5 KEBIASAAN KITA YANG BISA MEMBAHAYAKAN KESEHATAN | Seputar Info Menarik

5 KEBIASAAN KITA YANG BISA MEMBAHAYAKAN KESEHATAN

By

5 KEBIASAAN KITA YANG BISA MEMBAHAYAKAN KESEHATAN

Tanpa kita sadari dalam keseharian kita, baik dalam beraktivitas maupun dalam keadaan bersantai, tidak menyadari akan bahaya yang kita lakukan. Terkadang, bahwa apa yang sedang kita lakukan bisa berbahaya bagi kesehatan kita. nah, apa saja kebiasaan kita yang bisa membahayakan kesehatan ?, berikut adalah 5 kebiasaan seseorang yang berpotensi membahayakan kesehatan.

KEBIASAAN KITA YANG BISA MEMBAHAYAKAN KESEHATAN

Bahaya menggunakan HP

Sebagai pengguna HP atau Smartphone pasti tidak menyadari bahwa pada saat anda memainkan HP anda, tentu dengan kepala tertunduk. Tahukah anda bahwa menundukan kepala disaat sedang memainkan HP dalam waktu yang lama bisa menjadi masalah bagi organ disekitar leher anda. Menurut penelitian dari para dokter ahli bedah dan laser Metropolitan Hospital New york Amerika Serikat, para pengguna HP akan menurunkan kepala hingga 45 derajat pada saat melihat layar ponselnya. Hal ini bisa menimbulkan masalah pada kulit leher dan juga urat dibagian leher. Kebiasaan seseorang menundukan kepala pada saat melihat ponsel terutama dalam waktu yang lama, beresiko terkena keriput pada bagian kulit leher. Kulit leher kita sangat tipis, apabila terlalu banyak menundukan kepala, maka kulit leher akan kehilangan elastisitas dan menjadi berkerut. Selain itu, resiko yang dapat terjadi pada seseorang yang suka mendundukan kepala pada waktu yang lama saat memainkan HP atau laptopnya, akan beresiko terjadi penegangan pada saraf dan juga otot leher belakang. Hal ini bisa mengakibatkan saraf terjepit, dan yang paling ringan akan menyebabkan otot leher menjadi tegang dan terasa kaku, serta mengakibatkan pusing pada kepala. Saran agar tetap aman menggunakan HP atau laptop adalah, dengan membuat sejajar pandangan mata pada layar gedget, untuk mengurangi resiko yang bisa ditimbulkan.


Bahaya minum air dingin saat makan pedas

Mungkin banyak dari kita yang terbiasa dengan meminum air dingin pada saat cuaca sedang panas untuk menghilangkan rasa dahaga. Namun meminum air dingin pada waktu sehabis makan makanan yang pedas, dengan tujuan agar rasa pedas yang menempel di lidah kita bisa segera hilang, justru akan bisa berpotensi yang membahayakan kesehatan anda. Terkadang banyak kita jumpai, terutama ditempat-tempat kuliner seperti bakso, atau mie ayam, banyak orang yang memesan makanan pedas tersebut dengan memesan minuman yang dingin. hal ini pastinya sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Perlu diketahui, bahwa meminum air dingin untuk menghilangkan rasa pedas yang menempel di lidah, adalah cara yang salah dilakukan. Pada saat anda meminum air dingin pada waktu habis makan pedas, hal ini akan mensimulasi bagian rongga mulut dan hidung. Dengan air dingin, justru lidah akan merasakan efek semakin panas. Oleh karena itu, akan lebih baik apabila meminum air hangat setelah makan pedas. Karena makanan pedas mengandung senyawa capsaicin, maka cara yang dianjurkan untuk menghilangkan rasa pedas menggunakan air hangat yang memang bisa melarutkan zat capsaicin.

Bahaya kebiasaan menggigit kuku

Pada sebagian orang menggigit kuku bisa jadi menjadi kebiasaan. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan rasa cemas, tegang dan gelisah, yang dianggap hal yang biasa. Tanpa disadari kebiasaan ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan kuku di jari-jari tangan kita banyak bersarang bakteri. Apabila bakteri tersebut tertelan ke dalam perut kita, maka bisa menyebabkan inveksi dan diare. Selain itu, kebiasaan menggigit kuku bisa merusak gigi. Karena dengan menggigit kuku, maka kerja gigi akan bertambah, terlebih lagi digunakan untuk menggigit sesuatu yang keras.

Bahaya duduk menyilangkan kaki

kebiasaan ini biasanya sering dilakukan, khususnya kaum perempuan. Kebiasaan duduk dengan menyilangkan kaki terlalu lama bisa berdampak buruk bagi tubuh. Para ahli sepakat,bahwa duduk dengan menyilangkan kaki terlalu lama dapat mempengaruhi postur tubuh dan tekanan darah. Pada saat kita sedang duduk dengan kedua kaki ditanah, tulang belakang tepat berada ditengah panggul, namun menempatkan satu kaki ditanah, akan menempatkan tekanan pada pinggul, dan melempar keseimbangan tulang belakang. Menurut penelitian, menyilangkan kaki dilutut dapat menyebabkan pengumpulan darah dikaki saat darah dikompresi. Penelitian lain, duduk dengan menyilangkan kaki dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh hingga 7%, serta sendi pinggul, hingga dapat menyebabkan penumpukan darah dikaki. Menurutnya, hindari duduk penyilangan kaki dalam waktu 10 menit, dan berjalan singkat paling tidak 1 kali dalm 1 jam.

Bahaya menahan buang air kecil

Pada saat kondisi tertentu, keinginan untuk buang air kecil terkadang diabaikan oleh sebagian orang. Hal ini bisa terjadi pada kondisi pada saat anda dalam kemacetan didalam mobil, atau karena kondisi toilet pada saat anda berada kurang bersih. Namun apabila kebiasaan anda menahan buang air kecil dilakukan, maka dapat mengakibatkan resiko terjadinya penyakit seperti, infeksi dalam kandungan kemih, dan gangguan ginjal. Kandungan kemih rata-rata mempunyai daya tampung 0,4 liter. Apabila seseorang menahan air seni, maka kandungan kemih akan melakukan mekanisme seperti halnya melar atau meregang. Semakin menahan air kecil, kandungan kemih juga akan menjadi sarang bakteri yang bisa menyebabkan infeksi yang juga bisa menyebar ke ginjal, yang akan mengakibatkan kerusakan yang lebih besar pada tubuh. Sebagai contoh,ketika saringan yang dipenuhi endapan-endapan yang berlebih, tentu saringan-saringan itu tidak bisa bekerja dengan baik. Begitu juga dengan ginjal kita, yang harus menahan zat-zat tidak berguna yang seharusnya dibuang melalui air kecil. Ginjal akan mengalami gangguan dan akan memunculkan penyakit yang akan merugikan diri sendiri. Oleh karena itu jangan biasakan jangan menunda buang air kecil, banyak minum air putih, tidak duduk terlalu lama, serta tidak memakai celana ketat untuk memperlancar buang air kecil.

Nah, itulah tadi 5 kebiasaan kita yang bisa membahayakan kesehatan. Dengan meninggalkan kebiasaan buruk yang bisa beresiko menimbulkan penyakit, maka kita akan terbebas dari penyakit-penyakit yang disebabkan kebiasaan yang kurang kita sadari disadari bahayanya.

0 komentar:

Post a Comment