Mengatasi nyeri haid tanpa obat | Seputar Info Menarik

Mengatasi nyeri haid tanpa obat

By
Mengatasi nyeri haid atau rasa sakit pada perut yang di timbulkan akibat sedang mengalami datang bulan/menstruasi  sebetulnya caranya cukup mudah. Ada beberapa tips yang akan saya ulas di bawah ini untuk meredakan rasa nyeri akibat gangguan datang bulan yang biasa anda derita jika tamu bulanan itu datang.

Saat haid atau menstruasi banyak di rasakan wanita ketika masuk siklusnya pada setiap bulan. Rasa sakit atau nyeri pada saat sedang mengalami haid sebetulnya adalah hal yang wajar. Akan tetapi rasa nyeri pada saat haid datang, akan mengganggu aktivitas sehari-hari para wanita. Untuk mengatasi nyeri pada waktu haid bisa dengan mengkonsumsi obat pereda rasa sakit atau obat sakit perut biasa. Akan tetapi jika obat-obatan pereda nyeri yang anda konsumsi tidak bisa menghilangkan rasa nyeri anda, kemungkinan rasa nyeri yang anda derita pada waktu haid di sebabkan oleh faktor lain seperti endomestriosis, kista, mioma, dan juga abnormal saluran genita. Untuk itu ada baiknya hal ini konsultasikan langsung dengan dokter untuk lebih jelasnya.

Mengatasi nyeri haid tanpa obat


Penyebab rasa nyeri haid

Rasa nyeri yang di rasakan setiap wanita pada waktu haid akan berbeda-beda. Pada sebagian wanita rasa sakit akan terasa samar-samar, namun pada sebagian wanita lain, rasa nyeri pada waktu haid bisa merasakan sakit yang tak tertahankan. Nyeri haid sendiri di sebabkan oleh tidak seimbangnya hormonal.

Adapun  jenis nyeri pada waktu nyeri pada saat haid (dismenore) di antaranya adalah :


Primer
Yaitu rasa sakit yang paling umum di derita saat wanita sedang haid, yaitu sakit di bagian perut bawah dan biasanya rasa sakit akan muncul 1-2 hari menjelang haid.

Skunder
Yaitu rasa sakit yang di sebabkan oleh faktor lain selain rasa nyeri yang biasa dirasakan pada waktu sedang haid. Hal ini bisa disebabkan oleh masalah medis seperti adanya kelainan pada saluran genetikal yang disebabkan oleh suatu penyakit.

Sakit yang anda rasakan seperti rasa nyeri yang timbul pada saat haid disebabkan oleh pelepasan zat kimia yang dalam medis di sebut juga prostagladin. Pelepasan zat kimia ini disebabkan oleh kontraksi pada uterus, dan hal ini yang menyebabkan rasa mual di sertai sakit kepala ringan.

Gejala yang di rasakan pada saat akan mengalami haid atau menstruasi di antaranya :


  1. Payudara terasa nyeri dan juga mengalami sedikit pembengkakan
  2. Merasakan pusing serta mual
  3. Nyeri di bagian perut bawah
  4. Merasakan kembung
  5. Depresi yang di akibatkan menahan rasa sakit
  6. Akan cepat merasa lelah

Mengatasi rasa nyeri haid 

Konsumsi makanan sehat

Pada waktu haid, sangat di anjurkan mengkonsumsi makan makanan yang banyak mengandung zat besi seperti daging, hati ayam, bayam serta kacang-kacangan.  Selain itu banyak konsumsi makanan yang banyak mengandung protein, kalsium, maghnesium, dan omega yang bisa didapat pada ikan segar.

Mengompres perut

Anda bisa kompres bagian perut dan juga punggung bagian bawah menggunakan bantal pemanas.

Berbaring

Anda bisa berbaring pada saat nyeri haid datang untuk meredakan rasa nyeri. Gunakan bantal atau guling untuk menyangga kedua lutut kemudian ambil nafas panjang dengan perlahan lalu buang. Lakukan pernafasan sampai rasa nyeri mereda.

Meminum jamu

Jamu adalah obat tradisional yang sering digunakan untuk meredakan nyeri akibat haid. Namun jangan mengkonsumsi jamu sembarangan, akan lebih baik dengan membuat jamu sendiri. Anda bisa menggunakan kunyit dan daun dewa. Caranya, sediakan kunyit 20 gram serta daun dewa 15 gram. Iris tipis-tipis kunyit, kemudian rebus kunyit dan daun dewa menggunakan air 600 cc, hingga tersisa 300 cc. Minum ramuan ini 2 kali sehari sebelum makan.

Olah raga ringan

Dengan melakukan olah raga ringan seperti jalan kaki atau jogging selama 30 menit bisa menjadi alternatif untuk meredakan nyeri haid. Dengan melakukan olah raga, dapat memperlancar sirkulasi darah dan meningkatkan metabolisme tubuh. Selai itu anda juga melakukan senam menstruasi untuk memperlancar dan mengurangi rasa sakit.

Hindari garam berlebih

Sebagian wanita pada saat haid terjadi pembengkakan pada bagian tubuh tertentu. Ini di sebabkan oleh hormon yang meminta tubuh untuk mengikat air lebih banyak selama dalam masa haid. Untuk mengurangi efek bengkak pada saat haid, hindari makanan yang banyak mengandung garam atau terlalu asin. Dikarenakan garam dapat dapat mengikat cairan dalam tubuh, sehingga akan menambah efek bengkak pada bagian tubuh anda.

Perbanyak air putih

Pada waktu haid, perbanyak minum air putih untuk mengganti cairan anda yang hilang. Hindari minuman yang mengandung alkohol, minuman bersoda dan minuman yang mengandung kafein.

Istirahat cukup

Pada masa haid, tubuh anda memerlukan banyak istirahat. Dengan istirahat yang cukup serta tidur teratur akan dapat mengurangi rasa sakit yang di akibatkan kontraksi.

Itulah beberapa tips mengatasi nyeri haid tanpa obat yang bisa anda lakukan agar nyeri haid yang anda derita mereda. Semoga ulasan tadi bisa bermanfaat bagi anda khususnya para wanita yang setiap bulan merasakan nyeri pada saat haid atau menstruasi.

Baca juga :

0 komentar:

Post a Comment