Murai Batu Sang Raja Kicau | Seputar Info Menarik

Murai Batu Sang Raja Kicau

By

Murai Batu Sang Raja Kicau

Burung Murai batu (white-rumped shama) merupakan burung unggulan di berbagai area kontes burung serta diakui dunia burung dengan kicauan paling baik dan indah.Tak ayal lagi kalau burung Murai ini menjadi primadona bagi para kicau mania di nusantara ini. Burung dari keluarga Turdidae ini bisa dikatakan sangat lincah dan selalu bergerak saat berkicau, jadi bukan hanya kicauanya yang sangat merdu tapi juga gerakan tubuh murai batu saat berkicau menjadi gaya tarik tersendiri bagi para kicau mania.Sementara untuk jenisnya sendiri, banyak berasal dari Sumatera, Kalimantan, dan Malaysia.
Penyebaran Murai batu sendiri meliputi cakupan yang cukup luas untuk penyebaranya, yaitu sampai Thailand, dan negara Asia Tenggara lainya.Dari jenis Murai yang ada, Murai batu yang dari Medanlah yang diakui mempunyai  kualitas terbaik karena belum ada yang mengunggulinya dari segi suara dan juga kelincahanya. Kelangkaan di alam bebas mendorong penghoby burung berkicau untuk menangkarkannya dan sudah banyak yang berhasil. Untuk harga Murai batu sendiri untuk anakan umur 3 bulan bisa mencapai 1 sampai 5 juta rupiah.Sedangkan untuk Murai dewasa harganya dari jutaan sampai dengan ratusan juta rupiah, bahkan ada yang menembus angak 1 milyar...wowww, luar biasa bukan??

Murai Batu Raja Kicau

Untuk habitat asli burung Murai, yaitu di hutan skunder terbuka, daerah aliran sungai, tepi danau, dan dataran rendah dekay sumber air adalah habitat favorit bagi burung Murai.Dalam keseharianya burung berekor panjang dengan bulu kehitaman serta kombinasi kuning kejinggaan dibagian dadanya ini, dihabitanya lebih sering terlihat sendirian dan hanya terlihat berdua dengan pasanganya pada saat musim kawin saja.

Untuk pakan alami burung Murai batu ini adalah serangga, ulat daun, siput air, dan belalang.Sedangkan karater dari Murai adalah type burung pemalu, tapi akan sangat galak apabila merasa terancam.Akan tetapi apabila sudah ditangkarkan burung ini juga bisa menjadi sangat jinak.

Daya tarik pada Murai ini ada pada kicauanya yang merdu, bahkan burung ini dikenal mampu menirukan suara burung-burung  lain bahkan suara unggas lainya.Selain suara, Murai juga mempunyai daya tarik pada fisiknya yaitu pada bulu dengan dominan hitam serta kombinasi kuning jingga, dan juga permainan ekor panjangnya pada saat berkicau.
Sedangkan kelemahan pada burung Murai batu yaitu mudah terserang gangguan penyakit,baik dari terpaan udara yang berlebihan maupun pakan yang diberikan kurang berkualitas.Untuk itu apabila anda memelihara burung Murai,sesering mungkin membersihkan kandang dari kotoran burung,serta rutin menjemur burung di pagi hari.Serta berilah pakan yang banyak mengandung protein, dan sesekali berilah pakan seperti belalang atau pun kroto. Bagi burung yang belum aktif dalam berkicau cobalah dengan memberi master suara atau tiruan suara.

0 komentar:

Post a Comment