Ciri murai batu anakan berkualitas | Seputar Info Menarik

Ciri murai batu anakan berkualitas

By

Ciri murai batu anakan berkualitas

Murai batu bagi kalangan pecinta burung atau kicau mania tentu sudah tidak asing lagi. Murai batu merupakan burung yang memiliki suara terbaik ini tidak hanya di pelihara sebagai burung ocehan, namun murai batu kerap kali di ikut sertakan dalam ajang kontes lomba burung kicau. Di setiap kontes burung kicau, murai batu selalu menjadi prioritas kontes selain burung love bird. Tak salah apabila burung yang satu ini di sebut Murai batu sang raja kicau dikarenakan kicaunya yang bisa menirukan apa saja yang didengarnya, termasuk menirukan suara burung lain.

Selain suara, murai batu juga mempuinyai gaya tersendiri yang unik apabila sedang mengalunkan kicauannya. Pada saat berkicau, burung ini akan memainkan aggota badanya, terutama ekornya yang indah.

Ciri murai batu anakan berkualitas

Bagi para master kicau mania, pastinya  sudah tahu ciri murai batu bakalan yang berkualitas baik, namun bagi para newbie memilih murai batu bakalan pastinya sangat sulit. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi dengan anda para pecinta burung pemula, untuk mengenali dan membedakan anakan murai batu.

Sebetulnya burung murai batu yang bagus dari sejak masih anakan sudah dapat kita lihat ciri-cirinya. Dengan mengetahui ciri-ciri murai batu yang bagus, maka kita tidak akan kecewa di kemudian hari jika murai batu sudah dewasa, karena akan mempunyai suara yang bagus dan keras.

walaupun begitu kita tetap melatih murai batu bakalan yang bagus agar suaranya tetap terjaga hingga mencapai umur dewasa. Walaupun dari kecil burung murai batu sudah menampakan suara yang bagus, tetapi kalau kita tidak melatihnya dengan rutin, maka murai batu pun tidak akan menjadi burung yang kita idamkan. Untuk melatih burung murai batu anakan, anda bisa menggunakan murai batu dewasa atau menggunakan suara isian. Usahakan suara isian harus bervariasi agar nantinya suara burung murai batu anakan apabila sudah dewasa mempunyai suara yang variatif.

Sebelum kita membeli bakalan murai batu, ada baiknya kita melihat terlebih dahulu, baik fisik maupun ketrekan atau suara pada murai batu anakan agar kita bisa mendapatkan burung murai batu yang berkualitas bagus atau super nantinya, terlebih bagi anda yang suka dan hobi mengikuti kontes burung berkicau.

Untuk ciri-ciri burung murai batu berkualitas bagus pada usia anakan bisa anda lihat sebagai berikut :

Suara atau ketrekan
Murai batu anakan atau bakalan yang bagus adalah burung yang mempunyai suara atau ketrekan yang keras. Ketrekan atau suara trek...trek..trek pada burung anakan murai batu akan diperdengarkan apabila burung murai batu merasa ada sesuatu yang mencurigakan. Suara ketrekan pada murai batu anakan yang bagus terdengar menyambung atau tanpa jeda yang lama. Potensi pada suara ini akan terus berkembang apabila anda merawat burung dengan baik.

Ukuran dan bentuk fisik
Anakan burung murai batu anakan yang bagus mempunyai bentuk tubuh yang besar serta panjang. Pada saat dewasa burung yang memiliki ukuran tubuh besar panjang, akan terlihat gagah apabila mengeluarkan kicauan sehingga bisa mempengaruhi  mental burung lain apabila di ikut sertakan dalam kontes burung berkicau.

Kepala
Untuk kebanyakan burung murai batu, bentuk kepalanya agak bulat. Tetapi untuk burung murai batu yang bagus adalah burung dengan kepala tidak bulat, atau berkepala agak gepeng. Kepala yang agak gepeng pada burung murai batu akan menambah penampilan dan gaya pada saat berkicau.

Paruh
Paruh murai batu yang bagus adalah burung dengan paruh yang tidak terlalu tebal namun panjang. Murai batu yang mempunyai paruh seperti ini akan mempunyai suara yang keras, dan tajam.

Leher
Pada umumnya leher murai batu yang panjang, akan mengeluarkan kicauan yang juga panjang. Selain suara panjang, leher panjang pada murai batu juga akan terlihat lebih gagah pada saat berkicau.

Mata
Untuk mata murai batu, pilihlah anakan murai yang memiliki mata besar bulat atau melotot. Mata yang besar pada murai batu mempunyai sifat yang galak dan juga mental yang kuat. Sehingga apabila di ikut sertakan dalam kontes, mempunyai sifat agresif.

Kaki
Pilihlah anakan murai batu yang berkaki sehat dan tidak mempunyai cacat atau luka. Umumnya warna kaki murai batu mempunyai warna cokelat muda, kemerah-merahan, dan juga kuning keputihan. Tetapi untuk warna kaki pada murai batu yang bagus adalah warna kaki coklat kehitaman. Murai batu yang mempunyai warna seperti ini, mempunyai mental yang kuat.

Ekor
Ekor pada anakan murai batu haruslah panjang, dan jangan memilih burung yang tercabut ekornya pada waktu masih anakan, dikarenakan burung akan menjadi trauma sehingga akan mengurangi agresifitas burung dalam berkicau.

Selain ciri-ciri anakan murai batu yang bagus yang harus anda ketahui, anda juga perlu tahu cara membedakan murai batu betina dan murai batu jantan. Ini sangatlah penting bagi anda yang ingin memelihara murai batu, ataupun ingin membudidayakan murai batu dengan cara beternak.

Untuk murai batu yang bagus dan nyaring suaranya adalah murai batu yang berkelamin jantan, dan untuk betinanya juga bisa berkicau namun jarang mengeluarkan kicauannya dan juga suaranya lebih kecil.

Pada dasarnya burung murai batu yang di  jual di pasaran mempunyai tiga jenis yaitu murai batu dewasa, murai batu muda hutan, dan juga murai batu anakan. Untuk membedakan antara jantan dan betina pada murai batu dewasa dan muda hutan tidaklah terlalu sulit, tetapi membedakan murai batu anakan haruslah kita lihat dengan teliti dan tahu cara membedakannya.

Untuk bisa membedakan murai batu betina dan juga murai batu jantan, anda bisa lihat dari fisik burung diantaranya adalah :

Burung murai dewasa dan muda hutan jantan
Untuk bisa mengenali murai batu jantan, kita bisa lihat dari bulunya yang hitam pekat, terutama di bagian batas warna antara warna hitam dan coklat. Badan burung besar, ekor panjang dan lebar, sedangkan kaki terlihat kasar.

Burung murai batu dewasa dan muda hutan betina
Kalau warna hitam pada murai jantan diantara warna hitam dan coklat berwarna hitam pekat, tidak begitu dengan yang betina. Murai batu betina mempunyai warna hitam keabu-abuan diantara warna hitam dan coklat. Badan burung kecil, dan ekor lebih pendek serta kecil. Untuk kaki akan terlihat lebih halus dibandingkan dengan murai jantan.

Burung murai batu anakan jantan
Pada warna bulu dada yang setelah dewasa nanti berwarna hitam, terlihat bintik-bintik atau totol warna coklat, badannya besar, serta ekornya panjang dan besar serta pada warna sayap belum berwarna hitam seluruhnya juga terdapat totol coklat.

Burung murai batu anakan betina
Pada bulu bagian dada yang akan berwarna hitam apabila sudah dewasa nanti, berwarna hitam keabu-abuan di sertai warna bulu muda keputihan dan coklat sedikit yang memanjang ke bawah. Badan burung terlihat kecil serta ekornya pendek kecil.

Itulah cara mengetahui ciri murai batu anakan berkualitas yang perlu anda ketahui. Dengan mengetahui ciri fisik burung murai batu, maka anda nantinya tidak akan salah pilih dalam membeli murai batu, baik yang masih anakan ataupun yang sudah dewasa. Selain itu anda juga bisa membedakan jenis kelamin burung tersebut. Semoga tips di atas tadi bisa bermanfaat bagi anda para kicau mania.

Baca juga:
Tips agar supaya lovebird ngekek gacor
6 burung kicau yang paling banyak di minati

1 comment:

  1. Murai batu memang menjadi burung favorit di kalangan para pecinta burung. Artikel ini sangat bermanfaat bagi para pecinta burung. Untuk yang hobi masak bisa lihat berbagai resep di http://resepikan88.blogspot.co.id/ dan http://resepayambebek.blogspot.co.id/

    ReplyDelete