yang mereka nilai adalah dari segi keindahan yang unik dari berbagai jenis batu akik, sebagai keindahan alami ciptaan Tuhan yang tidak bisa digantikan dengan seni apapun.

Adapun jenis batu akik yang tetap menjadi buruan dan menjadi Jenis batu akik yang banyak diminati bagi para kolektor batu diantaranya adalah :

Batu akik Bacan doko dan Bacan palamea

Bacan doko dan bacan palamea

Batu Bacan sejak dari penemuannya di pulau Kasiruta atau pulau Bacan di Halmahera sampai saat ini memang selalu menjadi primadona. Dan sampai saat ini harga dari batu Bacan ini masih sangat stabil terutama untuk Bacan dengan kualitas super. Batu bacan doko maupun Bacan Palamea ini bukan hanya menjadi buruan bagi kolektor batu akik dalam negeri, namun banyak juga kolektor batu mancanegara yang sangat meminati batu akik yang satu ini. Kita tahu bahwa batu bacan mempinyai keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan batu akik lainnya. Batu dengan kekerasan diatas 7 skala mohs ini mempunyai keunikan tersendiri karena bisa berubah seiring dengan waktu.

Batu akik Black opal Kalimaya Banten

batu akik black opal kalimaya banten

Bagi kalangan pecinta batu, batu akik Black opal Kalimaya banten tentu sudah tidak asing lagi. Batu yang berasal dari kabupaten Lebak Banten ini juga menjadi buruan kolektor batu dari dalam dan luar negeri. Keistimewaan pada batu Black opal ini bisa mengeluarkan pindar cahaya yang berwarna-warni. Walaupun batu ini hanya mempunyai kekerasan 6,5 mohs, tetapi tidak menyurutkan para penggemarnya untuk memiliki batu yang satu ini. Batu jenis opal terbaik didunia ini juga masih menjadi primadona dikalangan para kolektor batu akik, serta harga yang juga stabil khusus batu Black opal yang sudah keluar jarong.

Batu akik Pancawarna

batu akik pancawarna

Batu akik Pancawarna hampir tersebar dari seluruh pelosok nusantara, terutama penghasil batu akik. Warna yang beragam pada badan batu, membuat batu Pancawarna menjadi batu yang juga tetap menjadi buruan para kolektor batu akik. Batu akik Pancawarna biasanya memiliki 5 macam warna atau lebih didalam badan batu, yang menjadikan keunikan tersendiri pada batu ini. Batu akik Pancawarna mempunyai kekerasan vervariasi, antara 6 hingga 7,5 skala mohs. Batu akik Pancawarna yang paling terkenal dikalangan pecinta batu adalah Pancawarna Garut Edong.

Batu akik gambar

batu akik gambar

Batu akik gambar juga menjadi salah satu batu akik yang menjadi primadona dan tetap menjadi incaran bagi kolektor batu hingga saat ini. Keunikan pada batu akik gambar ialah, batu ini bisa memiliki warna dan tampilan seperti lukisan. Namun untuk mendapatkan batu ini, para pengasah batu harus memiliki kesabaran dan juga ketelitian dalam membentuk batu ini hingga menghasilkan batu gambar yang unik. Untuk harga batu akik gambar yang pernah terjual yaitu mencapai milyaran rupiah. Gambar yang terdapat pada batu ini biasanya bisa menyerupai sosok, gambar binatang, gambar gedung, gambar pemandangan, dan gambar-gambar lain yang menyerupai sebuah lukisan.

Selain batu-batu diatas, beberapa batu akik nusantara yang masih bertahan yaitu jenis batu akik Indocrase, batu akik garut, batu Ijo Garut, kecubung kalimantan dan batu akik langka lainnya. Tentu semua keindahan pada batu-batu tersebut yang membuat para pecinta dan kolektor batu, tetap memburunya walaupun mungkin koleksi batu akik mereka sudah tak terhitung.

Nah, apakah anda juga salah satu dari para kolektor batu tersebut, dan memiliki batu-batu yang saya sebutkan diatas?. Bagi anda yang sudah memiliki dan mengoleksi batu akik, jangan lupa untuk selalu merawat batu-batu anda agar keindahannya selalu terjaga. Kalau anda belum tahu bagaimana cara merawatnya, anda bisa baca artikel Cara merawat batu akik dan batu mulia. Semoga artikel Jenis batu akik yang banyak diminati ini bisa menambah wawasan, khususnya tentang batu akik.

0 komentar:

Post a Comment